PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SD
Assalamualaikum.
Bagaimana kabar kalian? Selamat bergabung ya dalam mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran di SD. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan bobot 2 SKS.
Perkenalkan saya Hartoto sebagai dosen pengampu mata kuliah ini. Saya berharap kita akan dapat belajar bersama dengan lebih maksimal dan menyenangkan. Saya telah mempersiapkan berbagai sumber belajar yang dapat Anda memperkaya wawasan Anda mengenai MK ini. Untuk praktikum, akan dilaksanakan di Laboratorium komputer sesuai dengan jadwal yang tertera. Jika ada kendala, silakan hubungi saya di hartoto@unm.ac.id .
Selamat belajar. Salam berkelimpahan
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konseptual dan pengalaman praktis tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Sesuai dengan definisi Teknologi Pendidikan sebagai teori dan praktik, mata kuliah ini bukan saja menyajikan pembelajaran yang berbasis koseptual tetapi juga meminta mahasiswa melakukan praktik pengembangan hingga akhirnya mahasiswa mampu menghasilkan sebuah produk program multimedia pembelajaran yang interaktif.
Berdasarkan tujuan tersebut, mata kuliah ini menyajikan teori-teori konseptual tentang: 1) multimedia pembelajaran interaktif, 2) prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 3) jenis-jenis multimedia pembelajaran interaktif, 4) metode pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 5) prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dan 6) multimedia authoring tools.
Pengalaman praktis dalam mengembangkan program multimedia pembelajaran interaktif diperoleh melalui eksplorasi multimedia authoring tools menggunakan software Adobe Flash atau Macromedia Flash. Keseluruhan teori maupun konsep diberikan di awal perkuliahan untuk membekali mahasiswa terkait dengan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Praktik pengembangan produk multimedia pembelajaran interaktif dilakukan sebagai output mata kuliah sekaligus sebagai bukti penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari mahasiswa.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat:
ASPEK SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, tekun, jujur dan bekerja keras (afektif).
- Menginternalisasi dalam dirinya semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (afektif).
- Tumbuh dan berkembang karakter mandiri, jujur, tekun, dan pantang menyerah yang didukung oleh sikap kritis terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan informasi.
ASPEK PENGETAHUAN
- Menjelaskan konsep Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
- Menjelaskan teori yang melandasi pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
- Menjelaskan prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
- Membedakan jenis-jenis Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
- Mengidentifikasi komponen-komponen Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
- Menjelaskan model beserta prosedur pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
- Menjelaskan digitalisasi media, image, sound, dan video dalam program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
ASPEK KETERAMPILAN
- Mengoperasikan multimedia authoring tools untuk mendukung pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
- Mendesain program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) yang layak dan efektif sebagai sumber belajar bagi peserta didik.
- Melakukan pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) sesuai prosedur pengembangan program multimedia.