Topic outline

  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SD

    Assalamualaikum. 

    Bagaimana kabar kalian? Selamat bergabung ya dalam mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran di SD. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan bobot 2 SKS. 

    hartoto

    Perkenalkan saya Hartoto sebagai dosen pengampu mata kuliah ini.  Saya berharap kita akan dapat belajar bersama dengan lebih maksimal dan menyenangkan. Saya telah mempersiapkan berbagai sumber belajar yang dapat Anda memperkaya wawasan Anda mengenai MK ini. Untuk praktikum, akan dilaksanakan di Laboratorium komputer sesuai dengan jadwal yang tertera. Jika ada kendala, silakan hubungi saya di hartoto@unm.ac.id .

    Selamat belajar. Salam berkelimpahan



    deskripsi

    Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konseptual dan pengalaman praktis tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Sesuai dengan definisi Teknologi Pendidikan sebagai teori dan praktik, mata kuliah ini bukan saja menyajikan pembelajaran yang berbasis koseptual tetapi juga meminta mahasiswa melakukan praktik pengembangan hingga akhirnya mahasiswa mampu menghasilkan sebuah produk program multimedia pembelajaran yang interaktif.

    Berdasarkan tujuan tersebut, mata kuliah ini menyajikan  teori-teori konseptual tentang: 1) multimedia pembelajaran interaktif, 2)  prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 3) jenis-jenis multimedia pembelajaran interaktif, 4) metode pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 5) prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dan 6) multimedia authoring tools.

    Pengalaman praktis dalam mengembangkan program multimedia pembelajaran interaktif diperoleh melalui eksplorasi multimedia authoring tools menggunakan software Adobe Flash atau Macromedia Flash. Keseluruhan teori maupun konsep diberikan di awal perkuliahan untuk membekali mahasiswa terkait dengan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Praktik pengembangan produk multimedia pembelajaran interaktif dilakukan sebagai output mata kuliah sekaligus sebagai bukti penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari mahasiswa.

    cp

    Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat:

    ASPEK SIKAP

    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, tekun, jujur dan bekerja keras (afektif).
    • Menginternalisasi dalam dirinya semangat kemandirian,  kejuangan, dan  kewirausahaan (afektif).
    • Tumbuh dan berkembang karakter mandiri, jujur, tekun, dan pantang menyerah yang didukung oleh sikap kritis terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan informasi.

    ASPEK PENGETAHUAN

    • Menjelaskan konsep Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
    • Menjelaskan teori yang melandasi pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
    • Menjelaskan prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
    • Membedakan jenis-jenis Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
    • Mengidentifikasi komponen-komponen Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
    • Menjelaskan model beserta prosedur pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
    • Menjelaskan digitalisasi media, image, sound, dan video dalam program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).

    ASPEK KETERAMPILAN

    • Mengoperasikan multimedia authoring tools untuk mendukung pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
    • Mendesain program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) yang layak dan efektif sebagai sumber belajar bagi peserta didik.
    • Melakukan pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) sesuai prosedur pengembangan program multimedia.

  • Pertemuan 1: Konsep Multimedia Pembelajaran Interaktif

    Apa yang Anda pikirkan ketika pertama kali mendengar istilah multimedia pembelajaran interaktif? Apakah yang ada di pikiran Anda adalah sebuah program atau aplikasi berupa CD interaktif? Atau mungkin sebuah komputer yang berisi aplikasi pembelajaran yang dioperasikan oleh siswa? Ya, berbagai definisi yang saat ini Anda bayangkan, mungkin merupakan salah satu bentuk multimedia pembelajaran interaktif. Namun, sebelum menyimpulkan hal tersebut, marilah kita simak bagaimana konsep multimedia pembelajaran interaktif.

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat menjelaskan konsep Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

    Pokok Bahasan

    1. Pengertian multimedia pembelajaran interaktif
    2. Karakteristik multimedia pembelajaran interaktif
    3. Pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif
    4. Perkembangan multimedia dalam pendidikan

  • Pertemuan 2: Teori yang Melandasi Pengembangan MPI

    Rekan-rekan mahasiswa, mengapa kita perlu mempelajari teori-teori yang melandasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif? Tentu saja, sebelum kita melakukan praktik pengembangan produk MPI terlebih dahulu kita perlu benar-benar memahami teori-teori yang mendasarinya. Dalam teknologi pendidikan, dijelaskan bahwa peran teori adalah untuk mengarahkan praktik. Oleh sebab itu, teori merupakan landasan sekaligus fondasi bagi pengembangan produk, agar produk yang dikembangkan dapat sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang dituju. 

    Sesuai dengan konsep teknologi pendidikan, bahwa keberadaan sebuah media/multimedia sejatinya adalah untuk mempermudah terjadinya proses belajar melalui pengalaman belajar yang disampaikan dengan bantuan media/multimedia. Apakah Anda setuju dengan konsep tersebut? Jadi sekiranya teori-teori apa yang dibutuhkan untuk mendasari pengembangan sebuah multimedia pembelajaran?

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat menjelaskan teori-teori belajar  yang melandasi perkembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

    Pokok Bahasan

    1. Peran teori belajar behavioristik dalam melandasi pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif
    2. Peran teori belajar kognitif dalam melandasi program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)
    3. Peran teori belajar konstruktivistik dalam melandasi program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

  • Pertemuan 3: Prinsip-Prinsip Pengembangan MPI

    Setelah mempelajari landasan teori belajar dalam pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, pada pertemuan kali ini akan dibahas mengenai prinsip-prinsip pengembangan MPI. Ibarat akan mengembangkan sebuah produk mobil, setelah kita mempelajari karakteristik psikologi pengguna, tahap selanjutnya adalah memahami prinsip-prinsip dalam mengembangkan mobil yang baik, agar diminati oleh masyarakat. Setujukah Anda dengan ilustrasi tersebut? Prinsip-prinsip pengembangan MPI yang akan kita bahas mengacu pada prinsip yang dikemukakan oleh Richard E. Mayer dalam bukunya Multimedia Learning.

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat menjelaskan prinsip-prinsip yang melandasi perkembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

    Pokok Bahasan

    1. Prinsip multimedia

    2. Prinsip keterdekatan ruang
    3. Prinsip keterdekatan waktu
    4. Prinsip koherensi
    5. Prinsip modalitas
    6. Prinsip redudansi
    7. Prinsip perbedaan individual

  • Pertemuan 4: Jenis-Jenis MPI

    Masih ingatkah Anda tentang pokok bahasan tentang prinsip-prinsip pengembangan MPI? Apakah Anda sudah memiliki gambaran seperti apa seharusnya sebuah program MPI yang baik? Tentunya, prinsip-prinsip pengembangan MPI tersebut merupakan hal yang tidak boleh dilupakan, yang akan membantu Anda untuk dapat mengembangkan program MPI yang berkualitas. 

    Pada pertemuan kali ini, Anda akan mempelajari tentang berbagai jenis program MPI yang dapat dikembangkan dalam berbagai format pembelajaran. Setelah mempelajari pokok bahasan ini, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan inspirasi jenis MPI apa yang kelak akan dikembangkan. Selamat belajar!

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat menjelaskan jenis-jenis Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

    Pokok Bahasan

    1. Jenis Multimedia Tutorial

    2. Jenis Multimedia Drill
    3. Jenis Multimedia Simulation
    4. Jenis Multimedia Educational Games


  • Pertemuan 5 : komponen-komponen Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

    Pada bab sebelumnya sudah dibahas mengenai berbagai jenis multimedia pembelajaran interaktif (MPI) diantaranya multimedia tutorial, drills, simulasi, dan educational games. Pada setiap jenis multimedia pembelajaran tersebut, tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing. Sebagai sebuah program multimedia, didalamya pasti terdiri dari beberapa jenis media seperti yang telah dijelaskan pada bab satu tentang konsep multimedia pembelajaran. Jenis-jenis media yang ada dalam sebuah program multimedia inilah yang merupakan komponen-komponen pembentuk ‘multimedia’. Pada bab ini akan dijelaskan mengenai beberapa komponen multimedia yang dapat dijadikan dasar dalam memilih jenis media apa saja yang nantinya akan dikembangkan dalam program multimedia yang Anda buat. Selamat belajar!

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat menjelaskan komponen-komponen Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) 


    Pokok Bahasan

    1. Komponen multimedia: teks
    2. Komponen multimedia: grafik
    3. Komponen multimedia: audio
    4. Komponen multimedia: video 
    5. Komponen multimedia: animasi


  • Pertemuan 6 : Model Pengembangan MPI

    Pada pertemuan sebelumnya sudah dibahas mengenai komponen-komponen multimedia pembelajaran interaktif, diantaranya terdiri dari komponen teks, grafik, audio, video, dan animasi. Keseluruhan komponen tersebut apabila digabungkan (minimal terdiri dari dua komponen) akan membentuk sebuah multimedia pembelajaran. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana langkah-langkah untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah multimedia pembelajaran? Apakah dalam mengembangkan sebuah  multimedia pembelajaran memiliki tahap-tahap khusus yang perlu dilalui? Tentunya, untuk dapat menghasilkan sebuah produk yang baik diperlukan sebuah kerangka desain atau model yang mengarahkan proses pengembangan yang diawali dari sebuah perencanaan & desain hingga langkah uji coba untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. 

    Pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari mengenai beberapa model pengembangan program MPI yang dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan produk multimedia pembelajaran. Model-model pengembangan yang akan dibahas antara lain model Borg & Gall, model Allesi & Trollip, dan model Lee & Owens. Ketiga model tersebut merupakan model yang paling banyak digunakan dan memiliki ciri khas langkah-langkah pengembangan yang berbeda. Disamping ketiga model tersebut, sebenarnya masih ada beberapa model pengembangan lain diantaranya model Eleanor L. Criswell, Adrian Mallon, Rob Phillips, dan Donna Rubinson. Masing-masing model pengembangan pada akhirnya mengarah pada tahap evaluasi, yakni untuk menilai kualitas produk yang dikembangkan.


    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat menjelaskan model Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) 


    Pokok Bahasan

    1. Model Borg & Gall,
    2. Model Allesi & Trollip,
    3. Model Lee & Owens


  • Pertemuan 7: Digitalisasi Komponen MPI

    Pada bab sebelumnya telah dibahas mengenai model-model pengembangan program multimedia pembelajaran interkatif, yang tentunya mampu memberikan wawasan serta gambaran tentang alur pembuatan sebuah Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Tahap dari masing-masing model pengembangan memang memiliki proses yang berbeda-beda, namun bukankah secara keseluruhan memiliki kesamaan pola? Yakni selalu ada tahap pendahuluan (desain, analisis kebutuhan), pengembangan, dan evaluasi. Sebelum mengembangkan dan menyusun sebuah program multimedia, tentunya perlu memperhatikan komponen-komponen media yang akan dipadukan (assembled). Apa saja komponen media yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah program multimedia terpadu yang baik? Selanjutnya bagaimana prinsip penggunaannya dalam mendukung sebuah pesan dalam multimedia pembelajaran? berikut ini akan dibahas mengenai penggunaan graphics, animation, audio, dan digital video dalam program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat menjelaskan digitalisasi graphics, animation, audio, dan video dalam program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) 


    Pokok Bahasan

    1. Prinsip penggunaan graphics dalam program multimedia pembelajaran
    2. Prinsip penggunaan animation dalam program multimedia pembelajaran
    3. Prinsip penggunaan audio dalam program multimedia pembelajaran
    4. Prinsip penggunaan video dalam program multimedia pembelajaran



  • Pertemuan 8: Merancang Desain MPI

  • Pertemuan 9: Ujian Tengah Semester

    Rekan-rekan mahasiswa, tidak terasa kita telah 3 bulan bersama di kelas multimedia. Sesuai dengan pemberitahuan di awal perkuliahan. Sekarang waktunya bagi kita untuk melaksanakan UTS.

    Silakan download file petunjuk pelaksanaan UTS berikut ini, kerjakan secara jujur dan sungguh-sungguh. Selamat bekerja


  • Pertemuan 10: Fitur-Fitur Umum MPI

    Program multimedia pembelajaran yang umumnya berbentuk software (computer based) perlu didesain dengan baik dan memiliki fitur atau komponen yang dibutuhkan user. Program multimedia pembelajaran sebagai media instruksional, tentunya harus memiliki komponen-komponen instruksional layaknya sebuah pembelajaran. Namun, dalam konteks multimedia pembelajaran, komponen-komponen instruksional ini dikemas secara berbeda dalam fitur dan menu yang disediakan di dalam program multimedia. Beberapa fitur penting dan umumnya perlu ada dalam sebuah multimedia pembelajaran interaktif antara lain introduction of the program, learner control , dan presentating information.

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat mengoperasikan multimedia authoring tools untuk mendukung pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) 

    Pokok Bahasan

    1. Menjelaskan kriteria introduction of the program yang tepat dalam membuka sebuah program multimedia pembelajaran
    2. Menjelaskan kriteria learner control yang terdapat dalam program multimedia pembelajaran
    3. Menjelaskan kriteria presentating information yang efektif dan menarik dalam sebuah program multimedia pembelajaran

  • Pertemuan 11-15: Pengembangan Produk MPI

    Pada pertemuan sebelumnya, Anda telah mempelajari berbagai teori yang mendasari proses pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Nah, pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai progam Macromedia Flash sebagai salah satu multimedia authoring tools. Apa itu multimedia authoring tools?

    Yang dimaksud dengan multimedia authoring tools adalah program komputer (software) untuk menyatukan, membuat atau memproduksi sebuah program MPI yang didalamnya dapat mengolah komponen-komponen multimedia yang berupa teks, graphics, audio, video, dan animasi.

    Capaian Pembelajaran

    Anda dapat mengoperasikan multimedia authoring tools untuk mendukung pengembangan program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) 

    Pokok Bahasan

    1. Mengenal authoring tools Adobe Audition dan Articulate Storyline
    2. Memproduksi MPI

  • Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester

    Alhamdulillah. Kalian telah berhasil mempelajari materi tentang multimedia dan beberapa software authoring tool. Kini saatnya anda menunjukan buah karya Anda dalam bentuk produk media pembelajaran kreatif berbasis mobile (android)

    Silakan download panduan UAS di bawah ini, Anda dapat mengerjakannya mulai sekarang.