Rangkuman Materi Jenis-Jenis MPI

Multimedia pembelajaran interaktif dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk/strutur program, tujuan, desain materi, dan fitur yang ada didalamnya. Empat jenis program MPI yang sering dijumpai yakni dalam bentuk tutorial, drills, simulasi, dan educational games.

 1.   Multimedia Tutorial

Tujuan utama dari program tutorial yakni untuk memberikan informasi dan arahan kepada pengguna. Komponen multimedia pembelajaran yang berbasis tutorial terdiri dari: introduction of the tutorial, questions and responses, judgement of responses, feedback about responses, remediation, organization and sequence of program segments, dan learner control. Program tutorial tidak akan berhasil dengan baik, apabila setelah menampilkan materi/informasi tidak ditindaklanjuti dengan adanya interaksi.

2.   Multimedia Drills

Multimedia pembelajaran berbasis drills ini memiliki karakteristik pembelajaran yang dilakukan berulang-ulang hingga pengguna dapat menguasai suatu konsep atau keterampilan. Program latihan atau drills memiliki tujuan utama untuk memberikan pelatihan (learners practicing the material) kepada pengguna. Sehingga program latihan didesain lebih banyak berfokus pada pemberian latihan-latihan. Komponen-komponen program pembelajaran yang berbasis latihan antara lain terdiri dari: introduction of a drill, item characteristics, item selection procedures, feedback, item grouping procedures, motivating the learner, dan data storage.

3.   Multimedia Simulasi

Program multimedia berbasis simulasi merupakan jenis program yang dianggap lebih menarik dan memotivasi pengguna dibandingkan dengan jenis multimedia interaktif lainnya. Program simulasi mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata, sehingga pembelajaran dapat dikatakan sebagai “learning in the real world”. Secara garis besar, program simulasi dibedakan menjadi dua jenis yakni simulasi yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu (about something) dan program simulasi yang bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengerjaan (to do something).

4.   Multimedia Educational Games

Educational games merupakan games yang didesain untuk keperluan pembelajaran. Terdapat 7 faktor yang menjadi karakteristik games pembelajaran, diantaranya: 1) tujuan (goals), 2) peraturan (rules), 3) kompetisi (competition), 4) tantangan (challenge), 5) fantasi (fantasy), 6) keamanan (safety), dan 7) hiburan (entertainment). Games pembelajaran memiliki komponen layaknya jenis multimedia lainnya, komponen-komponen games pembelajaran terdiri dari: bagian pendahuluan (introduction), isi (body), dan kesimpulan (conclusion)


Last modified: Wednesday, 26 February 2020, 1:31 PM