Rangkuman Digitalisasi Komponen MPI

Sebelum mengembangkan dan menyusun sebuah program multimedia, perlu dipertimbangkan komponen-komponen media yang akan dipadukan (assembled). Setiap komponen media yang digunakan harus mampu mendukung penyajian dan penyampaian materi sehingga dapat dipadukan dengan baik. Pembahasan diatas, telah menjabarkan bagaimana penggunaan graphics, animation, audio, dan digital video dalam program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Tips dan cara penggunaan masing-masing komponen dapat dijadikan patokan dalam menyusun sebuah program MPI yang baik.

1.   Graphics dalam Program Multimedia Pembelajaran

Penggunaan graphics untuk sebuah program multimedia dapat melalui berbagai cara, diantaranya dapat berasal dari sketsa langsung menggunakan program komputer, di-import dari berkas komputer, hasil scan dari gambar kertas, atau juga dapat menggunakan proses digitalisasi dari kamera. Terdapat dua jenis graphics yakni paint (bitmapped) dan vector.

 2.   Animations dalam Program Multimedia Pembelajaran

Animasi dapat berfungsi untuk mendukung materi-materi yang bersifat kompleks, atau menjelaskan alur sebuah proses. Terdapat 2 jenis animasi yang biasanya digunakan dalam program multimedia pembelajaran, yaitu: path animation dan frame animation.

3.   Audio dalam Program Multimedia Pembelajaran

Elemen audio ini dapat berupa berbagai macam seperti rekaman narasi, musik, dan sound effects. Beberapa dampak penggunaan audio, yakni dapat membantu siswa belajar secara lebih nyata, menarik, dan termotivasi. Format multimedia pembelajaran dengan bantuan audio, biasanya memiliki tujuan tertentu misalnya ditujukan untuk pebelajar berkebutuhan khusus, atau tipe materi yang memang membutuhkan penjelasan suara seperti pada pembelajaran bahasa.

4.   Digital Video dalam Program Multimedia Pembelajaran

Video digital merupakan urutan gerakan yang direkam dan disimpan menggunakan komputer. Video dapat ditambahkan sebagai tambahan penjelasan materi di dalam MPI. Perbedaan mencolok antara video dan animasi ialah video biasanya merepresentasikan kondisi nyata (objek nyata) sedangkan animasi biasanya merupakan objek buatan atau ilustrasi.

Last modified: Wednesday, 26 February 2020, 1:55 PM