Transpor makromolekul

Air dan zat terlarut yang berukuran kecil memasuki dan meninggalkan sel dengan cara berdifusi melalui lapisan ganda lipid membran plasma atau dengan cara dipompa atau diangkut melintasi membran oleh protein transpor. Akan tetapi, molekul besar, misalnya protein dan polisakarida, serta partikel yang lebih besar, biasanya melintasi membran secara massal melalui mekanisme yang melibatkan pengemasan dalam vesikel. 

1.  Eksositosis

      Sel menyekresikan molekul biologis tertentu melalui penyatuan (fusi) vesikel dengan membran plasma hal inilah yang disebut eksositotis. Eksositosis, yaitu pengangkutan makromolekul keluar sel. vesikel transpor. Tunas vesikula yang berasal dari badan Golgi bergerak menuju membran plasma melalui sitoskeleton. Ketika membran vesikel dan membran plasma bersentuhan/menyatu, molekul lipid pada kedua lapisan ganda menyusun ulang dirinya sendiri sehingga kedua membran berfusi. Kndungan vesikel kemudian akan dilepaskan ke luar sel, sementara membran vesikel menjadi bagian dari membran plasma. 

Hasil gambar untuk badan golgi

Gambar 1. Badan Golgi mlepaskan vesikula


Gambar terkait

Gambar 2. Tranpor makromolekul eksositosis  

2. Endositosis       

      Endositosis, yaitu pengangkutan makromolekul ke dalam sel. Endositosis tediri atas tiga tipe, yaitu fagositosis, pinositosis, dan endositosis yang diperantarai reseptor. Istilah fagositosis digunakan bila makromolekul atau subtansi yang dimasukkan ke dalam sel berupa partikel.  Oleh sebab itu fagositosis biasa disebut cellular eating. Bila makromlekul atau subtansi yang diasukkan ke dalam sel berupa cairan, maka istilah yang biasa digunakan adalah pinositosis atau cellular drinking

 Hasil gambar untuk endositosis

Gambar 3. Endositosis

        Sel-sel menelan partikel melalui penjuluran pseudopodia atau kaki semu di sekitar partikel dan selanjutnya dibungkus oleh membran plasma. Bagian membran plasma yang membungkus partikel pada akhirnya dilepaskan dalam bentuk vesikula dan dinamakan vesikua endosom atau vesikula fagosom. Vesikula fagosom atau endosom pada akhirnya berfusi dengan lisosom primer yang berasal dari badan golgi dan selanjutnya berlangsung pencernaan intraseluler. 

        Tahapan-tahapan endositosis yang diperantarai resptor adalah sebagai berikut: (i) molekul-molekul target (ligands) terikat pada resptor permukaan membran, (ii) daerah permukaan membran yang telah mengikat ligand membentuk kantung pada permukaan membran, (iii) Bagian leher kantung menyempit dan pada akhirnya lepas sebagai vesikula endosom atau coated vesicles, (iv) vesikula endosom kemudian berfusi dengan lisosom primer membentuk lisosom sekunder dan selanjutnya berlangsung pencernaan intraseluler, (v) ligand-ligand dilepaskan dan diabsobsi ke dalam sitoplasma (vi) membrane lisosom dan endosom terpisah, dan (vii) fusi membrane endosom dan membrane plasma dan reseptor kembali dapat mengikat ligand.

Last modified: Thursday, 29 August 2019, 9:57 AM