Jenis-jenis jaringan Kampus

Jaringan Kampus Perusahaan
Sebuah jaringan kampus perusahaan mencakup cakupan terbesar dari semua jenis jaringan dan dapat disegmentasi lebih lanjut berdasarkan industri. Jaringan kampus perusahaan yang dijelaskan di sini mengacu pada jaringan kantor perusahaan yang dibangun berdasarkan perangkat switching Ethernet. Dalam sebuah perusahaan, arsitektur jaringan kantor umumnya selaras dengan struktur organisasi internal, seperti yang ditunjukkan pada gambar 1. Arsitektur jaringan harus sangat andal dan canggih, cukup untuk terus meningkatkan pengalaman karyawan dan memberikan efisiensi dan kualitas produksi tanpa kompromi.


Gambar 1 Sturktur organisasi dan struktur jaringan

Jaringan Kampus Pendidikan
Ada dua jenis jaringan kampus pendidikan yaitu jaringan kampus pendidikan dasar/sekunder dan pendidikan tinggi. Jaringan kampus pendidikan dasar/sekunder ditujukan untuk sekolah dasar dan menengah dengan struktur dan fungsi jaringan internalnya mirip dengan jaringan kampus perusahaan. Jaringan kampus pendidikan tinggi harus melayani mahasiswa universitas/perguruan tinggi, dengan demikian lebih kompleks daripada jaringan kampus pendidikan dasar/sekunder. Jaringan kampus pendidikan tinggi sering terdiri dari beberapa jaringan yang berbeda, termasuk jaringan pengajaran dan penelitian, jaringan pembelajaran siswa, dan jaringan akomodasi operasional. Jaringan kampus pendidikan tinggi juga memiliki persyaratan yang sangat tinggi untuk penyebaran dan pengelolaan jaringan. Jaringan tidak hanya mengirimkan data tetapi juga mengelola perilaku online perilaku siswa secara online untuk menghindari tindakan ekstrem dan agresif. Mendukung penelitian dan pengajaran adalah prioritas utama. Untuk alasan ini, jaringan harus sangat canggih dan mendukung tuntutan intens teknologi mutakhir.

Jaringan Kampus Pemerintahan
Jaringan internal lembaga pemerintah adalah contoh yang baik dari jenis jaringan ini. Karena persyaratan keamanan yang ketat, jaringan internal dan eksternal pada jaringan kampus e-Government umumnya terisolasi untuk memastikan keamanan mutlak dari informasi rahasia.

Jaringan Kampus Publik
Jenis jaringan ini digunakan di organisasi dan tempat komersial, seperti pusat perbelanjaan, supermarket, hotel, museum, dan taman. Dalam kebanyakan kasus, jaringan kampus komersial memfasilitasi pekerjaan kantor internal melalui subnet tertutup, tetapi yang paling penting adalah melayani sekelompok besar konsumen, seperti tamu di pusat perbelanjaan, supermarket, dan hotel. Selain menyediakan layanan jaringan, jaringan kampus komersial juga melayani sistem intelijen bisnis. Manfaat yang dihasilkan termasuk meningkatkan pengalaman pelanggan, mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi bisnis, dan memberikan nilai lebih dari jaringan.

Last modified: Tuesday, 29 November 2022, 3:01 PM