Pelaku Ancaman

Hacker
Peretas atau biasa disebut Hacker adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan pelaku ancaman. Awalnya istilah ini merujuk pada seseorang yang ahli komputer yang terampil seperti programmer dan peretasan. Istilah ini kemudian berkembang menjadi seperti yang kita kenal sekarang. Seperti yang ditunjukkan pada tabel 4, istilah white hat hacker, black hat hacker, dan gray hat hacker sering digunakan untuk menggambarkan jenis peratas.
Tabel 3 Tipe Peretas

Tipe Peretas

Deskripsi

Peretas Topi Putih / white hat hacker

Ini adalah peretas etis yang menggunakan keterampilan pemrograman mereka untuk tujuan yang baik, etis, dan legal. White hat hacker dapat melakukan tes penetrasi jaringan dalam upaya untuk mengkompromikan jaringan dan sistem dengan menggunakan pengetahuan mereka tentang sistem keamanan komputer untuk menemukan kerentanan jaringan. Kerentanan keamanan dilaporkan kepada pengembang untuk diperbaiki sebelum kerentanan tersebut dapat dieksploitasi.

Peretas Topi Abu-abu / black hat hacker           

Ini adalah individu yang melakukan kejahatan dan melakukan hal-hal yang bisa dibilang tidak etis, tetapi tidak untuk keuntungan pribadi atau menyebabkan kerusakan. Peretas topi abu-abu dapat mengungkapkan kerentanan kepada organisasi yang terkena dampak setelah membahayakan jaringan mereka.

Peretas Topi Hitam / black hat hacker           

Ini adalah penjahat tidak etis yang membahayakan keamanan komputer dan jaringan untuk keuntungan pribadi, atau untuk alasan jahat, seperti menyerang jaringan.


Evolusi Hacker
Peretasan dimulai pada tahun 1960-an dengan phone freaking, atau phreaking, yang mengacu pada penggunaan frekuensi audio untuk memanipulasi sistem telepon. Pada saat itu, sakelar telepon menggunakan berbagai nada untuk menunjukkan fungsi yang berbeda. Peretas awal menyadari bahwa dengan meniru nada menggunakan peluit, mereka dapat mengeksploitasi sakelar telepon untuk melakukan panggilan jarak jauh gratis. Pada pertengahan 1980-an, modem dial-up komputer digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Hacker menulis program "war dialing" yang memutar setiap nomor telepon di area tertentu untuk mencari komputer. Ketika komputer ditemukan, program peretas kata sandi digunakan untuk mendapatkan akses.
Tabel 4 Istilah Peretasan​​​​​​​

Istilah Peretasan

Deskripsi

Script Kiddies   

Ini adalah remaja atau peretas yang tidak berpengalaman yang menjalankan skrip, alat, dan eksploitasi yang ada, untuk menyebabkan kerusakan, tetapi biasanya tidak untuk mendapatkan keuntungan.

Pialang Kerentanan      

Mereka ini biasanya peretas topi abu-abu yang berusaha menemukan eksploitasi dan melaporkannya ke vendor, terkadang untuk mendapatkan hadiah atau imbalan.

Hacktivists      

Ini adalah peretas topi abu-abu yang memprotes organisasi atau pemerintah secara publik dengan memposting artikel, video, membocorkan informasi sensitif, dan melakukan serangan jaringan.

Penjahat dunia maya    

Mereka adalah peretas topi hitam yang bekerja sendiri atau bekerja untuk organisasi kejahatan siber besar.

Disponsori Negara       

Mereka adalah peretas topi putih atau topi hitam yang mencuri rahasia pemerintah, mengumpulkan intelijen, dan menyabotase jaringan. Target mereka adalah pemerintah asing, kelompok teroris, dan perusahaan. Sebagian besar negara di dunia berpartisipasi sampai tingkat tertentu dalam peretasan yang disponsori negara.

Last modified: Friday, 9 December 2022, 10:58 AM