Jaringan Berskala

Anda memahami bahwa jaringan Anda akan berubah. Jumlah penggunanya kemungkinan akan meningkat, mereka dapat ditemukan di mana saja, dan mereka akan menggunakan berbagai macam perangkat. Jaringan Anda harus dapat berubah seiring dengan penggunanya. Skalabilitas adalah istilah untuk jaringan yang dapat tumbuh tanpa kehilangan ketersediaan dan keandalan. Untuk mendukung jaringan besar, sedang atau kecil, perancang jaringan harus mengembangkan strategi untuk memungkinkan jaringan agar tersedia dan untuk menskalakan secara efektif dan mudah. Termasuk dalam strategi desain jaringan dasar adalah rekomendasi berikut:

  1. Gunakan peralatan modular yang dapat diperluas, atau perangkat berkelompok yang dapat dengan mudah ditingkatkan untuk meningkatkan kemampuan. Modul perangkat dapat ditambahkan ke peralatan yang ada untuk mendukung fitur dan perangkat baru tanpa memerlukan peningkatan peralatan secara besar-besaran. Beberapa perangkat dapat diintegrasikan dalam kluster untuk bertindak sebagai satu perangkat untuk menyederhanakan manajemen dan konfigurasi.
  2. Rancang sebuah jaringan hierarkis untuk menyertakan modul-modul yang dapat ditambahkan, diupgrade, dan dimodifikasi, jika perlu, tanpa mempengaruhi rancangan area fungsional lain dari jaringan. Misalnya, membuat lapisan akses terpisah yang dapat diperluas tanpa mempengaruhi distribusi dan lapisan inti dari jaringan kampus.
  3. Buat strategi address IPv4 dan IPv6 yang bersifat hierarkis. Perencanaan address yang cermat akan menghilangkan kebutuhan untuk meng-address ulang jaringan untuk mendukung pengguna dan layanan tambahan.
  4. Pilih Router atau switch multilayer untuk membatasi siaran dan menyaring traffic lain yang tidak diinginkan dari jaringan. Gunakan perangkat Lapisan 3 untuk menyaring dan mengurangi traffic ke inti jaringan.
Last modified: Wednesday, 30 November 2022, 9:56 AM