Perangkat Jaringan

Perangkat Keras Switch
Salah satu cara sederhana untuk membuat jaringan hierarkis dan berskala adalah dengan menggunakan peralatan yang tepat untuk pekerjaan itu. Ada berbagai platform switch, faktor bentuk, dan fitur lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih switch. Ketika mendesain jaringan, penting untuk memilih perangkat keras yang tepat untuk memenuhi persyaratan jaringan saat ini, serta untuk memungkinkan pertumbuhan jaringan. Dalam jaringan enterprise, baik switch dan Router memainkan peran penting dalam komunikasi jaringan.

LAN Switch Kampus
Untuk meningkatkan kinerja jaringan di LAN perusahaan, ada sakelar inti, distribusi, akses, dan kompak. Platform sakelar ini bervariasi dari sakelar tanpa kipas dengan delapan port tetap hingga sakelar 13 bilah yang mendukung ratusan port. Platform sakelar LAN kampus termasuk Cisco 2960, 3560, 3650, 3850, 4500, 6500, dan 6800 Series.


Gambar 6 LAN
Switch Campus

Switch Cloud-Managed
Switch akses yang dikelola cloud Cisco Meraki memungkinkan penumpukan switch secara virtual. Mereka memonitor dan mengkonfigurasi ribuan port switch melalui web, tanpa campur tangan staf TI di tempat.


Gambar 7 Meraki
Switch

​​​​​​​Pusat Data Switch
Pusat data harus dibangun berdasarkan switch yang mempromosikan skalabilitas infrastruktur, kontinuitas operasional, dan fleksibilitas transportasi. Platform switch pusat data termasuk switch Cisco Nexus Series.


Gambar 8 Nexus​​​​​​​

Switch Penyedia Layanan
Switch penyedia layanan terbagi dalam dua kategori: switch agregasi dan switch akses Ethernet. Switch agregasi adalah switch Ethernet kelas operator yang mengumpulkan lalu lintas di tepi jaringan. Switch akses Ethernet penyedia layanan menampilkan kecerdasan aplikasi, layanan terpadu, virtualisasi, keamanan terintegrasi, dan manajemen yang disederhanakan.


Gambar 9
Switch Penyedia Layanan​​​​​​​

Virtual Networking
Jaringan menjadi semakin tervirtualisasi. Platform switch jaringan virtual Cisco Nexus menyediakan layanan multi-penyewa yang aman dengan menambahkan teknologi kecerdasan virtualisasi ke jaringan pusat data.


Gambar 10 Virtual Networking

Tabel berikut menyoroti pertimbangan bisnis umum lainnya ketika memilih peralatan switch.

Pertimbangan

Deskripsi

Biaya

Biaya switch akan tergantung pada jumlah dan kecepatan interface, fitur yang didukung, dan kemampuan ekspansi.

Kepadatan Port

Switch jaringan harus mendukung jumlah perangkat yang sesuai pada jaringan.

Daya

Sekarang sudah umum untuk memberi daya pada access point, telepon IP, dan pengguna switch compact Power over Ethernet (PoE). Selain pertimbangan PoE, beberapa switch berbasis sasis mendukung suplai daya yang berlebihan.

Reliabilitas

Switch harus menyediakan akses berkelanjutan ke jaringan.

Kecepatan Port

Kecepatan koneksi jaringan menjadi perhatian utama bagi end user.

Frame Buffer

Kemampuan switch untuk menyimpan frame penting dalam jaringan di mana mungkin ada port yang padat ke server atau area lain dari jaringan.

Skalabilitas

Jumlah pengguna pada jaringan biasanya bertambah dari waktu ke waktu; oleh karena itu, switch harus memberikan kesempatan untuk pertumbuhan.

Router
Switch bukan satu-satunya komponen jaringan yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Pilihan Router Anda adalah salah satu keputusan yang sangat penting. Router berperan penting dalam jaringan dengan menghubungkan rumah dan bisnis ke internet, menginterkoneksikan beberapa situs dalam jaringan enterprise, menyediakan jalur redundan, dan menghubungkan ISP di internet. Router juga dapat bertindak sebagai penerjemah antara berbagai jenis media dan protokol. Misalnya, Router dapat menerima paket dari jaringan Ethernet dan merangkumnya kembali untuk diangkut melalui jaringan serial.

Router menggunakan bagian jaringan (prefix) dari alamat IP tujuan untuk me-route paket ke tujuan yang tepat. Mereka memilih jalur alternatif jika sebuah link mati. Semua host pada jaringan lokal menentukan alamat IP dari interface Router lokal dalam konfigurasi IP mereka. Interface Router ini adalah gateway default. Kemampuan untuk merutekan secara efisien dan pulih dari kegagalan link jaringan sangat penting untuk mengirimkan paket ke tujuan mereka. Router juga melayani fungsi-fungsi bermanfaat lainnya sebagai berikut:​​​​​​​

  1. Mereka menyediakan penahanan siaran dengan membatasi siaran ke jaringan lokal.
  2. Mereka menghubungkan lokasi yang terpisah secara geografis.
  3. Mereka mengelompokkan pengguna secara logis berdasarkan aplikasi atau departemen dalam perusahaan, berdasarkan kebutuhan umum atau membutuhkan akses ke sumber daya yang sama.
  4. Mereka menyediakan keamanan yang lebih baik dengan menyaring lalu lintas yang tidak diinginkan melalui daftar kontrol akses.
  5. Seiring dengan pertumbuhan jaringan, penting untuk memilih Router yang tepat untuk memenuhi persyaratannya. Ada berbagai kategori Router Cisco.

Branch Routers
Router cabang, yang ditunjukkan pada gambar, mengoptimalkan layanan cabang pada satu platform sambil memberikan pengalaman aplikasi yang optimal di seluruh cabang dan infrastruktur WAN. Memaksimalkan ketersediaan layanan di cabang membutuhkan jaringan yang dirancang dengan uptime 24x7x365. Jaringan cabang yang sangat tersedia harus memastikan pemulihan cepat dari kesalahan tipikal, sambil meminimalkan atau menghilangkan dampak pada layanan, dan menyediakan konfigurasi dan manajemen jaringan yang sederhana. Yang ditampilkan adalah Router Cisco Integrated Services Router (ISR) 4000 Series.


Gambar 11
Router Branch

Router tepi jaringan
Router tepi jaringan, yang ditunjukkan pada gambar 12, memungkinkan tepi jaringan untuk memberikan layanan berkinerja tinggi, sangat aman, dan andal yang menyatukan kampus, pusat data, dan jaringan cabang. Pelanggan mengharapkan pengalaman media berkualitas tinggi dan lebih banyak jenis konten daripada sebelumnya. Pelanggan menginginkan interaktivitas, personalisasi, mobilitas, dan kontrol untuk semua konten. Pelanggan juga ingin mengakses konten kapan saja dan di mana saja yang mereka pilih, melalui perangkat apa pun, baik di rumah, di tempat kerja, atau saat bepergian. Router tepi jaringan harus memberikan kualitas layanan yang ditingkatkan dan kemampuan video dan seluler tanpa henti. Yang ditampilkan adalah Router Cisco Aggregation Services Routers (ASR) 9000 Series.


Gambar 12
Router Tepi jaringan

Router Penyedia Layanan
Router penyedia layanan, yang ditunjukkan pada gambar 13, memberikan solusi skalabel ujung ke ujung dan layanan yang sadar pelanggan. Operator harus mengoptimalkan operasi, mengurangi biaya, dan meningkatkan skalabilitas dan fleksibilitas, untuk memberikan pengalaman internet generasi berikutnya di semua perangkat dan lokasi. Sistem ini dirancang untuk menyederhanakan dan meningkatkan operasi dan penyebaran jaringan pengiriman layanan. Yang ditampilkan adalah Router Cisco Network Convergence System (NCS) 6000 Series.


Gambar 13
Router Pennyedia Layanan

Industrial
Router industrial, seperti yang ditunjukkan pada gambar 14, didesain untuk menyediakan fitur-fitur kelas enterprise di lingkungan yang kasar dan keras. Desainnya yang ringkas, modular, dan kokoh sangat baik untuk aplikasi yang sangat penting. Yang ditampilkan adalah Router Layanan Terpadu Industri Cisco 1100 Series.


Gambar 14
Router Industrial

 

Last modified: Wednesday, 30 November 2022, 10:13 AM