VPN

Untuk mengamankan lalu lintas jaringan antara situs dan pengguna, organisasi menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk membuat koneksi jaringan pribadi ujung ke ujung. VPN bersifat virtual karena membawa informasi dalam jaringan pribadi, tetapi informasi itu sebenarnya diangkut melalui jaringan publik. VPN bersifat pribadi karena lalu lintas dienkripsi untuk menjaga kerahasiaan data saat diangkut melintasi jaringan publik.

Pada gambar Gambar 36 tersebut menunjukkan kumpulan berbagai jenis VPN yang dikelola oleh situs utama perusahaan. Terowongan memungkinkan situs dan pengguna jarak jauh untuk mengakses sumber daya jaringan situs utama dengan aman. Jenis VPN yang pertama adalah tunnel IP secara ketat yang tidak menyertakan autentikasi atau enkripsi data. Misalnya, Generic Routing Encapsulation (GRE) adalah protokol tunneling yang dikembangkan oleh Cisco dan yang tidak termasuk layanan enkripsi. GRE digunakan untuk mengenkapsulasi lalu lintas IPv4 dan IPv6 di dalam terowongan IP untuk membuat sambungan titik-ke-titik virtual.

Gambar 36 VPN

VPN modern sekarang sudah mendukung fitur enkripsi, seperti Internet Protocol Security (IPsec) dan Secure Sockets Layer (SSL) VPN untuk mengamankan lalu lintas jaringan antar situs. Manfaat utama VPN ditunjukkan pada tabel.

Manfaat

Deskripsi

Hemat Biaya

Dengan munculnya teknologi bandwidth tinggi yang hemat biaya, organisasi dapat menggunakan VPN untuk mengurangi biaya konektivitas mereka sekaligus meningkatkan bandwidth koneksi jarak jauh.

Keamanan

VPN menyediakan tingkat keamanan tertinggi yang tersedia, dengan menggunakan enkripsi canggih dan protokol otentikasi yang melindungi data dari akses yang tidak sah.

Skalabilitas

VPN memungkinkan organisasi untuk menggunakan internet, sehingga mudah untuk menambah pengguna baru tanpa menambah infrastruktur yang signifikan.

Kecocokan

VPN dapat diimplementasikan di berbagai macam opsi tautan WAN termasuk semua teknologi broadband yang populer. Pekerja jarak jauh dapat memanfaatkan koneksi berkecepatan tinggi ini untuk mendapatkan akses aman ke jaringan perusahaan mereka.

 

Last modified: Wednesday, 30 November 2022, 1:41 PM