CDP dan LLDP

Jaringan merupakan hal yang kompleks dan perlu dikelola. Untungnya, ada banyak tool yang didesain untuk membuat manajemen jaringan lebih sederhana. Modul ini memperkenalkan beberapa tool dan protokol untuk membantu anda mengelola jaringan.

Cisco Discovery Protocol (CDP)
CDP adalah protokol Layer 2 milik Cisco yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang perangkat Cisco yang berbagi link data yang sama. CDP adalah media dan protokol independen dan berjalan pada semua perangkat Cisco, seperti router, switch, dan server akses. Perangkat mengirimkan iklan CDP secara periodik ke perangkat yang terhubung, seperti yang ditunjukkan pada gambar 45.

Gambar 45 CDP Advertisements

Iklan-iklan ini berbagi informasi tentang jenis perangkat yang ditemukan, nama perangkat, dan jumlah serta jenis interface. Karena sebagian besar perangkat jaringan terhubung ke perangkat lain, CDP dapat membantu dalam keputusan desain jaringan, pemecahan masalah, dan membuat perubahan pada peralatan. CDP juga dapat digunakan sebagai alat penemuan jaringan untuk menentukan informasi tentang perangkat tetangga. Informasi yang dikumpulkan dari CDP ini dapat membantu membangun topologi logis jaringan ketika dokumentasi tidak ada atau kurang detail.
Untuk menverifikasi CDP dapat menggunakan perintah show cdp

Untuk menonaktifkan CDP dengan perintah
no cdp run

Untuk mengaktifkan CDP pada spesifik
interface dapat menggunakan perintah berikut ini:

Untuk melihat informasi perangkat tetangga dengan perintah berikut ini:

Link Layer Discovery Protocol (LLDP)
Link Layer Discovery Protocol (LLDP) melakukan hal yang sama seperti CDP, tetapi tidak spesifik untuk perangkat Cisco. Sebagai bonus, Anda masih dapat menggunakannya jika Anda memiliki perangkat Cisco. Dengan satu atau lain cara, Anda akan mendapatkan peta jaringan Anda. LLDP adalah protokol penemuan tetangga yang netral-vendor yang mirip dengan CDP. LLDP bekerja dengan perangkat jaringan, seperti router, switch, dan titik akses LAN nirkabel. Protokol ini mengiklankan identitas dan kemampuannya ke perangkat lain dan menerima informasi dari perangkat Layer 2 yang terhubung secara fisik.

Gambar 46 LLDP
Tergantung pada perangkat, LLDP dapat diaktifkan secara default. Untuk mengaktifkan LLDP secara global pada perangkat jaringan Cisco, masukkan perintah lldp run dalam mode konfigurasi global. Untuk menonaktifkan LLDP, masukkan perintah no lldp run dalam mode konfigurasi global. Mirip dengan CDP, LLDP dapat dikonfigurasi pada interface tertentu. Namun, LLDP harus dikonfigurasi secara terpisah untuk mengirim dan menerima paket LLDP. Untuk memverifikasi LLDP telah diaktifkan pada perangkat, masukkan perintah show lldp dalam mode privileged EXEC.

Untuk melihat informasi perangkat tetangga dengan perinta berikut ini:

 

Last modified: Wednesday, 30 November 2022, 3:02 PM