NTP

Sebelum anda benar-benar mendalami manajemen jaringan, satu hal yang akan membantu anda tetap pada jalurnya adalah memastikan bahwa semua komponen anda diatur ke waktu dan tanggal yang sama. Jam perangkat lunak pada router atau switch dimulai ketika sistem melakukan booting. Ini adalah sumber utama waktu untuk sistem. Penting untuk menyinkronkan waktu di semua perangkat di jaringan karena semua aspek pengelolaan, pengamanan, troubleshooting, dan perencanaan jaringan memerlukan timestamping yang akurat. Bila waktu tidak disinkronkan antar perangkat, tidak mungkin untuk menentukan urutan kejadian dan penyebab suatu kejadian. Biasanya, pengaturan tanggal dan waktu pada Router atau switch dapat diatur dengan menggunakan salah satu dari dua metode yaitu secara manual mengkonfigurasi tanggal dan waktu, atau mengkonfigurasi Network Time Protocol (NTP).

Seiring dengan berkembangnya jaringan, menjadi sulit untuk memastikan bahwa semua perangkat infrastruktur beroperasi dengan waktu yang tersinkronisasi. Bahkan dalam lingkungan jaringan yang lebih kecil, metode manual tidak ideal. Jika Router reboot, bagaimana router akan mendapatkan tanggal dan stempel waktu yang akurat?. Oleh karena itu solusi yang lebih baik adalah mengkonfigurasi NTP pada jaringan. Protokol ini memungkinkan router pada jaringan untuk menyinkronkan pengaturan waktu mereka dengan server NTP. Sekelompok klien NTP yang memperoleh informasi waktu dan tanggal dari satu sumber memiliki pengaturan waktu yang lebih konsisten. Ketika NTP diimplementasikan dalam jaringan, NTP dapat diatur untuk menyinkronkan ke jam master pribadi, atau dapat menyinkronkan ke server NTP yang tersedia untuk umum di internet. NTP menggunakan port UDP 123 dan didokumentasikan dalam RFC 1305.

Pada gambar menunjukkan topologi yang digunakan untuk mendemonstrasikan konfigurasi dan verifikasi NTP.

Gambar 47 Contoh topologi NTP

Sebelum NTP dikonfigurasi pada jaringan, perintah show clock menampilkan waktu saat ini pada jam perangkat lunak. Dengan opsi detail, perhatikan bahwa sumber waktu adalah konfigurasi pengguna. Itu berarti waktu dikonfigurasi secara manual dengan perintah clock.

Perintah
ntp server ip-address dikeluarkan dalam modus konfigurasi global untuk mengkonfigurasi 209.165.200.225 sebagai server NTP untuk R1. Untuk memverifikasi sumber waktu diatur ke NTP, gunakan perintah show clock detail. Perhatikan bahwa sekarang sumber waktu adalah NTP.

Dalam contoh berikut, perintah
show ntp associations dan show ntp status digunakan untuk memverifikasi bahwa R1 disinkronkan dengan server NTP di 209.165.200.225. Perhatikan bahwa R1 disinkronkan dengan server NTP stratum 1 di 209.165.200.225, yang disinkronkan dengan jam GPS. Perintah show ntp status menampilkan bahwa R1 sekarang adalah perangkat stratum 2 yang disinkronkan dengan server NTP di 209.165.220.225.

Selanjutnya, jam pada S1 dikonfigurasi untuk melakukan sinkronisasi ke R1 dengan perintah ntp server dan kemudian konfigurasi diverifikasi dengan perintah
show ntp associations, seperti yang ditampilkan.

Output
dari perintah show ntp associations memverifikasi bahwa jam pada S1 sekarang disinkronkan dengan R1 di 192.168.1.1 melalui NTP. R1 adalah perangkat stratum 2 dan server NTP untuk S1. Sekarang S1 adalah perangkat stratum 3 yang dapat menyediakan layanan NTP ke perangkat lain dalam jaringan, seperti perangkat akhir.

Last modified: Wednesday, 30 November 2022, 3:07 PM