Sistematika Penulisan

Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan berisi kejelasan BIG Idea (Fakta-fakta yang diungkapkan untuk mendukung penjelasan tentang keberadaan problem/challenge yang akan diselesaikan berdasarkan sumber-sumber materi scientific yang valid/sahih seperti artikel jurnal) yang berhubungan dengan proyek yang telah di kerjakan. Selain ini harus besi Kejelasan Rumusan Masalah/Challenge Statement berdasarkan fakta yang diungkap. Pada pendahuluan juga harus berisi Kejelasan Tujuan Penelitian (Apa solution concept yang diajukan untuk menyelesaikan masalah) serta Kejelasan Scope/Batasan Masalah.

Tinjauan Pustaka
Pada bagian tinjauan pustaka berisi Fundamental Theory (Termasuk di dalamnya basic definition, model, etc.) serta hasil riset-riset sebelumnya yang relevan dengan penelitian yang direncanakan dengan menggunakan sumber-sumber materi scientific yang valid/sahih: artikel jurnal 80%, buku dan lainnya 20%.

Metode
Pada bagian metode berisi tentang informasi detail tentang bagaimana merealisasikan solution concept yang akan dirancang (Jika membuat hardware/system: bagaimana diagram blok yang menjelaskan sistem kerjanya; bagaimana setiap blok dirancang; Apa kebutuhan alat dan bahannya, dsb.), serta timeline (ganttchart) untuk rencana pengerjaan setiap blok (sub bagian) dari project skripsi yang akan dikerjakan

Implementasi dan Pembahasan
Pada bagian Implementasi akan membuat Informasi detail tahapan tahapan dan implementasi yang dilakukan dalam implementasi proyek yang di kerjakan. Implementasi mencakup konfigurasi, serta pengujian yang telah di lakukan, serta penjelasan setiap tahapan dan hasil yang di dapatkan.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan dan saran adalah bagian penutup dari proyek yang telah dibuat isi dari proyek telah dijabarkan dalam Bab sebelumnya. Pada bagian kesimpuan akan dijelaskan secara singkat mengenai hasil proyek yang telah  dikerjakan. Pada bagian saran akan mennguraikan saran rasa perlu dikembangkan.

Last modified: Friday, 9 December 2022, 3:34 PM