Plagiarism checker

Deteksi plagiarisme adalah proses pencarian bagian yang diduga plagiat dari sebuah karya. Dalam hal ini, karya tidak hanya terbatas pada dokumen, tetapi juga desain baik gambar atau video, dan kode program. Meskipun kasus yang umum terjadi pada tulisan ilmiah baik berupa esai atau laporan. Dengan perkembangan komputer dan internet menjadikan orang mudah untuk memplagiat kaya seseorang. Pendeteksian plagiarisme dapat dilakukan baik secara manual atau otomatis menggunakan perangkat lunak. Deteksi plagiarisme secara manual memerlukan usaha yang besar disertai dengan ingatan yang baik, mengingat banyaknya dokumen yang harus bandingkan. Oleh karena itu, pendeteksian menggunakan perangkat lunak akan lebih memudahkan tugas ini. Berikut ini adalah tools yang bisa di gunakan untuk melakukan pengecekan plagiarisme

Turnitin (https://www.turnitin.com/)
​​​​​​​​​​​​​​Turnitin merupakan salah satu aplikasi cek plagiat yang paling populer, khususnya dalam dunia akademik. Aplikasi ini akan memeriksa hasil tulisanmu dengan memastikan ia tidak memiliki kesamaan dengan dokumen lain yang ada di internet, situs web, buku, artikel, dan lain-lain. Aplikasi ini tidak bisa digunakan secara gratis (berbayar).

​​​​​​​​​​​​​​DupliChecker (https://www.duplichecker.com/)
Ini merupakan aplikasi cek plagiat yang gratis. Memiliki tampilannya sederhana, namun akurasi pengecekannya cukup tinggi. Untuk menggunakan aplikasi ini harus membuat akun untuk mendapatkan 50 pengecekan plagiarisme gratis per hari. Tampa membuat akun hanya memperbolehkan pengecekan satu dokumen saja.

​​​​​​​Grammarly (https://www.grammarly.com/)
Aplikasi ini populer sebagai aplikasi pemeriksa grammar bahasa Inggris, namun aplikasi ini juga memiliki aplikasi cek plagiat yang dapat di gunakan secara gratis dan berbayar. Dalam penggunaanya Anda hanya perlu memasukkan teks yang ingin diperiksa dan Grammarly akan memrosesnya dengan database yang ia miliki.

Last modified: Friday, 9 December 2022, 3:37 PM