Ringkasan Materi Pembelajaran

Rencana Pembelajaran Semester: Bahasa Indonesia


Dalam rencana pembelajaran semester ini, materi perkuliahan Bahasa Indonesia (UMKO21072) akan dibagi menjadi beberapa pertemuan dengan bobot sks dan fokus pembelajaran yang berbeda. Berikut adalah simpulan untuk setiap pertemuan:

Pertemuan 1: Hakikat Bahasa
- Materi: Kontrak perkuliahan, pengertian bahasa, perbedaan bunyi bahasa dan bukan bahasa.
- Metode Pembelajaran: Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian bahasa dan membedakan bunyi bahasa dari bunyi bukan bahasa.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 2: Sifat dan Fungsi Bahasa
- Materi: Lima sifat bahasa, fungsi bahasa, pengertian Bahasa Indonesia.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa dapat mencari materi tentang sifat-sifat Bahasa dan fungsi bahasa serta menjelaskannya.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 3: Kedudukan dan Fungsi Bahasa
- Materi: Kedudukan Bahasa Indonesia, fungsi Bahasa Indonesia, kedudukan bahasa daerah, fungsi bahasa daerah, kedudukan bahasa asing, fungsi bahasa asing.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia, daerah, dan asing.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 4: Konsep Bahasa Indonesia Baku dan Ejaan
- Materi: Konsep Bahasa Indonesia Baku, ejaan yang pernah berlaku, ejaan yang saat ini berlaku.
- Metode Pembelajaran: Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa dapat menggunakan kata baku sesuai dengan kaidah ejaan yang berlaku.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 5: Kaidah Penggunaan Huruf dan Tanda Baca
- Materi: Kaidah huruf kapital, huruf miring, huruf tebal, tanda titik, tanda koma, tanda titik koma, tanda titik dua.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu mengaplikasikan kaidah penggunaan huruf dan tanda baca sesuai ejaan yang berlaku.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 6: Kaidah Penggunaan Huruf dan Tanda Baca (Lanjutan)
- Materi: Kaidah tanda hubung, tanda pisah, tanda tanya, tanda seru, tanda elipsis.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu mengaplikasikan kaidah penggunaan tanda baca dengan benar.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.


Pertemuan 7: Kaidah Penggunaan Huruf dan Tanda Baca (Lanjutan)
- Materi: Kaidah tanda hubung, tanda pisah, tanda tanya, tanda seru, tanda elipsis.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu mengaplikasikan kaidah penggunaan tanda baca dengan benar.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
- Materi: Materi dari pertemuan 1 hingga pertemuan 7.
- Metode Pembelajaran: Ujian tertulis.
- Hasil Pembelajaran: Pengukuran pemahaman konseptual mahasiswa sesuai topik yang telah dibahas.
- Bentuk Penilaian: Tes tulis.

Pertemuan 9: Jenis Teks dan Teks Ulasan Buku
- Materi: Jenis teks, teks ulasan buku, model teks ulasan buku, aspek penilaian.
- Metode Pembelajaran: Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu menyusun macam-macam teks ulasan buku dan memahami aspek penilaiannya.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 10: Karya Ilmiah
- Materi: Pengertian karya ilmiah, jenis karya ilmiah, ciri-ciri, contoh, daftar pustaka.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian karya ilmiah dan membuat karya ilmiah sesuai dengan sistematika.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 11-12: Karya Ilmiah (Lanjutan)
- Materi: Produksi karya ilmiah, analisis kesalahan penulisan karya ilmiah.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, cased method, Project Based.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu membuat karya ilmiah sesuai dengan sistematika dan menganalisis kesalahan penulisan karya ilmiah.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 13-14: Artikel Ilmiah
- Materi: Pengertian artikel ilmiah, model, struktur.
- Metode Pembelajaran: Cased method, riset saintifik, sinkron, dan asinkron.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu menyusun artikel ilmiah.
- Bentuk Penilaian: Kuis, tugas.

Pertemuan 15: Manajemen Referensi
- Materi: Mendeley, Zotero.
- Metode Pembelajaran: Flipped Clasroom, cased method, Project Based.
- Hasil Pembelajaran: Mahasiswa mampu menggunakan manajemen referensi seperti Mendeley atau Zotero dalam karya ilmiah.
- Bentuk Penilaian: Tugas.

Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
- Materi: Materi dari pertemuan 8 hingga pertemuan 15.
- Metode Pembelajaran: Ujian tertulis.
- Hasil Pembelajaran: Pengukuran pemahaman konseptual mahasiswa sesuai topik yang telah dibahas.
- Bentuk Penilaian: Tes tulis.
- Materi: Tugas pengumpulan rancangan penelitian lengkap.
- Metode Pembelajaran: Project Based.
- Hasil Pembelajaran: Tugas pengumpulan rancangan penelitian lengkap.
- Bentuk Penilaian: Penilaian tugas.


Bobot Penilaian

- Aktivitas Partisipatif: 10%
- Hasil Project: 15%
- Tugas: 5%
- Kuis: 5%
- Ujian Tengah Semester: 25%
- Ujian Akhir Semester: 40%
Last modified: Thursday, 7 September 2023, 11:37 AM