4.4 Ejaan yang pernah Berlaku di Indonesia

Ejaan yang pernah berlaku di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan signifikan seiring waktu. Berikut adalah beberapa bentuk ejaan yang pernah berlaku di Indonesia:

  1. Ejaan Van Ophuijsen (1901): Ejaan ini diperkenalkan oleh Christiaan Snouck Hurgronje dan C.C. Berg pada tahun 1901, yang kemudian dikenal sebagai "Ejaan Van Ophuijsen." Ejaan ini memiliki ciri-ciri khas seperti penggunaan 'oe' untuk 'u' dan 'dj' untuk 'j'. Ejaan ini dipakai selama beberapa tahun, tetapi akhirnya digantikan oleh ejaan yang lebih modern.

  2. Ejaan Soewandi (1947): Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Pemerintah Republik Indonesia mulai memperkenalkan ejaan yang disebut "Ejaan Soewandi" pada tahun 1947. Ejaan ini menggantikan Ejaan Van Ophuijsen dan lebih konsisten dengan bunyi-bunyi dalam bahasa Indonesia. Misalnya, 'dj' digantikan dengan 'j', dan 'oe' digantikan dengan 'u'. Ejaan ini masih digunakan di beberapa tempat dan dalam beberapa konteks hingga saat ini.

  3. Ejaan Yang Disempurnakan (1972): Pada tahun 1972, Pemerintah Indonesia memperkenalkan "Ejaan Yang Disempurnakan" yang lebih modern. Ejaan ini menggantikan Ejaan Soewandi dan merupakan ejaan yang digunakan secara resmi hingga saat ini. Ejaan ini mengadopsi aturan tata bahasa yang lebih konsisten dan menggunakan 'e' untuk menggantikan 'oe' dan 'j' untuk menggantikan 'dj', serta memiliki beberapa perubahan lainnya yang lebih konsisten dengan fonologi bahasa Indonesia.

  4. Ejaan Bahasa Indonesia (2015)

  5. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (2022)

Perubahan dalam ejaan bahasa adalah proses yang alami seiring waktu, dan mereka mencerminkan perkembangan bahasa yang terus berlangsung serta perubahan norma budaya dan bahasa di masyarakat. Ejaan yang resmi dan digunakan dalam pendidikan formal adalah penting untuk memastikan konsistensi dalam komunikasi tertulis, sementara variasi bahasa yang lebih informal dapat muncul dalam situasi sehari-hari dan diberbagai konteks komunikasi.


Last modified: Tuesday, 14 November 2023, 2:56 PM