6.4 Pengertian Tanda Titik, Koma, Titik Koma, dan Titik Dua

Tanda titik (.) adalah tanda baca yang digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat dalam penulisan. Tanda titik adalah salah satu tanda baca yang paling dasar dan penting dalam penulisan, dan penggunaannya yang tepat membantu memisahkan, mengatur, dan mengklarifikasi teks dalam bahasa tertulis.

Tanda koma adalah tanda baca yang digunakan untuk membuat jeda atau pemisahan antara unsur-unsur dalam sebuah kalimat atau antara unsur-unsur dalam daftar. Fungsinya adalah untuk membantu pembaca memahami hubungan antara kata-kata, frasa, atau klausa dalam teks tertulis.

Tanda titik koma (;) adalah tanda baca yang digunakan untuk membuat jeda atau pemisahan yang lebih kuat daripada tanda koma, tetapi tidak sekuat pemisahan yang dilakukan oleh tanda titik. Ini membantu dalam pengorganisasian kalimat dan memudahkan pemahaman hubungan antara elemen-elemen dalam kalimat atau daftar.

Tanda titik dua (smile adalah tanda baca yang digunakan dalam penulisan untuk memperkenalkan atau menunjukkan adanya informasi yang akan disampaikan setelahnya. Tanda titik dua biasanya digunakan untuk mengindikasikan bahwa ada penjelasan, daftar, kutipan, atau informasi tambahan yang akan diberikan setelah tanda tersebut.

Last modified: Tuesday, 14 November 2023, 2:59 PM