7.1 Pengantar Perkuliahan

Sub-CPMK 4 ini berfokus pada Kaidah Penggunaan Huruf dan Tanda Baca sesuai dengan Ejaan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Materi ini mencakup lima kaidah penting terkait tanda baca, yaitu Kaidah Tanda Hubung, Kaidah Tanda Pisah, Kaidah Tanda Tanya, Kaidah Tanda Seru, dan Kaidah Tanda Elipsis.

Materi Sub-CPMK 4 mencakup:

  1. Kaidah Tanda Hubung: Pembelajaran berfokus pada pemahaman aturan penggunaan tanda hubung dalam kata, seperti penghubung dalam kata majemuk atau penggunaan dalam angka.

  2. Kaidah Tanda Pisah: Materi menjelaskan penggunaan tanda pisah (hyphen) dalam kata dan sebelum akhir baris, serta situasi di mana tanda pisah sebaiknya digunakan.

  3. Kaidah Tanda Tanya: Pembelajaran menggambarkan penggunaan tanda tanya dalam kalimat tanya, baik yang sederhana maupun kompleks.

  4. Kaidah Tanda Seru: Materi menjelaskan penggunaan tanda seru dalam kalimat untuk mengekspresikan emosi, kejutan, atau perintah.

  5. Kaidah Tanda Elipsis: Pembelajaran menggambarkan penggunaan tanda elipsis (titik-titik tiga) dalam teks untuk mengindikasikan penghapusan atau penjedaan dalam suatu kalimat.

Metode pengajaran yang digunakan adalah Flipped Classroom dan Cased Method dalam format riset saintifik. Pembelajaran dilakukan secara sinkron melalui presentasi.

Dalam konteks asinkron, materi dapat diakses melalui tautan YouTube GuruVirtualID. Mahasiswa diminta untuk mengaplikasikan kaidah penggunaan tanda hubung, tanda pisah, tanda tanya, tanda seru, dan tanda elipsis sesuai dengan aturan yang diajarkan.

Tujuan pembelajaran adalah agar mahasiswa mampu mengaplikasikan kaidah-kaidah penggunaan tanda baca ini dalam penulisan mereka, sehingga dapat menghasilkan teks yang sesuai dengan ejaan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penilaian terhadap pencapaian tujuan pembelajaran menggunakan rubrik penilaian dengan bobot sebesar 2,5%.


Last modified: Tuesday, 14 November 2023, 3:01 PM