7.7 Keterampilan Dasar Kepemimpinan

Griffin dan Ebert mengemukakan bahwa manajer yang efektif perlu memiliki keterampilan dasar kepemimpinan, setidaknya dalam 5 (lima) hal sebagai berikut:

  • keterampilan teknis (technical skills),
  • keterampilan hubungan insani (human relations skills),
  • keterampilan konseptual (conceptual skills),
  • keterampilan mengambil keputusan (decision-making skills), dan
  • keterampilan manajemen waktu (time management skills).

Cocheu menyarankan agar ketua tim memiliki keterampilan dasar kepemimpinan yang meliputi:

  • mendemonstrasikan kepemimpinan,
  • memfasilitasi interaksi di dalam tim,
  • melakukan negosiasi dalam hal terjadi perbedaan dan konflik,
  • melatih anggota tim,
  • memberikan pengarahan untuk meningkatkan kinerja tim,
  • mempresentasikan gagasan-gagasannya secara persuasif, dan
  • membina hubungan dengan berbagai tingkatan manajemen

Last modified: Wednesday, 31 March 2021, 12:05 PM