Video Pembelajaran Depth of Field

Depth of Field (Kedalaman Ruang) dalam fotografi adalah area yang terlihat tajam dan fokus dalam sebuah gambar. Ini adalah wilayah antara objek yang paling dekat dengan kamera hingga objek yang paling jauh dari kamera yang masih terlihat jelas dan tajam dalam hasil foto. Dalam istilah sederhana, Depth of Field adalah zona di mana subjek dan latar belakangnya dapat dilihat dengan jelas pada gambar.

Depth of Field sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk bukaan lensa, panjang fokus lensa, jarak subjek dari kamera, dan ukuran sensor kamera. Pengaturan bukaan lensa (aperture) adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh. Bukaan yang besar (misalnya f/1.8) menghasilkan Depth of Field yang dangkal, sehingga hanya sebagian kecil subjek yang terlihat tajam, sedangkan bukaan yang kecil (misalnya f/16) menciptakan Depth of Field yang dalam, sehingga subjek dan latar belakangnya dapat terlihat lebih jelas.

Depth of Field adalah salah satu alat yang kuat dalam fotografi yang memungkinkan fotografer untuk mengarahkan perhatian pemirsa pada subjek utama dengan memburamkan latar belakang yang tidak relevan atau mengaburkannya. Ini juga digunakan untuk menciptakan efek artistik, seperti bokeh (latar belakang yang lembut dan kabur) dalam potret atau untuk menangkap pemandangan dengan kedalaman yang luar biasa.

Pemahaman tentang Depth of Field adalah keterampilan yang penting bagi seorang fotografer, karena memungkinkan mereka untuk mengontrol aspek penting dalam komposisi dan ekspresi visual dalam karya mereka.



Depth of Field (DOF) atau ruang ketajaman atau kedalaman ruang adalah penjelasan tentang seberapa luas area yang tajam dan area yang tidak tajam (blur) pada sebuah gambar. Dalam artikel ini kita akan membahas seperti apa itu yang dimaksud ruang ketajaman dan faktor yang mempengaruhi terjadinya DOF lebar maupun DOF sempit. Pada gambar pertama di atas area yang tajam terletak pada subjek patung (utamanya kepala) dan sedikit area duduk patung, selain dari itu semua area dalam frame tampak blur. Nah, seberapa luas area yang tajam dan seberapa luas area yang blur pada gambar di atas itulah inti pembahasan dari depth of field. Sedangkan arti kata “tajam” di sini adalah bagian dari gambar yang detailnya jelas terlihat dan tidak mengalami blur.


Last modified: Tuesday, 3 October 2023, 10:22 PM