A. Pengantar

1. Perkembangan Komponen Elektronika

Pada hakikatnya, piranti elektronik senantiasa mengalami perkembangan berdasarkan perkembangan teknologi yang membangun komponen dasar elektronika. Sebelumnya rangkaian elektronika dirakit dengan menghubungkan komponen satu dengan komponen lainnya melalui kawat tembaga. Namun saat ini dengan munculnya beberapa bahan dasar komponen elektronika terbaru, menyebabkan banyak komponen elektronika yang semakin canggih dan mudah Komponen elektronika dibuat secara pabrikansi berdasarkan bahan, ukuran, serta struktur yang didesain sedemikian rupa agar dapat berfungsi semakin baik dengan nilai toleransi yang semakin kecil. penggunaannya. Sebelum kita membahas secara mendalam terkait topik kita pada hari ini, mari bersama-sama kita simak video yang membahas tentang sejarah perkembangan komponen elektronika dalam video pembelajaran berikut:

 

 Selamat Menyaksikan...!

2. Pengertian Komponen Elektronika

Pada hakikatnya, komponen elektronika merupakan elemen dasar dari sebuah peralatan elektronik atau rangkaian elektronika. Komponen elektronika ini dapat disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah rangkaian kompleks dan dimanfaatkan dalam berbagai peralatan. Komponen elektronika didesain sebagai sebuah elemen yang memiliki fungsi dan perannya masing-masing dalam sebuah rangkaian. Maka dari itu, komponen elektronika terdiri atas komponen aktif dan komponen pasif yang memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda dalam menjalankan perannya pada sebuah rangkaian elektronika.

Komponen elektronika adalah berbagai jenis bagian atau elemen yang digunakan dalam pembuatan perangkat elektronik. Komponen-komponen ini dapat memiliki berbagai fungsi dalam rangkaian elektronik, seperti mengontrol arus listrik, mengubah tegangan, memproses sinyal, menyimpan data, dan sebagainya. Seluruh komponen elektronika adalah elemen dasar rangkaian pada sebuah alat elektronik, sehingga tanpa komponen elektronika, seluruh peralatan elektronik tidak dapat digunakan sebagaimana fungsi kerjanya. Komponen elektronika terdiri atas dua macam yaitu komponen aktif dan komponen pasif.

Komponen elektronika ada yang menempel langsung pada papan rangkaian, adapula yang tidak menempel langsung pada papan rangkaian. Komponen elektronika dapat terdiri atas satu atau lebih unsur material penyusun atau bahan dasar yang saat disatukan dapat berfungsi sesuai dengan keperuntukan pembuatannya, misalnya ada komponen yang mampu mengatur besar tegangan dan arus, menguatkan arus, menyearahkan arus, serta fungsi lainnya. Pada hakikatnya, komponen elektronika senantiasa mengalami perkembangan dalam bentuk, struktur, dan fungsinya seiring dengan perkembangan teknologi sehingga saat ini komponen elektronika memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga efisien digunakan pada berbagai rangkaian elektronik.

Last modified: Saturday, 23 September 2023, 9:02 AM