Placed Feature

Placed Feature atau Fitur Tempatan adalah fitur-fitur pemodelan 3D dengan mengubah bentuk solid menggunakan operasi boolean dengan fitur 3D lain.

Hole Feature

=================

Video berikut ini menunjukkan bagaimana memodelkan fitur pembuatan berbagai jenis lubang pada Autodesk Inventor. Hole feature memungkinkan kita untuk sekaligus membuat lubang buntu dan lubang tembus, lubang countersink, counterbore, dan lubang ulir dalam. Video dimulai pada menit ke 0:48 dari video Youtube yang disematkan.

Menit 0:48 menginisiasi video dengan membuat sket dan menempatkan point atau titik untuk pembuatan lubang. Anda dapat membayangkan bahwa titik ini dibuat dengan penitik sebelum dilubangi dengan mata bor pada aplikasi sesungguhnya.

Circular Pattern

=================

Video berikut ini menunjukkan salah satu aplikasi fitur Circular Pattern, yang digunakan untuk memodelkan lubang baut pada sebuah kopling flens. Circular Pattern menyalin suatu bentuk (fitur) 3D menjadi jumlah jamak dengan pola melingkar terhadap suatu sumbu yang telah ditetapkan. Video dimulai pada menit ke 2:24 dari video Youtube yang disematkan.

Menit 2:24 menginisiasi video dengan menjelaskan bahwa materi yang dijelaskan dalam video tersebut adalah mengenai pemodelan part kompleks, yaitu bagian fork.

Menit 2:50 menjelaskan mengenai fitur chamfer. Dilanjutkan pada menit 3:52 tentang fitur Extude menggunakan profil sketch kompleks. Lalu membuat fitur Sweep pada menit 9:30. Menit 4:49 memperkenalkan penggunaan Work Plane untuk digunakan pada fitur loft yang dijelaskan pada menit 19:20. Pada menit 21:55 diunakan perintah mirror untuk menyalin fitur komponen. Dan terakhir pada ment 23:31 ditunjukkan cara membuat lubang dengan perintah Hole.

Rectangular Pattern

=================

Video berikut ini menunjukkan salah satu aplikasi fitur Rectangular Pattern, yang digunakan untuk memodelkan tonjolan (peg) pada sebuah plat segiempat. Rectangukar Pattern menyalin suatu bentuk (fitur) 3D menjadi jumlah jamak dengan pola segiempat, dengan mentapkan jumlah obyek dalam arah baris dan kolom, dan jarak masing-masing obyek salinan pada arah tersebut. Video dimulai pada menit ke 1:05 dari video Youtube yang disematkan.

Last modified: Sunday, 16 December 2018, 11:22 AM