Weekly outline

  • General

    Mata kuliah Computer Aided Design (MES 6226) merupakan mata kuliah 2 SKS.

    Mata kuliah ini ditawarkan pada Semester 3.

  • Pendahuluan

  • Sistem Koordinat pada CAD

    Topik ini membahas mengenai sistem koordinat yang digunakan pada perangkat lunak CAD, yaitu Autodesk Inventor.  Silakan Anda cermati pokok bahasan pada topik ini, kemudian pelajarilah modul PDF yang disediakan. Manfaatkan media video yang disematkan untuk menambah pemahaman Anda. Kemudian berlatihlah dengan panduan Tutorial yang ada.

    Untuk mengetahui penguasaan materi dan pemahaman Anda terhadap konsep Sistem Koordinat CAD, cobalah mengerjakan quiz yang ada. Selamat belajar dan berlatih!

  • Sket untuk membuat bentuk geometris

    sketch

    Salam Super! Bagaimana kabar Anda hari ini? Tetap bersemangat pasti ya.

    Pertemuan sebelum ini Anda telah memahami dan mampu menggunakan Sistem Navigasi yang ada pada CAD. Pengetahuan tersebut akan sangat membantu nantinya ketika kita membuat model-model 3D atau rakitan 3D. Sekarang kita akan membahas mengenai penggunaan fitur Sketch dalam proses pemodelan. Sketch merupakan dasar dari semua model 3D. Bayangkan Anda mempunyai bentuk geometri atau profil dalam kertas (2 Dimensi), kemudian dengan menambahkan fitur pada geometri atau profil tersebut, Anda akan menghasilkan sebuah model 3D dasar. Dari model 3D dasar ini nanti masih kita tambahkan fitur-fitur pemodelan sehingga hasil akhirnya sesuai dengan bentuk model 3D yang kita inginkan.

    • Modul 2 - Mode Sketch File 228KB PDF document
  • Pemodelan Benda Tiga Dimensi

    part

    Selamat Pagi! Makin bersemangat ya!

    Ya, Anda telah mampu membuat sketch dan mengatur bentuknya sehingga dapat digunakan sebagai dasar model 3D. Dari Sketch atau profil tersebut dapat kita tambahkan Sketch Feature, dengan Extrude, Revolve dan lain sebagainya. Setelah Anda menambahkan fitur pada Sketch, maka akan terbentuk model 3D yang kita namakan Solid. Mode Part dapat mengakomodasi pembuatan single solid maupun multibody part (multi-solid). Setelah bentuk dasar Solid didapatkan, maka kita dapat menambahkan Placed Feature sehingga terbentuk suatu Part sesuai dengan desain yang kita inginkan. Tunggu apa lagi? Segera pelajari Materi-nya ya...

    • Modul 3 - Mode Part File 273.2KB PDF document
  • Pemodelan 3D Tingkat Lanjut

    complex-part-smallSalam 3D! 

    Sekarang tentunya Anda telah dapat memodelkan bentuk geometri 3D yang umum. Namun untuk bentuk-bentuk yang rumit, kompleks, Anda akan membutuhkan tool dengan kemampuan yang lebih tinggi. Dalam topik ini akan dibahas mengenai pemodelan-pemodelan 3D tingkat lanjut. 

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

    Salam,

    Anda telah menyelesaikan materi pada pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-7. Sesuai jadwal perkuliahan pada RPS yang telah disampaikan di atas, pada pertemuan ke-8 ini Anda akan melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS). Materi yang diujikan pada UTS ini adalah semua materi yang telah disampaikan dan telah Anda pelajari sampai pertemuan ke-7.

    Ujian Tengah Semester dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah ujian teori tentang pemodelan 3D menggunakan CAD. Ujian ini menggunakan resource Quiz pada LMS Moodle ini. Anda diberikan waktu selama 30 menit untuk mengerjakan 30 soal pilihan ganda. Ujian teori ini hanya diberikan 1 kali kesempatan mengerjakan. Sesi kedua adalah ujian Praktek memodelkan Part 3D menggunakan Autodesk Inventor. Waktu pengerjaan 180 menit.

  • Pemodelan Assembly

    assy

    Semangat Pagi!

    Apakah Anda berhasil melalui UTS dengan mudah? Selamat ya... Namun a
    pabila UTS kemarin masih cukup sulit untuk Anda, saya sarankan Anda melihat-lihat kembali semua materi yang telah disampaikan.

    Nah sekarang dengan semangat baru, mari kita lanjutkan materi pemodelan 3D dan desain menggunakan CAD! Setelah Anda dapat memodelkan berbagai bentuk Part 3D, maka Anda mempunyai modal awal untuk membuat sebuah Assembly atau rakitan. Dalam assembly, Part-part yang kita modelkan akan dirangkai menjadi satu kesatuan, menggunakan fitur-fitur assembly yang mirip dengan kondisi riil. Part-part tersebut menjadi komponen-komponen penyusun suatu assembly atau sub-assembly. Namun sebelumnya, Anda perlu memahami konsep Derajat Kebebasan, hubungan antar Part dalam Assembly, dan fungsi perakitan. Mari kita mulai!

    • Modul 4 - Mode Assembly File 155.7KB PDF document
  • Gambar2

  • Desain untuk Printer 3D

    • Rapid Prototyping File 155.7KB PDF document
  • Presentasi CAD

    inventor_presentation

    Selamat Pagi!

    Sampai di sini, Anda telah menguasai semua yang dibutuhkan untuk membuat model 3D, baik itu komponen tunggal (Part) maupun rakitan beberapa komponen (Assembly). Anda juga telah mempelajari  bagaimana cara mendokumentasikan model 3D tersebut menjadi Gambar Teknik atau Gambar Kerja yang sesuai standar ISO. Nah, khusus untuk Assembly, software CAD umumnya telah menyediakan alat untuk membuat animasi guna menampilkan bagaimana cara atau proses merakit dan menguraikan assembly. Animasi ini dapat disimpan dalam bentuk video, sehingga dapat digunakan untuk mempresentasikan cara perakitan dan penguraian assembly tersebut. Keluaran yang lain adalah suatu Gambar Terurai (Exploded View Drawing) yang umum terdapat pada buku Manual guna memperlihatkan semua komponen dan spare part pada suatu mesin sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan perawatan atau perbaikan mesin (assembly).

    Mari kita buat video-nya! 

  • UJIAN AKHIR SEMESTER

    Salam,

    Selamat! Anda telah menyelesaikan semua materi hingga pertemuan ke-15. Sesuai jadwal perkuliahan, pada pertemuan ke-16 ini Anda akan melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS). Materi yang diujikan pada UAS ini adalah semua materi yang telah disampaikan dan telah Anda pelajari sampai pertemuan ke-15.

    Ada dua sesi ujian pada UAS ini. Sesi pertama adalah ujian teori. Ujian ini menggunakan resource Quiz pada LMS Moodle. Anda diberikan waktu selama 45 menit untuk mengerjakan 50 soal pilihan ganda. Ujian teori ini hanya diberikan 1 kali kesempatan mengerjakan. Sesi kedua adalah ujian Praktek memodelkan assembly 3D, membuat video perakitan, dan membuat Gambar Exploded View dilengkapi dengan Bill of Material menggunakan Autodesk Inventor.