1.3 Abstraksi Data

Dalam basis data dikenal istilah abstraksi data. Abstraksi data merupakan tingkatan atau level bagaimana pemangku kepentingan (stakeholders) melihat data dalam sebuah sistem basis data.

 

Secara umum abstraksi data memiliki tiga buah level sebagai berikut.

1. Level Fisik (Physical level)

Level abstraksi data yang merepresentasikan data secara fisik dalam bentuk kumpulan bit data (1 dan 0). Sekumpulan bit data basis data secara fisik ini tersimpan dalam media penyimpanan internal suatu sistem komputer. Level ini termasuk cara pandang stakeholder pembuat perangkat sistem komputer dan peripheral pendukungnya.

2. Level Lojik (Conceptual level)

Level abstraksi data yang merepresentasikan data-data apa yang sebenarnya secara konseptual tersimpan dalam basis data dan hubungannya (relasi) dengan data-data lain dalam suatu basis data. Level ini termasuk cara pandang stakeholder perancang basis data yang akan digunakan dalam suatu DBMS.

3.      Level Penampakan (View level)

Level abstraksi data yang merepresentasikan informasi apa saja yang tersimpan dan dapat ditampilkan kepada pengguna akhir sesuai kebutuhan informasi dalam suatu basis data. Level ini termasuk cara pandang pengguna akhir (end-user) yang membutuhkan informasi yang bermanfaat.

https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547977/mod_page/content/5/gb%20abstraksi-data.jpg

Gambar 6. Abstraksi Data

Last modified: Wednesday, 6 November 2019, 9:53 PM