1.4 Komponen Sistem Basis Data

Kita pahami bahwa basis data tidak berdiri sendiri, tetapi bagian dari suatu sistem basis data yang memungkinkan basis data dapat bekerja secara baik. Apa itu sistem ? Sistem adalah sebuah tatanan (keterpaduan) dari sejumlah komponen fungsional yang saling berhubungan dan berkerja bersama-sama untuk memenuhi suatu proses atau menyelesaikan pekerjaan tertentu.

 

https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547978/mod_page/content/6/gb%20komponen_bd.JPG

Gambar 7. Komponen Basis Data Relasional

 

Komponen basis data relasional dijelaskan sebagai berikut.

  1. Perangkat Keras (Hardware)
  2. Personal Computer (PC) standar, perangkat media penyimpanan dan komunikasi untuk sistem jaringan.

  3. Sistem Operasi (Operating System)
  4. Perangkat lunak Operating System (OS) standar untuk mengaktifkan dan mengendalikan seluruh sumber daya, serta operasi komputasi dasar dalam sistem komputer.

  5. Basis Data (Database)
  6. Desain dan objek database yang merepresentasikan kebutuhan penyimpanan data dan informasi pada suatu sistem informasi. Basis data terdiri dari objek database, tables, indexs, relations, dan data.

  7. DBMS (Database Management System)
  8. Perangkat lunak DBMS yang digunakan untuk mengelola basis data dan mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Contoh DBMS yang banyak digunakan adalah MySQL, PostgreSQL, SQL Server, Oracle, Sybase.

  9. Pengguna (User)
  10. Orang-orang yang berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari perancang basis data, administrator basis data, input data atau operator hingga pengguna akhir.

  11. Perangkat Lunak Bantu (Additional Software)
  12. Perangkat lunak pelengkap yang mendukung basis data. Perangkat lunak ini bersifat opsional seperti Crystal Report untuk desain pelaporan informasi.

Last modified: Monday, 11 November 2019, 10:13 AM