2.1 Pengertian Diagram ER

Pemodelan data melalui Diagram ER merupakan model konseptual yang menggambarkan kebutuhan himpunan data (entitas) apa saja yang harus ada dalam basis data relasional yang merepresentasikan suatu sistem, dan atribut-atribut yang melekat pada masing-masing entitas, serta hubungan (relasi) antar entitas. Sehingga Diagram ER menjawab tiga pertanyaan utama yaitu : himpunan data (entitas) apa saja yang diperlukan ?, atribut-atribut apa saja yang menjadi karakteristik dari suatu entitas ?, dan bagaimana baris data (record) pada satu entitas berhubungan dengan baris data pada entitas yang lain ?.

Gambar 6 menunjukkan contoh Diagram ER secara konvensional tanpa bantuan tools pemodelan, dan Gambar 7 menunjukkan contoh Diagram ER dengan bantuan tools pemodelan Sybase Power Designer (selanjutnya disebut Conceptual Data Model atau CDM). Berdasarkan kedua desain model tersebut dapat diberikan kesimpulan bahwa pemodelan data menggunakan Diagram ER (ERD) dan CDM memiliki komponen dan substansi yang sama dalam menggambarkan entitas-entitas yang terlibat, atribut-atribut yang melekat pada entitas, dan relasi-relasi yang terbentuk antara dua entitas. Perbedaannya hanya pada penambahan tipe data pada masing-masing atribut dalam model CDM, cara menyajikan dan media visualisasinya.

 

 https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547979/mod_page/content/5/gb6-erd-sia.JPG

Gambar 6. Diagram ER Sistem Informasi Akademik

 

https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547979/mod_page/content/5/gb7-cdm-sia.JPG

Gambar 7. Conceptual data Model (CDM) Sistem Informasi Akademik

 

Diagram ER dibentuk dari tiga komponen utama yaitu Entitas (Entity), Atribut (Attribute), Relasi (Relationship). Setiap komponen tersebut memiliki notasi simbol untuk menggambarkan struktur dan hubungan antar data. Penjelasan komponen entitas, atribut, relasi, dan notasi simbol sebagai berikut :

 

a.     ENTITAS

Entitas adalah objek yang mewakili satu himpunan data yang sejenis baik secara fisik maupun konsep yang berkaitan dengan suatu sistem tertentu. Gambar 6 dan Gambar 7 menunjukkan bahwa pada Sistem Informasi Akademik (SIA) terdapat empat entitas yaitu MataKuliah, Mahasiswa, Jurusan, Dosen. Masing-masing entitas merepresentasikan himpunan data yang berbeda, meskipun memiliki hubungan (relasi) antara satu entitas dengan entitas lainnya.

 

Tinjauan sifat fisik dan konsep dari entitas dalam SIA sesuai Gambar 6 dan Gambar 7 dapat diperhatikan tetapi tidak ada perlakuan yang berbeda dari kedua sifat tersebut.

  •  Entitas Fisik terdiri dari Mahasiswa, Dosen.

Fisik dimaknai bahwa kedua entitas (Mahasiswa, Dosen) berisi himpunan data yang secara fisik dapat dilihat secara jelas melalui indera.

  •  Entitas konsep terdiri dari MataKuliah, Jurusan.

Konsep dimaknai bahwa kedua entitas (MataKuliah, Jurusan) berisi himpunan data yang secara fisik tidak dapat dilihat tetapi secara konsep ada.


Perhatikan Gambar 6 dan Gambar 7, notasi entitas dalam Diagram ER berbentuk kotak dan didalamnya terdapat nama entitas saja. Sedangkan notasi entitas dalam Conceptual Data Model (CDM) berbentuk kotak yang didalamnya terdapat nama entitas dan atribut-atributnya.

 

b.     ATRIBUT

Atribut adalah karakteristik dari suatu entitas. Setiap entitas memiliki atribut-atribut yang mendeskripsikan karakteristik dari suatu entitas. Karakteristik merujuk pada bagian-bagian data spesifik yang mewakili suatu entitas. Sebagai contoh pada entitas MAHASISWA (MHS), bagian-bagian data spesifik (atribut) dari data mahasiswa meliputi : NIM, NAMA, TGLAHIR, dan atribut-atribur lain yang spesifik mewakili data mahasiswa. Selain dari bagian data spesifik tersebut bukan menjadi bagian dari entitas mahasiswa.

 

Berdasarkan Gambar 6, daftar entitas dan atribut-atribut yang melekat pada masing-masing entitas secara keseluruhan sebagai berikut :

 

    • MATAKULIAH (KODEMK, MK, SKS, SMT)
    • MHS (NIM, NAMA, TGLAHIR)
    • JURUSAN (KODEJRS, JURUSAN, JENJANG)
    • DOSEN (NIP, NAMADS, KOTA)

 

Pada Gambar 7 terdapat tambahan penentuan Tipe Data. Tipe Data menyatakan jenis data yang bisa disimpan dalam atribut tersebut. Sebagai contoh atribut NIM memiliki tipe data Character(10), artinya hanya data karakter/string dengan panjang maksimal 10 karakter yang bisa disimpan dalam atribut NIM. Tipe data Character terdiri dari kumpulan string huruf, string angka, kombinasi string huruf dan angka. Selanjutnya tipe data akan dijelaskan dalam sub-bab terpisah.

Berdasarkan Gambar 7, daftar entitas, atribut dan tipe datanya secara keseluruhan sebagai berikut :

 

    • MATAKULIAH (KODEMK Characters (4), MK Variable Characters (50), SKS Integer, SMT Characters (1))
    • MHS (NIM Character (10), NAMA Variable Characters (70), TGLAHIR Date)
    • JURUSAN (KODEJRS Characters (3), JURUSAN Variable Characters (50), JENJANG Variable Characters (4))
    • DOSEN (NIP Characters (16), NAMADS Variable Characters (50), KOTA Variable Characters (50))

 

Perhatikan Gambar 6 dan Gambar 7, notasi atribut dalam Diagram ER berbentuk bulat dan didalamnya terdapat nama atribut. Sedangkan notasi atribut dalam Conceptual Data Model (CDM) berada dalam kotak dibawah nama entitasnya.

 

c.     RELASI

Relasi menyatakan hubungan antar entitas dan atau entitas itu sendiri (rekursif). Idealnya relasi terjadi antara dua entitas berbeda yang memiliki hubungan tertentu.

 

Sebagai contoh relasi MEMILIKI merelasikan antara entitas MAHASISWA dan entitas JURUSAN. Relasi MEMILIKI secara visual dapat dilihat pada Gambar 8. Perhatikan dan sesuaikan dengan ilustrasi data agar dapat diketahui relasi atau hubungan antara kedua entitas dijelaskan sebagai berikut.

 

    • Pada entitas MAHASISWA, tiga baris data (record) dengan dengan NIM 2017063001, 2017063002, 2017063003 berelasi dengan satu baris data (record) pada entitas JURUSAN dengan KODEJRS 063.
    • Pada entitas MAHASISWA, tiga baris data (record) dengan dengan NIM 2018065001, 2018065002, 2018065003 berelasi dengan satu baris data (record) pada entitas JURUSAN dengan KODEJRS 065.

 

 https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547979/mod_page/content/5/gb8-visualisasi-relasi.JPG

Gambar 8. Visualisasi Relasi Antara MAHASISWA dan JURUSAN

Visualisasi relasi dalam bentuk garis panah dalam Gambar 8 menunjukkan adanya relasi MEMILIKI antara entitas MAHASISWA dan JURUSAN, dimana mahasiswa memiliki jurusan dan jurusan dimiliki oleh mahasiswa. Jika visualisasi tersebut ditarik sebelum implementasi data yaitu pada model konseptual dalam Diagram ER ditunjukkan Gambar 9 dan Conceptual Data Model ditunjukkan Gambar 10 sebagai berikut ini.

 

 https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547979/mod_page/content/5/gb8-visualisasi-relasi.JPG


Gambar 9. Diagram ER (Relasi MEMILIKI)

 https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547979/mod_page/content/5/gb_relasi_memiliki_cdm.JPG


Gambar 10. Conceptual Data Model (Relasi MEMILIKI)


Last modified: Monday, 11 November 2019, 10:51 AM