Kawasan Pemanfaatan

Kawasan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan



Kawasan Pemanfaatan: Aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Meliputi pemanfaatan media, difusi inovasi, implementasi dan institusionalisasi, kebijakan dan regulasi.

Kawasan pemanfaatan disebutkan oleh Seels dan Richey sebagai kawasan tertua di antara kawasan lain. Kawasan pemanfaatan sering terkena “imbas” kemajuan teknologi dan kebijakannya. Prosedur pemanfaatan merupakan rangkaian kegiatan yang panjang, proses yang memerlukan kerja keras dan kerja sama pihak terkait, guru, pemerintah, pelaksana di la-pangan, dan seterusnya. Secara mikro, kawasan pemanfaatan dan kegiatan pembelajaran pe-manfaatan terkait dengan pemilihan strategi pembelajaran, bahan dan peralatan media untuk meningkatkan suasana pembelajaran. Kawasan pemanfaatan mencakup :


  1. Pemanfaatan Media, dengan batasan “... penggunaan yang sistematis dari sumber untuk belajar”. Dalam hal ini, urutan, karakteristik peserta didik, lingkungan belajar merupakan beberapa aspek yang harus diperhatikan.
  2. Difusi Inovasi, “... proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tuju-an untuk diadopsi”. Tujuan difusi inovasi adalah agar suatu medium dapat diterima dan digunakan dalam pembelajaran sehari-hari, tanpa ada keterpaksaan dari pihak ma-na pun. Komunikasi yang mulus menjadi kunci dari suatu difusi. Dampaknya adalah perubahan, atau penerimaan suatu inovasi.
  3. Implementasi dan Pelembagaan, merupakan “ ... penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasikan). Adapun pe-lembagaan salah penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi”. Implementasi menunjuk pada kegiatan penggunaan yang efektif dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan pelembagaan ada-lah adanya penerimaan di mana teknologi itu menjadi bagian dari organisasi kepen-didikan tersebut.
  4. Kebijakan dan Regulasi, sebagai aturan dan tindakan nyata dari pengguna atau dari pembuat keputusan untuk menerima inovasi (dalam teknologi pembelajaran). Tan-tangan dan hambatan yang muncul sering kali terpaut pada masalah ekonomi, atau anggaran, serta stagnasi informasi tentang inovasi itu sendiri.

Last modified: Friday, 16 October 2020, 5:31 AM