Pembagian Sistem Rangka

Kerangka aksial membentuk sumbu pusat vertikal tubuh yang mencakup semua tulang kepala, leher, dada, dan punggung . Ini berfungsi untuk melindungi otak, sumsum tulang belakang, jantung, dan paru-paru. Selain itu, juga berfungsi sebagai tempat perlekatan untuk otot-otot yang menggerakkan kepala, leher, dan punggung, dan untuk otot-otot yang bertindak melintasi sendi bahu dan pinggul untuk menggerakkan anggota badan yang sesuai.
Kerangka aksial pada orang dewasa terdiri dari 80 tulang, terdiri dari tengkorak,vertebra kolumnar/tulang belakang, dan torakalis (Rongga dada). Tengkorak dibentuk oleh 22 tulang yang terhubung. selain itu tujuh tulang tambahan yang terhubung dengan kepala, yaitu tulang hyoid (ditemukan di atas leher ) dan tulang kecil pada telinga (tiga tulang kecil ditemukan di setiap telinga tengah).  Belakang/kolumnar vertebra terdiri dari 24 tulang, masing-masing disebut vertebra, ditambah vertebra yang menyatu dari sakrum dan tulang ekor. Rongga dada mencakup 12 pasang tulang rusuk, dan tulang dada.

Gambar 1. Kerangka Akasial dan Apendiks

Kerangka appendicular mencakup semua tulang tungkai atas dan bawah, ditambah tulang-tulang bahu/pktoral dan tulang panggul yang menempel di setiap tungkai kerangka aksial. Ada 126 tulang di kerangka apendikular pada orang dewasa. Bagian bawah kerangka appendikular khusus untuk stabilitas selama berjalan atau berlari. Sebaliknya, bagian atas kerangka appendicular memiliki mobilitas dan rentang gerak yang lebih besar, alat yang memungkinkan untuk mengangkat dan membawa objek.


Last modified: Tuesday, 19 January 2021, 10:20 AM