PERANAN DAN FUNGSI PENCERNAAN

     Digesti (pencernaan) adalah proses pemecahan zat-zat makanan sehingga dapat diabsorpsi oleh saluran pencernaan. Proses digesti meliputi: (1) pengambilan makanan (prehensi), (2) memamah (mastikasi), (3) penelanan (deglutisi), (4) pencernaan (digesti), dan (5) pengeluaran sisa-sisa pencernaan (egesti). Berdasarkan proses pencernaannya dapat dibedakan menjadi digesti makanan secara mekanis, enzimatis, dan mikrobiotis.

Fungsi sistem pencernaan adalah memecah makanan yang Anda makan, melepaskan nutrisi, dan menyerap nutrisi tersebut ke dalam tubuh. Meskipun usus kecil adalah merupakan organ yang berkerja kera dalam sistem pencernaan, di mana sebagian besar pencernaan terjadi, dan di mana sebagian besar nutrisi yang dikeluarkan dan diserap ke dalam darah atau getah bening, setiap organ sistem pencernaan  berperan penting dalam proses ini.

Proses pencernaan makanan terjadi secara fisik dan kimiawi, sehingga pencernaan makanan dibedakan atas pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi [3]. Pencernaan mekanik adalah proses penghancuran dan penggilingan makanan secara fisik menjadi potongan-potongan kecil. Proses penyerapan partikel-partikel makanan oleh tubuh dengan bantuan enzim pencernaan disebut pencernaan kimiawi.

Last modified: Friday, 30 April 2021, 3:33 AM