Pengertian dan peranan sistem urinaria

Urinaria adalah suatu sistem dimana terjadinya proses penyaringan darah sehingga darah bebas dari zat – zat yang tidak tidak dipergunakan oleh tubuh dan menyerap zat – zat yang masih dipergunakan oleh tubuh. 

Sistem urinaria merupakan sistem yang penting untuk membuang sisa-sisa metabolisma makanan yang dihasilkan oleh tubuh terutama senyawaan nitrogen seperti urea dan kreatinin, bahan asing dan produk sisanya. Sampah metabolisma ini dikeluarkan (disekresikan) oleh ginjal dalam bentuk urin. Urin kemudian akan turun melewati ureter menuju kandung kemih untuk disimpan sementara dan akhirnya secara periodik akan dikeluarkan melalui uretra.

Selain membersihkan darah dan membersihkan tubuh dari limbah, terdapat beberapa fungsi tambahan yang juga penting yaitu pengaturan pH, pengaturan tekanan darah (peran yang dibagi dengan jantung dan pembuluh darah), mengatur konsentrasi zat terlarut dalam darah, delapan puluh lima persen dari erythropoietin (EPO) yang diproduksi untuk merangsang produksi sel darah merah diproduksi di ginjal. Ginjal juga Berperan dalam sintesis akhir dari produksi vitamin D,yaitu  calcidiol menjadi calcitriol, bentuk aktif vitamin D.

Last modified: Tuesday, 12 January 2021, 5:21 AM