4.7. Pendekatan Stakeholder
Pendekatan stakeholder adalah cara mengamati dan menjelaskan secara analitik bagaimana berbagai unsur dipengaruhi dan mempengaruhi keputusan dan tindakan bisnis. Dasar pemikirannya adalah bahwa semua pihak yang mempunyai kepentingan dalam suatu kegiatan bisnis terlibat didalamnya karena ingin memperoleh keuntungan, maka hak dan kepentingan harus diperhatikan dan dijamin.
Pada umunya ada dua kelompok stakeholder yaitu :
1. Kelompok primer antara lain pemilik modal atau saham, kreditur, karyawan, pemasok, konsumen, penyalur , pesaing dan rekanan.
2. Kelompok sekunder antara lain pemerintah setempat, kelompok sosial, media massa, kelompok pendukung, masyarakat pada umumnya dan masyarakat setempat.
Dalam kegiatan bisnis, yang paling penting diperhatikan kelompok primer karena berhasil tidaknya suatu kegiatan perusahaan sangat ditentukan oleh relasi yang saling menguntungkan yang dijalin dalm suatu kelompok primer tersebut.