6.1 Syarat Tanggung Jawab Moral

Ada tiga syarat bagi tanggung jawab moral, yaitu :

  1. Tanggung Jawab mengandaikan bahwa suatu tindakan dilakukan dengan sadar dan tahu. Jadi para pelaku tahu mengenai baik dan buruk, jika ia tidak tahu dengan sendirinya ia tidak mempunyai tanggung jawab moral atas tindakannya
  2. Tanggung jawab juga mengandaikan adanya kebebasan pada tempat yang pertama, maksudnya tanggung jawab hanya mungkin relevan dan dituntut dari seseorang atas tindakannya kalau tindakannya dilakukan dengan bebas.
  3. Tanggung  jawab  juga  mensyaratkan  bahwa  orang  yang  melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu.

 Sehubungan dengan tanggung jawab moral berlaku prinsip yang disebut the principle of alternate posibilities, maksudnya seseorang bertanggung jawab secara moral atas tindakan yang telah dilakukan hanya kalau ia bisa bertindak secara lain atau tidak dalam keadaan terpaksa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa hanya orang yang berakal budi dan mempunyai kemauan bebas yang bisa bertanggung jawab atas tindakannya dan karena itu relevan untuk menuntut pertanggung jawaban moral darinya.

 


Last modified: Friday, 5 November 2021, 10:37 AM