6.4. Argumen Yang Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan

Dari keempat lingkup tanggung jawab sosial perusahaan diatas, lingkup pertama menimbulkan kontroversi yang hebat yang memperlihatkan dua pandangan yang saling bertentangan antara yang pro dan kontra perlunya keterlibatan sosial sebagai salah satu wujud tanggung jawab sosial perusahaan. Adapun argumenargumen yang menentang perlunya keterlibatan sosial adalah :

 

  • Tujuan utama bisnis adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya, maksudnya bagaimana perusahaan bisa memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan menggunakan sumber daya yang seefisien mungkin.
  •  Tujuan yang terbagi-bagi dan harapan yang membingungkan, maksudnya keterlibatan sosial sebagai wujud dan tanggung jawab sosial perusahaan akan menimbulkan minat dan perhatian yang beragan yang akhirnya akan mengacaukan pinpinan perusahaan sehingga dapat merugikan perusahaan
  • Biaya keterlibatan sosial, maksudnya perusahaan telah memberatkan masyarakat karena biaya ini pada akhirnya akan dibebankan dalam komponen produksi yang dihasilkan baik itu berupa barang maupun jasa.
  • Kurangnya tenaga yang terampil dan profesional, maksudnya perusahaan tidak profesional dalam membuat pilihan dan keputusan moral, maka dari itu dibutuhkan tenaga yang profesional untuk bidang tanggung jawab sosial dan ini akan mengakibatkan beban perusahaan bertambah.

Last modified: Friday, 5 November 2021, 10:44 AM