6.5. Argumen Yang Mendukung Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan

Beberapa argumen yang mendukung perlunya keterlibatan sosial perusahaan sebagai perwujudan tanggung jawan sosial perusahaan, yaitu :


a. Kebutuhan dan harapan masyarakat yang semakin berubah

Dengan kondisi yang semakin berkembang perusahaan sadar jika menginginkan keuntungan, maka perusahaan harus peka terhadap kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang tersebut.


b. Perimbangan Tanggung Jawab dan Kekuasaan

Bisnis sangat mempengaruhi lingkungan, karena itu tanggung jawab sosial perusahaan sangat dibutuhkan untuk mengimbangi dan mengontrol kekuasaan bisnis

 

c. Lingkungan sosial Yang Lebih Baik

 Kewajiban dan tanggung jawab moral dan sosial yaitu untuk memperbaiki lingkungan sosial yang lebih baik


d. Terbatasnya Sumber Daya Alam

 Perusahaan harus bisa menjaga sumber daya alam karena sumber daya alam akan berguna bagi kelangsungan hidup perusahaan dan perusahaan akan mengalami kesulitan jika sumber daya alam habis.

 

e. Bisnis mempunyai Sumber Daya Yang Berguna

 Selain memiliki sumber daya alam perusahaan juga memiliki sumber daya manusia yang mengelola, mengorganisir, menjalankan serta mengendalikan kegiatan perusahaan.

 

f. Keuntungan jangka Panjang.

Dengan kepedulian terhadap kepentingan masyarakat dan semua pihak yang terkait, dalam jangka pendek biaya yang akan dikeluarkan relatif tinggi tetapi untuk jangka panjang justru akan menguntungkan bagi perusahaan.



Last modified: Friday, 5 November 2021, 10:49 AM