Rangkuman: Literasi Informasi dan Life Long Learning

RANGKUMAN

Literasi informasi adalah seperangkat keterampilan atau kemampuan seseorang untuk mengetahui kebutuhan informasinya dan kapan informasi tersebut akan digunakan, mengetahui sumber informasi untuk menemukan informasi yang dibutuhkan hingga dapat menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang tepat, mengakses informasi secara efektif dan efisien termasuk pula pemahaman mengenai teknologi, memahami strategi dalam proses mencari dan menelusuri informasi, dapat memilih/menyeleksi dan mengevaluasi kualitas informasi, mampu menginterpretasikan secara kritis dan kemudian mengkomunikasikannya dilingkungan sosial (kemasyarakatan, kebudayaan dan politik) melalui etika yang baik dan bijak untuk memperoleh pengetahuan atau ilmu baru, dengan terkait instansi formal maupun informal berupa kependidikan (pembelajaran dan pemahaman). Sedangkan lifelong learning berarti ‘Pembelajaran seumur hidup’ adalah perilaku positif yang harus didapatkan dan sejalan dengan mindset positif juga. Keinginan untuk berubah dan rasa keingintahuan yang tinggi menjadi kunci untuk pembelajaran seumur hidup.

Minat adalah salah satu aspek psikis yang menghasilkan respons terhadap sesuatu sebagai bentuk kecenderungan setelah memilih atau melakukan suatu hal diantara pilihan yang tersedia, yang menyenangkan dan memberikan kepuasan tersendiri. Sedangkan membaca merupakan kegiatan mengeja atau melafalkan tulisan didahului oleh kegiatan melihat dan memahami tulisan. Dengan demikian minat baca adalah perpaduan antara keinginan, kemauan, dan motivasi. dapat dikaitkan sebagai dorongan yang timbul, gairah atau keinginan yang besar pada diri manusia yang menyebabkan seseorang menaruh perhatian pada kegiatan membaca. Terdapat dua aspek yang melatarbelakangi minat membaca, yaitu aspek kognitif dan aspek afektif.

Beberapa metode membaca yang dapat digunakan atau diterapkan, dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing, sehingga penggunaannya pun didasarkan pada kebutuhan atau bahkan perspektif masing-masing. Sementara itu, kebiasaan adalah sesuatu yang sudah biasa atau lazim dilakukan dan dilakukan terus-menerus, sesuatu yang dilakukan secara otomatis, bahkan bisa dilakukan tanpa berpikir. Dalam perspektif psikologi, kebiasaan merupakan salah satu bentuk dari teori belajar behavioristik. Sehingga dapat dikatakan bahwa kebiasaan membaca adalah kegiatan membaca yang sudah biasa atau lazim dilakukan secara berulang dengan intensitas tertentu.

Keterkaitan literasi informasi dan lifelong learning adalah hubungan informasi literasi secara primer dengan belajar seumur hidup dan kolaborasi antara pustakawan dengan seluruh lapisan masyarakat merupakan upaya yang penting dalam mewujudkan tahapan informasi literasi. Adapun hubungan keduanya akan saling menguntungkan karena dapat saling meningkatkan keterampilan masing-masing, seperti lebih terbuka pikirannya, berkualitas dan dalam komunitas lokal maupun internasional dapat berpartisipasi secara efektif. Sementara itu, perbedaan antara literasi informasi dan lifelong learning terletak pada teknisnya, dimana literasi informasi adalah seperangkat keterampilan, maka belajar seumur hidup adalah kebiasaan yang memerlukan seperangkat keterampilan tersebut.

Last modified: Wednesday, 23 March 2022, 11:24 AM