Modul Pembelajaran Pengantar Metode Penelitian Sejarah

Mempelajari sejarah di tingkat perguruan tinggi berbeda dengan belajar mata pelajaran sejarah di sekolah. Seringkali mahasiswa merasa bingung karena mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa narasi-narasi sejarah yang dulu mereka pahami dan yakini justru dipertanyakan kembali kebenarannya. Belajar di sekolah sumber utama informasi adalah guru dan buku-buku pegangan yang direkomendasikan guru. Sedangkan di perguruan tinggi tidak ada buku patokan yang wajib dibaca. Mahasiswa lebih dituntut untuk memperdalam ilmu sejarah melalui berbagai literatur sehingga mendapatkan sebuah generalisasi kebenaran atau disebut “intersubjektivitas”. Tidak hanya “menikmati” cerita-cerita yang ada didalam buku sejarah saja, mahasiswa jurusan sejarah dituntut untuk bisa merekonstruksi masa lampau untuk menghasilkan narasi sejarah yang obyektif.

Tidak ada yang jelek dengan masa lalu, dan yang jelek adalah orang yang tidak mau belajar pada masa lalu. Bagaimana masa lalu dapat diketahui, tentu saja harus ada orang yang merekam dan merekonstruksinya. Oleh karena itu, penulis sejarah adalah penyelamat sejarah

itu sendiri. Artinya, hasil tulisannya dapat dijadikan pembelajaran bagi manusia untuk menciptakan sejarahnya. Tulisan sejarah menunjukkan kepada manusia tentang kesadaran masa lalu, masa kini, dan kesadaran tentang apa yang harus diperbuat untuk masa yang akan datang. Sejarah akan baik kepada kita, karena kita mau belajar dari sejarah. Sementara itu, sejarah masa lalu dapat diketahui apabila ia ditulis dan ada yang mau menulisnya. Tentu saja, dapat diterjemahkan bahwa penulis sejarah adalah pahlawan, karena dengan hasil tulisannya ia dapat menyelamatkan umat manusia dari kesesatan.

Untuk menyampaikan informasi masa lalu yang benar dan valid memang ini tugas berat yang harus dijalani penulis sejarah. Banyak unsur yang harus dipenuhi penulis sejarah. Selain harus ulet, sabar, jujur, dan tulus, maka penguasaan metodologi tentu saja bagian yang pokok yang harus dikuasai penulis sejarah. Penulisan sejarah yang dilandasi dengan penguasaan metodologi tentu akan menghasilkan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Silahkan mahasiswa mengunduh modul pembelajaran yang sudah tersedia pada LMS, lalu pelajari dengan cermat dan seksama modul pembelajarannya!!!

Click modul pertemuan 1.pdf link to view the file.