capital structure theory, soal dan jurnal

Menurut J. Fred Weston dan Thomas E Copeland (1996) mengatakan bahwa struktur modal adalah pembiayaan permanen yang terdiri dari utang jangka panjang, saham preferen, dan modal pemegang saham. Sedangkan Menurut Farah Margaretha (2004), struktur modal menggambarkan pembiayaan permanen perusahaan yang terdiri atas utang jangka panjang dan modal sendiri.  Struktur modal menjadi masalah yang penting bagi perusahaan karena baik buruknya struktur modal akan mempunyai efek langsung terhadap posisi finansial perusahaan. Terdapat beberapa teori menyangkut struktur modal diantaranya adalah: 

1. Teori Pendekatan Tradisional

Pendekatan Tradisional berpendapat akan adanya struktur modal yang optimal. Artinya struktur modal memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, di mana struktur modal dapat berubah-ubah agar bisa diperoleh nilai perusahaan yang optimal.

2.Teori Pendekatan Modigliani & Miller

Dalam teori ini berpendapat bahwa struktur modal tidak memengaruhi perusahaan. Selanjutnya, teori membagi struktur modal menjadi dua, yaitu:

a. Teori MM Tanpa Pajak

Teori struktur modal modern yang pertama adalah teori Modigliani dan Miller (teori MM). Mereka berpendapat bahwa struktur modal tidak relevan atau tidak memengaruhi nilai perusahaan. MM mengajukan beberapa asumsi untuk membangun teori mereka (Brigham dan Houston, 2001, p.31) yaitu:

·        Tidak terdapat agency cost

·        Tidak ada pajak

·        Investor dapat berhutang dengan tingkat suku bunga yang sama dengan perusahaan

·        Investor mempunyai informasi yang sama seperti manajemen mengenai prospek perusahaan di masa depan

·        Tidak ada biaya kebangkrutan

·        Earning Before Interest and Taxes (EBIT) tidak dipengaruhi oleh penggunaan dari hutang

·        Para investor adalah price-takers

·        Jika terjadi kebangkrutan maka aset dapat dijual pada harga pasar (market value)

b. Teori MM dengan Pajak

Teori MM tanpa pajak dianggap tidak realistis dan kemudian MM memasukkan faktur pajak ke dalam teorinya. Pajak dibayarkan kepada pemerintah yang berarti merupakan aliran kas keluar. Utang bisa digunakan untuk menghemat pajak, karena bunga bisa dipakai sebagai pengurang pajak.

c. Miller dengan pajak perusahaan dan pajak perorangan. 

Pajak pribadi ini adalah pajak penghasilan dari saham dan pajak pengasilan dari obligasi.


Click pertemuan 5.pdf link to view the file.