Capital Structure Theory - traditional dan kontemporer

#  Teori struktur modal perusahaan menjelaskan apakah perubahan komposisi pendanaan akan mempengaruhi nilai perusahaan, bila keputusan investasi dan kebijakan dividen dipegang konstan.

# Struktur modal dalam pasar persaingan sempurna dan tidak ada pajak penghasilan, MM menunjukkan bahwa struktur modal tidak mempengaruhi nilai perusahaan.

# Proses arbitrage akan memaksa nilai perusahaan yang menggunakan hutang sama dengan nilai perusahaan yang tidak menggunakan hutang.

# Sebaliknya, bila mulai dipertimbangkan adanya faktor pajak, maka MM menunjukkan bahwa penggunaan hutang akan selalu lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan penggunaan modal sendiri. Hal ini disebabkan oleh sifat tax deductibility of interest payment. Sebagai akibatnya, bila pasar modal persaingan sempurna dan ada pajak. Maka struktur modal optimal adalah struktur modal yang menggunakan hutang sebesar-besarnya. (walaupun pernyataan tersebut mengundang banyak ketidaksepakatan, terkait asumsi-asumsi yang dipergunakan).

# jika ada kebijakan perpajakan, maka struktur modal dengan menggunakan hutang sebanyak-banyaknya tidaklah merupakan struktur modal optimal.

# faktor keengganan kreditur untuk memberikan kredit yang makin banyak akan membuat perusahaan sulit untuk bekerja dengan extrem leverage.

# faktor personal tax juga akan mempengaruhi apakah sumber dana yang dipergunakan akan berbentuk modal sendiri ataukah hutang.

# Bila pemodal lebih menyukai membeli saham, maka bagi perusahaan tentu akan lebih mudah untuk menerbitkan saham. Sekelompok pemodal mungkin lebih memimilih saham, karena mereka dapat menunda pembayaran personal tax mereka.

# Myer dan Majlu mengemukakan teori struktur modal yang didasarkan atas asimetri informasi.

Teori tersebut disebut sebagai pecking order theory.

Teori tersebut menjelaskan mengapa perusahaan menyukai internal financing dari pada external financing.

Jika perusahaan akan menggunakan external financing, maka perusahaan akan memilih menggunakan hutang terlebih dahulu. Dan ekuitas akan menjadi pilihan alternatif paling akhir.#


Click pertemuan 6.pdf link to view the file.