Manajemen Kearsipan
MADZIATUL CHURIYAH

Manajemen Kearsipan

Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Capaian pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu merancang dan mempraktekkan manajemen kearsipan dalam perkantoran. Ruang lingkup mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar kearsipan, pengorganisasian arsip, peralatan dan perlengkapan pengarsipan, prosedur pencatatan dan pendistribusian arsip, prosedur penyimpanan arsip, sistem penyimpanan arsip, penilaian dan penyusutan arsip, pemakaian arsip dan komputerisasi arsip
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep manajemen kearsipan
  • 2. Mampuh menganalisis permasalahan dalam manajemen kearsipan serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif
  • 3. Terampil mengaplikasikan sistem penyimpanan arsip sesuai dengan prosedur penyimpanan arsip
Daftar Pustaka:
  • 1) Amsyah,Zulkifly.2003. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  • 2) Barthos, Basir. 2005. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara
  • 3) Endang, Sri. Mulyani, Sri & Suyetty. 2006. Modul Menjaga dan Mengelolah Sistem Kearsipan Untuk SMK & MAK.Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • 4) Suputra, I Nyoman. 2009. Buku Ajar Manajemen Kearsipan. Malang: Universitas Negeri Malng, Fakutas Ekonomi, Jurusan Manajemen
  • 5) Suraja, Yohanes.2006. Manajemen Kearsipan. Malang: Penerbit Dioma

Pengembangan Media Pengajaran ADP berbasis TIK
MOHAMMAD ARIEF

Pengembangan Media Pengajaran ADP berbasis TIK

Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
M-M
Deskripsi:

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang pengembangan media dan inovasi pembelajaran, yang dimulai dari konsep dasar media dan inovasi pembelajaran, desain, pengembangan dan trampil menghasilkan serta mempresentasikan media pembelajaran administrasi perkantoran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)



Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami hakikat media dan peranannya dalam pembelajaran Administrasi Perkantoran

  • Mahasiswa mampu memahami klasifikasi dan karakteristik media Pembelajaran Administrasi perkantoran

  • Mahasiswa mampu memahami fungsi dan penggunaan TIK dalam merancang Media untuk inovasi pembelajaran administrasi perkantoran

  • Mahasiswa mampu memahami prosedur pemilihan media dan perancangan pembelajaran administrasi perkantoran berbasis TIK

  • Mahasiswa mampu memahami dan memproduksi media pembelajaran Administrasi perkantoran berbasis TIK

Daftar Pustaka:
  • Dina Indriana, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, 2011,DIVA Press, Yogyakarta

  • Daryanto, Media Pembelajaran, 2010, Penerbit Gava Media, Yogyakarta

  • Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, 2013, Penerbit Alfa Beta, Bandung

  • Widada, HR, Multimedia Interaktif Untuk Guru & Profesional, 2010, Pustaka Widyatama, Yogyakarta

  • -------------, Kitab Suci Komputer Multimedia, 2011. Penerbit MediaKom, Yogyakarta

  • Wahana Komputer, Microsoft Word, Excell, PowerPoint & OutLook untuk Sekretaris Perkantoran, 2011, Penerbit Andi, Yogyakarta

  • Rachmad Hakim S, Cara Cerdas Mengelola Blog, 2008, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta

  • KI / KD dan Silabus SMK Administrasi Perkantoran berdasar kurikulum 2013

  • Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), 2013, PT. Rajagrafindo,2014

Pengembangan Bahan Ajar  ADP
MOHAMMAD ARIEF

Pengembangan Bahan Ajar ADP

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
MM-MM
Deskripsi:
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar kurikulum; landasan dan struktur kurikulum; pengorganisasian kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; standar isi untuk materi kurikulum; konsep dasar bahan ajar administrasi perkantoran; prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran; telaah materi buku teks SMK bisnis dan manajemen.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar kurikulum di SMK
  • Menguasai Standar Pembelajaran sesuai dengan kurikulum
  • Meguasai konsep dan ruang lingkup pembelajaran administrasi perkantoran
  • Mampu memahami dan menghasilkan bahan ajar administrasi perkantoran
  • Mampu memahami model-model pembelajaran untuk menghasilkan pengembangan berbagai jenis bahan ajar administrasi perkantoran
  • Mahasiswa mampu melakukan penilaian hasil dari pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran untuk mata pelajaran produktif Adminisytrasi Perkantoran di SMK
Daftar Pustaka:
  • Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum
  • Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
  • Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Standar Proses Pendidikandasar Dan Menengah
  • Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 66 tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan
  • Daryanto, 2013, Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar, Yogyakarta, Penerbit Gava Bahan.
  • Direktorat Pembinaan SMK, 2008, Teknik Penyusunan Modul, Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional
  • . Huda, Miftahul, 2014, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Penyimpanan Arsip Sistem Subjek, Nomor dan Geografis (SPADA RI 2019)
YULIANSAH YULIANSAH

Penyimpanan Arsip Sistem Subjek, Nomor dan Geografis (SPADA RI 2019)

DESKRIPSI MATERI TERBUKA

Mata kuliah ini berisikan materi terbuka tentang penyimpanan arsip khususnya surat masuk menggunakan sistem subjek, nomor dan geografis. Pada materi terbuka juga akan disajikan tutorial proses bagaimana surat masuk diterima, dibukuagendakan, didisposisikan, diproses sampai disimpan.