Manajemen Kearsipan
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Capaian pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu merancang dan mempraktekkan manajemen kearsipan dalam perkantoran. Ruang lingkup mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar kearsipan, pengorganisasian arsip, peralatan dan perlengkapan pengarsipan, prosedur pencatatan dan pendistribusian arsip, prosedur penyimpanan arsip, sistem penyimpanan arsip, penilaian dan penyusutan arsip, pemakaian arsip dan komputerisasi arsip
Capaian Pembelajaran
- 1. Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep manajemen kearsipan
- 2. Mampuh menganalisis permasalahan dalam manajemen kearsipan serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif
- 3. Terampil mengaplikasikan sistem penyimpanan arsip sesuai dengan prosedur penyimpanan arsip
- 1) Amsyah,Zulkifly.2003. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- 2) Barthos, Basir. 2005. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara
- 3) Endang, Sri. Mulyani, Sri & Suyetty. 2006. Modul Menjaga dan Mengelolah Sistem Kearsipan Untuk SMK & MAK.Jakarta: Penerbit Erlangga.
- 4) Suputra, I Nyoman. 2009. Buku Ajar Manajemen Kearsipan. Malang: Universitas Negeri Malng, Fakutas Ekonomi, Jurusan Manajemen
- 5) Suraja, Yohanes.2006. Manajemen Kearsipan. Malang: Penerbit Dioma
Pengembangan Media Pengajaran ADP berbasis TIK
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
M-M
Deskripsi:
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang pengembangan media dan inovasi pembelajaran, yang dimulai dari konsep dasar media dan inovasi pembelajaran, desain, pengembangan dan trampil menghasilkan serta mempresentasikan media pembelajaran administrasi perkantoran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu memahami hakikat media dan peranannya dalam pembelajaran Administrasi Perkantoran
Mahasiswa mampu memahami klasifikasi dan karakteristik media Pembelajaran Administrasi perkantoran
Mahasiswa mampu memahami fungsi dan penggunaan TIK dalam merancang Media untuk inovasi pembelajaran administrasi perkantoran
Mahasiswa mampu memahami prosedur pemilihan media dan perancangan pembelajaran administrasi perkantoran berbasis TIK
Mahasiswa mampu memahami dan memproduksi media pembelajaran Administrasi perkantoran berbasis TIK
Dina Indriana, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, 2011,DIVA Press, Yogyakarta
Daryanto, Media Pembelajaran, 2010, Penerbit Gava Media, Yogyakarta
Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, 2013, Penerbit Alfa Beta, Bandung
Widada, HR, Multimedia Interaktif Untuk Guru & Profesional, 2010, Pustaka Widyatama, Yogyakarta
-------------, Kitab Suci Komputer Multimedia, 2011. Penerbit MediaKom, Yogyakarta
Wahana Komputer, Microsoft Word, Excell, PowerPoint & OutLook untuk Sekretaris Perkantoran, 2011, Penerbit Andi, Yogyakarta
Rachmad Hakim S, Cara Cerdas Mengelola Blog, 2008, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta
KI / KD dan Silabus SMK Administrasi Perkantoran berdasar kurikulum 2013
Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), 2013, PT. Rajagrafindo,2014
Pengembangan Bahan Ajar ADP
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
MM-MM
Deskripsi:
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar kurikulum; landasan dan struktur kurikulum; pengorganisasian kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; standar isi untuk materi kurikulum; konsep dasar bahan ajar administrasi perkantoran; prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran; telaah materi buku teks SMK bisnis dan manajemen.
Capaian Pembelajaran
- Menguasai konsep dasar kurikulum di SMK
- Menguasai Standar Pembelajaran sesuai dengan kurikulum
- Meguasai konsep dan ruang lingkup pembelajaran administrasi perkantoran
- Mampu memahami dan menghasilkan bahan ajar administrasi perkantoran
- Mampu memahami model-model pembelajaran untuk menghasilkan pengembangan berbagai jenis bahan ajar administrasi perkantoran
- Mahasiswa mampu melakukan penilaian hasil dari pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran untuk mata pelajaran produktif Adminisytrasi Perkantoran di SMK
- Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum
- Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
- Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Standar Proses Pendidikandasar Dan Menengah
- Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 66 tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan
- Daryanto, 2013, Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar, Yogyakarta, Penerbit Gava Bahan.
- Direktorat Pembinaan SMK, 2008, Teknik Penyusunan Modul, Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional
- . Huda, Miftahul, 2014, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Penyimpanan Arsip Sistem Subjek, Nomor dan Geografis (SPADA RI 2019)
DESKRIPSI MATERI TERBUKA
Mata kuliah ini berisikan materi terbuka tentang penyimpanan arsip khususnya surat masuk menggunakan sistem subjek, nomor dan geografis. Pada materi terbuka juga akan disajikan tutorial proses bagaimana surat masuk diterima, dibukuagendakan, didisposisikan, diproses sampai disimpan.