Topic outline
Pertemuan 6:Mengobservasi pembelajaran Administrasi Perkantoran yang menggunakan Bahan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menemukan permasalahan dan hambatan dalam pencapaian tujuan Pembelajaran
Pada perkuliahan pertemuan ke 6 secara ASINKRONUS hari ini Kamis 6 Oktober 2020, saya kirimkan 2 file materi kuliah :
- Membahas tentang pengembangan bahan ajar berbasis komputer.
- Tutorial membuat brosur menggunakan aplikasi Ms. Publisher, aplikasi kasi ini akan anda gunakan nanti setelah UTS pada saat anda masuk pada pertemuan perkuliahan yang isinya menghasilkan produk bahan ajar. Mulai sekarang berlatih menggunakan aplikasi tersebut.
Untuk mengecek kehadiran saudara dalam perkuliahan, saya kirim kan link soal pilihan ganda yang saya kirim ke email dan nantinya akan terekam dalam google form kelas
Materi kuliah asinkron pertemuan 6
Pertemuan 7:Menyusun rancangan pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan analisis secara cermat, kreatif dan inovatif
Pada perkuliahan ke- 7 ini kita akan membahas mengenai tentang bagaimana marancang pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan analisis secara cermat, kreatif dan inovatif degan memanfaatkan Bahan Ajar Berbasis web (web based learning materials)
Pertemuan 8:Ujian Tengah Semester dengan materi mulai dari kajian kurikulum mapel SMK OTKP sampai dengan pengenalan berbagai jenis bahan ajar
Pada Perkuliahan yang ke - 8 ini, kita sudah masuk pada pekan UTS. Untuk mata kuliah ini saya sudah merancang UTS yang mencakup materi mulai dari konsep dasar hingga pengembangan bahan ajar berbasis WEB minggu lalu. UTS kali ini berbentuk penugasan yang didalamnya meliputi aspek :
- Kognitif : merancang bahan ajar sesuai dengan teori (konsep dasar) materi pelajaran dan pengembangan bahan ajarya.
- Psikomotorik : Mahasiswa menghasilkan produk berupa CMS (Content Management System) Berupa WordPress yang di dalamnya berisi pengelolaan materi pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu pada prodi OTKP SMK.
- Afektif : Mahasiswa dilatih untuk sabar, ulet, tekun, bekerja mandiri dan kerja keras untuk menghasilkan bahan ajar sesuai dengan panduan yang di berikan dosen, serta bertanggung jawab dan komitmen untuk mengerjakan tugas sesuai dengan target waktu dalam SIPEJAR.
Pertemuan 10:Mahasiswa mendasain pengembangan bahan ajar non cetak
Pada perkuliahan yang ke -10 ini, sebagian masih melanjutkan materi kuliah minggu lalu tentang bahan ajar cetak, silahkan dipelajari lagi materi bahan ajar cetak berikut ini (1). Materi yang ke (2) tentang memanfaatkan google drive untuk mengelola bahan ajar non cetak.
Silahkan di download kemudian buatlah langkah persiapan (draft) membuat BROSUR, LEAFLET, POSTER yang bertema tentang KD yang sudah dibagikan.
Materi berikutnya tentang mengelola Google drive
Pertemuan 11:Penggunaan sintaks Model-model pembelajaran sebagai alat bantu membuat format bahan ajar cetak : Modul dan LKPD
Setelah anda membaca aspek teori tentang bagaimana membuat bahan ajar cetak brosur, leaflet dan poster. Pada perkuliahan yang 11 ini silahkan anda membuat tugas :
1. Brosur tentang penawaran program pelatihan kompetensi dari KD masing-masing
2. Poster tentang penyelenggaraan Acara tersebut.
Kedua tugas tersebut saudara kirim melalui sipejar dengan cara mengupload link google drive anda masing-masing.
Pertemuan 12: Memanfaatkan sintaks yang ada pada model-model pembelajaran untuk dijadikan format penyusunan berbagai bahan ajar cetak
Pada pertemuan yang ke12 ini, Saya kirimkan salah satu contoh file skripsi tentang pengembangan modul pembelajaran administrasi perkantoran berbasis model-model pembelajaran beserta contoh modul hasil pengembangan.
Tugas anda hari ini adalah membuat judul modul sesuai KD yang sudah dibagi, selanjutnya dikirim melalui SIPEJAR.
Judul modul tersebut silahkan mulai diproses untuk ditulis menjadi modul sesuai dengan kerangka teori yang sudah saudara terima pada perkuliahan yang lalu. Modul tersebut merupakan tugas akhir mata kuliah ini yang wajib diupload melalui SIPEJAR pada pertemuan yang ke 16 nanti (tunggu pengumuman ).
Pertemuan 13:Penggunaan model-model pembelajaran untuk pengembangan Bahan ajar multimedia interaktif (interacitive teaching material): Computer Assisted Instruction (CAI), compact disk (CD), multimedia pembelajaran interaktif
Pada pertemuan ke 13 ini, silahkan anda menindaklanjuti judul modul yang sudah dibuat minggu lalu, yang akan disusun menjadi modul sebagai tugas akhir pada mata kuliah ini, misalnya mulai membuat outline daftar isi, gambar, grafis dsb yang relevan dengan KD yang sudah dibagi pada masing-masing mahasiswa.
- This topic
PERTEMUAN 14 : MAHASISWA MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENGAMATAN YANG SUDAH DISIAPKAN UNTUK MENILAI HASIL KERJA KELOMPOK DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR MULTI MEDIA INTERAKTIF
Pada pertemuan ke 14 ini silahkan dibaca salah satu contoh aspek teori pengembangan E-Module pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Setelah membaca materi ajar tersebut, kerjakan tugas untuk hari ini yaitu membuat Instrumen angket.
Tugas Membuat :
1. Instrumen angket untuk Validator Ahli Materi
2. Instrumen angket untuk Validator Ahli e-module
3. Instrumen angket untuk Peserta Didik sebagai user Terhadap e - module
Pertemuan 15:Mahasiswa melakukan aktifitas penilaian dari sisi materi dan pengembangan bahan ajar ADP OTKP
Pada pertemuan asinkron hari ini dan minggu depan ( pertemuan ke 16) silahkan melanjutkan untuk menuntaskan tugas akhir anda dalam mata kuliah ini yaitu membuat modul yang berjudul sesuai dengan KD yang sudah dibagikan masing-masing. Selanjutnya di summit pada pertemuan akhir perkuliahan sebagai realisasi Ujian Akhir Semester (UAS) pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Administrasi Perkantoran berbasis TIK ( PADP6015).
Pertemuan 16:Mahasiswa mengerjakan tugas untuk mengisi lembar pengamatan materi ajar yang non cetak
Silahkan di upload tugas akhir anda yaitu modul yang berjudul sesuai dengan KD yang sudah dibagikan masing-masing, yang ukuran file nya tidak lebih dari 24 mb. Selanjutnya di submmit paling lambat tgl 15 desember pkl : 23.59