Topic outline
Pertemuan 1:Pendahuluan, penjelasan awal perkuliahan tentang SAP dan RPS, tata tertib pekuliahan, konsep dasar pembuatan media pembelajaran
Pada perkuliahan pertama ini silahkan dibaca SAP / Silabus Mata Kuliah, setelah itu dilanjutkan penjelasan tentang konsep dasar Media Belajar khususnya yang berbasis TIK, kemudian belajar secara mandiri pada folder Bahan kuliah
Buku pengembangan Bahan Ajar ADP
Pertemuan 2:Prinsip -prinsip filosofi, posisi dan fungsi media pembelajaran dalam pembelajaran Administrasi Perkantoran serta peran guru sebagai perancang media dalam proses belajar.
Dalam kuliah yang kedua ini silahkan dibaca Bab I buku pengembangan media dan Bab II e- book aspek teori pengembangan media. Sebagai tambahan pengayaan materi dibaca juga jurnal ilmiah tersebut diatas, setelah itu kerjakan pertanyaan latihan (sebagai bukti kehadiran perkuliahan daring off line).
Pertemuan 3:Pengenalan berbagai media pembelajaran dalam bentuk grafis, proyeksi, film, multimedia
Pada pertemuan yang ketiga ini, kita akan mengenalkan berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan media belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, khususnya di Prodi OTKP. Pada bagian pengayaan materi dijelaskan tentang pentingnya Inovasi Pembelajaran secara digital / pembelajaran berbantuan komputer (Computer Assisted Instruction / CAI ) di Era Revolusi Industri.
Pertemuan 4:Terampil menggunakan menggunakan berbagai program aplikasi media dalam pembelajaran Administrasi Perkantoran
Pada perkuliahan ke empat ini, kita akan berlatih agar terampil membuat media presentasi Time lines. Silahkan diikuti video tutorial tentang cara membuatnya. Selanjutnya silahkan dibaca artikel tentang pemanfaatan Big Data berikut ini lalu kerjakan dan kirim tugas anda melalui SIPEJAR.
Setelah saudara membaca makalah ini, pilihlah (bebas) satu topik dalam konten artikel yang bisa di kemas dalam media presentasi model time lines.
Kirimkan tugas anda dalam format ppt melalui SIPEJAR ini.
Pertemuan 5:Terampil Menyusun rancangan media pembelajaran untuk digunakan dalam mendesain media grafis, proyeksi.
Pada perkuliahan ke lima ini, kita akan berlatih agar terampil membuat media presentasi dengan menggunakan aplikasi online Prezi. Silahkan diikuti video tutorial tentang cara membuatnya. Selanjutnya silahkan dibaca artikel tentang Virtual office berikut ini lalu kerjakan dan kirim tugas anda melalui SIPEJAR.
Setelah saudara membaca makalah ini, pilihlah (bebas) salah satu topik dalam konten artikel tentang virtual office tersebut, yang bisa di kemas dalam media presentasi prezi.
Ikuti petunjuk mengerjakan tugas dalam file berikut ini
PERTEMUAN KE 6: METODE PENELITIAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN.
Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang diarahkan untuk menghasilkan produk, desain, dan proses. Di dalam dunia pendidikan dan pembelajaran khususnya, penelitian pengembangan memfokuskan kajiannya pada bidang desain atau rancangan, berupa model desain dan desain bahan ajar maupun produk seperti media dan proses pembelajaran. Penelitian pengembangan sering dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) ataupun dengan istilah research-based development.
Pertemuan 7:Menyusun rancangan pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan analisis secara cermat, kreatif dan inovatif
Pada perkuliahan ke tujuh ini, kita akan berlatih agar terampil membuat media presentasi dengan menggunakan aplikasi_Video_scribe. Silahkan diikuti video tutorial tentang cara membuatnya. Selanjutnya silahkan dibaca artikel tentang " Pemanfaatan Cloud Sistem " berikut ini lalu kerjakan dan kirim tugas anda melalui SIPEJAR.
Setelah saudara membaca artikel dalam jurnal ilmiah tersebut buatlah ringkasan dalam media presentasi dengan menggunakan aplikasi_Video_scribe
Kerjakan tugas anda sebagaimana contoh model tersebut diatas. Copy link hasil pembuatan media video scribe yang sudah jadi selanjutnya paste kan ke file Ms Word seperti contoh tersebut, lalu upload ke SIPEJAR dalam format doc.
Pertemuan 8:Mahasiswa menyelesaikan soal ujian Tengah Semester (UTS) tentang konsep dasar pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan KI/KD dalam struktur kurikulum prodi Administrasi Pekantoran di SMK.
Pada pertemuan yang ke delapan ini kita sudah masuk pada pekan UTS, soal UTS kali ini dalam bentuk penugasan secara asinkron yaitu sebagai berikut :
Buatlah desain penelitian dan pengembangan media pembelajaran pada KD tertentu ( silahkan dipilih dalam file berikut ini) untuk salah satu Mata Pelajaran OTKP Produktif SMK, dalam format pengembangan model Dick & Carey.
Pertemuan 9:Terampil membuat media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis TIK yang sesuai dengan mata pelajaran produktif pada prodi Administrasi perkantoran di SMK.
Pada perkuliahan ke sembilan ini, kita akan berlatih agar terampil membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Powtoon . Silahkan mengikuti video tutorial tentang cara membuat maupun contoh hasil. Selanjutnya silahkan dibaca artikel tentang "Pemanfaatan Cloud System" seperti pada materi dua minggu yang lalu, buatlah media ajar berdasar dari artikel tersebut. Selanjutnya kerjakan dan kirim tugas anda melalui SIPEJAR
Kerjakan tugas anda seperti model diatas. Copy link hasil pembuatan media Powtoon yang sudah jadi selanjutnya paste kan ke file Ms Word seperti contoh berikut ini, lalu upload ke SIPEJAR dalam format doc.
Pertemuan 10:Terampil membuat media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis TIK yang sesuai dengan mata pelajaran produktif pada prodi Administrasi perkantoran di SMK.
Pada pertemuan ke sepuluh ini silahkan dibaca materi kuliah berikut ini secara konseptual tentang pembelajaran berbasis multimedia. Silahkan anda browsing materi yang terkait dengan topik utama, minggu depan akan ada tugas terkait dengan penggunaan apikasi yang mendukung pembelajaran berbasis multimedia.
Pertemuan 11:Terampil membuat media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis TIK yang sesuai dengan mata pelajaran produktif pada prodi Administrasi
Petunjuk pelaksanaan tugas individu.
1. Pilihlah salah satu dari 4 (empat) topik dalam aktifitas perkantoran berikut ini,
2. Buatlah video :
(a) cara menerima dan menjawab telepon, (b) Mengoperasikan mesin faksimile, (c)
mengoperasikan mesin fotokopi, dan (d) mengoperasikan scanner;
3. Video bisa berupa gambar (rangkaian foto) atau gambar bergerak (rekaman dari HP,
Kamera atau Handycam);
4. Beri narasi dalam video anda tentang tahapan-tahapannya; dan
5. Inputkan video, gambar, narasi, Teks dan background music kedalam aplikasi Movie
maker.
6. Simpanlah (save) file multimedia pembelajaran yang anda hasilkan kedalam google
drive anda.
7. Copy link file tersebut ( no. 6) lalu paste-kan dalam Ms Word.
8. Kirim file word tersebut (no 7 ) kedalam SIPEJAR anda.
Pertemuan 12: Terampil membuat media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis TIK yang sesuai dengan mata pelajaran produktif pada prodi Administrasi perkantoran di SMK. Terampil menggunakan langkah-langkah metode pengembangan m
Pada perkuliahan secara ansinkron kali ini silahkan dibaca artikel tersebut selanjutnya dianalisis keterkaitan antara variabel pengembangan media pembelajaran terhadap variabel lainnya seperti hasil belajar, motivasi belajar, minat belajar, konsentrasi belajar siswa dsb. Silahkan anda belajar secara mandiri variabel-variabel yang terkait dengan pengembangan Media pembelajaran, termasuk cara pengukurannya.
Pertemuan 13: Terampil membuat media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis TIK yang sesuai dengan mata pelajaran produktif pada prodi Administrasi perkantoran di SMK. Terampil menggunakan langkah-langkah metode pengembangan m
Pada materi kuliah minggu yang lalu kita sudah bahas tentang Manfaat media pembelajaran bagi guru, yaitu: memberikan pedoman bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan urutan yang sistematis dan membantu dalam penyajian materi yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada perkuliahan asinkron kali ini silahkan anda belajar secara mandiri dan browsing perluasan materi kuliah tentang peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK.
Pertemuan 14: Terampil membuat media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis TIK yang sesuai dengan mata pelajaran produktif pada prodi Administrasi perkantoran di SMK. Terampil menggunakan langkah-langkah metode pengembangan m
Pada perkuliahan kali ini silahkan dipelajari tutorial tersebut diatas, selanjutnya silahkan anda membuat website individu yang berisi minimal tiga menu utama Wordpress yaitu :
- Beranda
- Tugas Individu ( berisi link dari tugas-tugas yang pernah saya berikan pada matakuliah ini)
- Tentang saya ( berisi identitas : Foto; Nama Lengkap; NIM)
Setelah tugas anda selesai, silahkan di copy link alamat website yang sudah saudara buat kemudian di paste-kan ke file Ms Word selanjutnya dikirim melalui akun SIPEJAR anda
Pertemuan 15: Terampil membuat media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis TIK yang sesuai dengan mata pelajaran produktif pada prodi Administrasi perkantoran di SMK. Terampil menggunakan langkah-langkah metode pengembangan m
Melanjutkan kegiatan belajar dan praktik pada materi menisi konten wordpress
Pertemuan 16:Mahasiswa mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester (UAS) dengan materi ujian dari pertemuan ke 9 sampai dengan 15
Soal :
Sebelum memilih media pembelajaran yang akan digunakan, ada beberapa kriteria yang harus di perhatikan oleh seorang guru. Sehingga pemilihan media pembelajaran tersebut adalah yang lebih tepat dan lebih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran serta siswa memperoleh hasil belajar yang baik. Jelaskan pernyataan tersebut dengan memberikan satu studi kasus pada satu KD pada satu mapel OTKP.