Weekly outline
Capaian Pembelajaran Satu Semester
Setelah menyelesaikan mata kuliah Pengembangan E-Learning, mahasiswa memahami dan mampu merancang serta mengembangkan e-learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu baik pada pendidikan formal, informal, dan nonformal dengan memperhatikan prinsip pembelajaran dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
Sesuai dengan jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan langsung maya (synchronous) yaitu Rabu, 23 September 2020 jam 13.30 WIB. Pertemuan berlangsung selama 30 hingga 60 menit. Diharapkan untuk masuk dan keluar tepat waktu. Informasi selanjutnya akan dinformasikan pada WAG MK Rabu jam 13.15 WIB.Tata tertip dan aturan
- Berpakaian rapi dan masuk tetap waktu ketika zoom meeting diselenggarakan
- Kehadiran direkam berdasarkan aktivitas yang diikuti selama elearning berlangsung
- Kirimkan tugas dan ikuti diskusi sesuai waktu yang ditentukan.
- Tugas yang ditemukan terdapat kemiripan/kesamaan karena plagiat baik dengan mahasiswa lain maupun dari bahan internet akan gagal pada mata kuliah ini.
Dr. Ulfia Rahmi, M.Pd. (081363392202) only textPertemuan I
- Silabus perkuliahan
- Pengenalan LMS e-learning dan personal blog serta sistem tugas
- Kontrak perkuliahan
- Pengenalan konsep e-learning
- Tulislah alasan memilih mata kuliah Pengembangan Elearning dan apa harapan saudara setelah menyelesaikan mata kuliah ini. Kirimkan tugas ini di laman tugas pertemuan 1 sebelum pertemuan minggu 2 dimulai.
- Tulislah apa yang saudara pahami mengenai elearning. Bagaimana penyelenggaraan elearning yang saudara ikuti selama mengikuti perkuliahan, sebelum, saat, dan setelah covid19.
- Tulislah bagaimana penyelenggaraan elearning di sekolah sekitar tempat tinggal saudara saat ini.
Pertemuan II
Selamat datang pada pembahasan Konsep Dasar E-Learning. Sebelum kita memulai aktivitas, yuk kita sama-sama berdoa semoga kegiatan kita bermanfaat dan diberkahi.________________________________________________________________________
Deskripsi Topik
Pertemuan kedua ini kita akan membahas Konsep Dasar E-Learning. Pembahasannya meliputi: a) pengertian, manfaat, dan fungsi e-learning; b) Teori Belajar pendukung e-learning; c) Komponen e-learning; dan d) Fasilitas dan Lingkungan E-Learning.Capaian Pembelajaran Pertemuan II
Mahasiswa memahami konsep dasar pengembangan e-learningMateriA. Pengertian, Manfaat, dan Fungsi E-LearningE-Learning merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang melibatkan jaringan (Smaldino, Lowther, dan Russel, 2012), meliputi jaringan intranet, internet, dan extranet. Sebelum kita merancang dan mengembangkan e-learning untuk setiap tingkatan pendidikan baik pada pendidikan formal, informal dan non formal.Konsep dasar e-learning akan dipresentasikan di bawah ini (Presentasi Konsep Dasar E-Learning), silahkan baca dan pahami. Selanjutnya tulis esai tentang elearning secara konsep dan pengalaman empiris dengan 750 kata yang diungkapkan dengan bahasa sendiri dan submit ke tugas esai konsep dasar e-learning.Selanjutnya perhatikan video berikut.Dan diskusikanlah mengapa e-learning itu sangat diperlukan pada forum diskusi pertemuan II.Silahkan baca artikel berikut ini (klik) dan lengkapi bacaan lainnya terkait teori Belajar yang mendukung penerapan e-learnig. Untuk mengetahui dan meningkatkan pemahaman teori belajar pendukung e-learning/ online learning diskusikan juga dengan peserta kuliah lainnya bentuk kontribusi teori belajar dalam perencangan, pelaksanaan, dan penilaian elearning.C. Komponen E-LearningD. Fasilitas dan Lingkungan E-Learning.Pertemuan III
Selamat datang pada pembahasan Model-model E-Learning. Sebelum kita memulai aktivitas, yuk kita sama-sama berdoa semoga kegiatan kita bermanfaat dan diberkahi.________________________________________________________________________Deskripsi Topik: Materi ini mengenalkan model-model E-LearningCapaian Pembelajaran:
Setelah mengikuti materi ini mahasiswa memahami model-model e-learning, membedakan masing-masing model dan mampu memilih model yang tepat untuk situasi tertentu.MateriE-Learning terdiri dari tiga model, yaituUntuk memahami materi ini silahkan baca buku Terry Garison ini dan baca link berikut.Pengembangan online learning dapat menggunakan model desain pembelajaran yang tersedia. Beberapa model desain pembelajaran dijelaskan pada berikut iniModel desain sistem pembelajaran tersebut memandu untuk mengembangkan online learning. Berbagai bentuk model telah dikembangkan untuk menerapkan e-learning. Salah satunya model blended learning tipe flipped classroom. Silahkan tonton video berikut untuk melihat bagaimana penerapannya.Berdasarkan kebutuhan siswa dan sekolah, kita dapat mengembangkan model e-learning se-kreatif dan se-inovatif mungkin.Setelah menemukan ragam model e-learnig, buatlah analisa perbandingan antar satu model dengan model yang lain. Tugas tersebut disubmit pada e-learning ini sebelum pertemuan IV.
Kemudian, diskusikanlah masing-masing langkah dari model pengembangan elearning tersebut.Pertemuan IV
Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan IV ini kita akan membahas langkah pertama, yaitu Analisis Kebutuhan. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________
Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning; a) Analisis Kebutuhan.Capaian Pembelajaran: Setelah mempelajari topik ini mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan kelasnya terhadap pengembangan e-learning yang akan dilakukan.MateriTahapan pengembangan e-learning akan menggunakan model ADDIE. Setiap tahapannya akan kita selesaikan dalam satu kali pertemuan. Berikut tahapan pengembangan e-learning berdasarkan model ADDIE.Tahapan dalam Mendesain dan Mengembangkan E-LearningBerdasarkan video tersebut, dapat kita pahami bahwa langkah pertama yang dilakukan dalam pengembangan e-learning dengan melakukan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan meliputi analisis kurikulum dan tujuan pembelajaran, analisis peserta didik, dan analisis lingkungan belajar.Diskusikanlah hal yang perlu dilakukan dalam analisis kebutuhan, target, dan tugas dalam tahapan pengembangan elearning. Konteks diskusi berbasis tempat tinggal agar elearning yang kita kembangkan dapat menjadi solusi bagi penerapan elearning di sekolah tersebut.Kemudian lakukan analisis kebutuhan terhadap Mata Pelajaran yang akan didaringkan (e-learning) sesuai dengan pemahaman saudara dari video, buku, dan diskusi yang telah dilakukan. Hasil analisis kebutuhan tersebut dikirimkan ke submit tugas analisis kebutuhan sebelum pertemuan berikutnya diselenggarakan.Pertemuan V
Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan V ini kita akan membahas langkah kedua, yaitu Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning, b) Perencanaan dan Strategi E-LearningCapaian Pembelajaran: Setelah memahami tahapan Pengembangan E-Learning kedua (Perencanaan dan Strategi E-Learning), mahasiswa mampu menghasilkan perencanaan dan strategi e-learning sesuai dengan mata pelajaran yang telah dipilih dan dilaporkan kepada dosen pembina mata kuliah.
MateriPerencanaan dan Strategi E-LearningPerencanaan e-learning tidak berbeda dengan perencanaan pembelajaran lainnya. Beberapa teman-teman telah menuntaskan pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, namun jika belum coba dilajari bagaimana membuat perencanaan pembelajaran. Perbedaan mendasar yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana menciptakan aktivitas yang relevan dengan tujuan pembelajaran bagi siswa melalui sistem elearning.Bacalah referensi berikut untuk meningkatkan pemahaman mengenai perencanaan e-learning.- Contoh perencanaan e-learning di pendidikan tinggi
- Contoh perencanaan e-learning di pendidikan menengah
- Contoh perencanaan e-learning di pendidikan dasar
a strategic framework for e-learning and pedagogical innovation in higher education institutions
-
Strategi Pengembangan Multimedia Instructional Design
Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan sebelumnya pada pertemuan IV, diskusikanlah tentang bagaimana membuat rancangan e-learning yang akan saudara kembangkan, baik pada pendidikan formal, informal, dan non formal. Diskusi tersebut dapat dilakukan pada forum diskusi perencanaan e-learning.Kemudian, berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut, buatlah juga rancangan e-learning untuk pembelajaran yang akan saudara lakukan. Rancangan tersebut disubmit pada tugas rancangan e-learning. Terkait format, belum ada format yang beku untuk Silabus/ Program Mapping dan RPP/ SAE, namun link berikut dapat digunakan untuk hal yang dimaksud.Contoh Program Mapping Contoh SAE
- Contoh perencanaan e-learning di pendidikan tinggi
Pertemuan VI
Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan VI ini kita akan membahas langkah ketiga, yaitu Pengembangan Konten E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________
Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning; c) Pengembangan Konten E-LearningCapaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu mengembangkan konten e-learning berdasarkan analisis kebutuhan dan menyusun perencanaan pembelajaran.MateriKonten e-learning merupakan komponen penting dalam pembelajaran jarak jauh. Konten pada e-learning bukan sekadar mengirimkan bahan ajar yang di-pdf-kan atau mengupload media presentasi ke LMS. Tetapi konten e-learning yang memenuhi standar adalah konten atau sajian materi yang mendorong peserta didik melakukan kegiatan tertentu yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Bacalah artikel berikut ini untuk memahami konsep dan artikel ini untuk memahami prosedur bagaimana mengembangkan konten e-learning. Ikuti prosedur pengembangan konten tersebut (model desain pesan).Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, kita semua telah mencoba merancang skenario pembelajaran yang dituangkan ke dalam RPP. Setelah mempelajari tugas-tugas yang telah diupload, teman-teman memiliki ide-ide kreatif bagaimana mengatasi masalah dalam pembelajaran daring dengan memperhatikan karakteristik siswa dan materi.
Berikut beberapa komentar terhadap tugas yang diupload- RPP masih menyerupai silabus. Target kita di mata kuliah Pengembangan E-Learning kita akan merancang dan mengembangkan elearning untuk satu kali pertemuan. Jadi, bagi bahan yang telah diupload, tapi masih berupa silabus atau program semester, silahkan direvisi ke dalam bentuk RPP. Tugas revisiannya akan menjadi portofolio dan diserahkan di akhir semester.
- RPP
sebagian besar sudah menunjukkan adanya skenario pembelajaran, alur
kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir pertemuan. Tetapi masih ada
yang belum memenuhi komponen RPP. Revisilah dengan melengkapi komponen
yang harus ada dalam sebuah RPP dan buatkan secara jelas pembagian
skenario itu menjadi Kegiatan Pendahuluan, kegiatan Inti dan kegiatan
Penutup.
- Skenario
yang dirancang perlu divariasikan. Ini juga sudah ibu sampaikan dalam
forum diskusi sebelumnya. Syncrhonous tidak lebih baik dari
asynchronous, begitu juga sebaliknya. Kedua mode ini memiliki kelebihan
dan kelemahan, jadi jalan terbaiknya adalah dengan mengkombinasikannya.
Berdasarkan rancangan yang telah dibuat, langkah selanjutnya adalah mengembangkan apa yang telah kita rancang. Dari rancangan tersebut, dapat diidentifikasi beberapa kebutuhan:
1. LMS atau aplikasi yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan. (ada yang memilih edmodo, google classroom dan WA)
2. format konten berupa teks, audio, video, dan ada juga yang multimedia (silahkan identifikasi berdasarkan kebutuhan)
3. bentuk penilaian yang akan dilakukan (berupa kuis)
Untuk dapat melengkapi ketiga poin tersebut, silahkan kumpulkan bahan dan siapkan konten-konten yang diperlukan.Tugas saudara adalah mengembangkan konten e-learning untuk mata pelajaran yang telah dianalisis tujuannya dan telah dibuat rancangan e-learningnya. Tugas tersebut saudara submit pada tugas pengembangan konten e-learning. Jika saurada mengalami kesulitas, atau ingin mendiskusikan beberapa hal terkait dengan pengembangan konten silahkan ajukan pertanyaan ke forum diskusi pengembangan konten. Sedangkan mahasiswa lainnya merespon dan memberikan ide atau solusi kepada teman-teman yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.Secara visual, berikut contoh penyajian materi pada e-learning.Contoh Sajian 1Contoh Sajian 2 klik di sini.
Pertemuan VII
Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan VII ini kita akan membahas langkah keempat, yaitu Penerapan E-Learning pada pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________
Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning, d) Penerapan E-LearningCapaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa memahami bagaimana menerapkan rancangan dan konten e-learning yang telah dikembangkan.MateriPerencanaan dan konten yang telah dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan mestinya dapat diterapkan kepada sasaran belajar. Untuk dapat memahami bagaimana penerapan e-learning silahkan baca referensi dan contoh-contoh penerapan elearning baik di pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Dan diskusikan penerapan e-learning per pendidikan tersebut di forumnya masing-masing.Berikut ada beberapa contoh penerapan elearning:
- penerapan e-learning di pendidikan menengah
- penerapan e-learning di pendidikan tinggi
Dari contoh yang kita temukan, kita dapat mendeteksi:1. Tingkat satuan yang menggunakan e-learning2. Mata pelajaran dan kelas3. Aplikasi yang mereka gunakan4. Komentar siswa5. Pendapat guru6. Langkah Penerapan7. Kendala dalam Penerapan8. Dukungan/ Fasilitas yang tersedia9. Adakah sesuatu yang dapat kita adobsi/adaptasi untuk e-learning yang sedang kita kembangkan?Pada akhir kegiatan belajar ini, saudara mahasiswa mendapatkan gambaran penerapan elearning yang akan diterapkan. Tugas Saudara adalah merevisi rancangan dan konten berdasarkan hal baru yang saudara dapatkan dengan mempelajari bagaimana orang lain menerapkan elearning. Pada tugas buatlah matrik perbandingan apa saja perbaikan yang saudara lakukan dengan belajar dari pengalaman orang lain. Kirimkan tugas saudara pada submit tugas penerapan e-learning.
- penerapan e-learning di pendidikan menengah
Pertemuan VIII
Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan VIII ini kita akan membahas langkah kelima, yaitu evaluasi e-learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________
Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning; e) Evaluasi E-LearningCapaian Pembelajaran: Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu mengembangkan penilaian pembelajaran yang diselenggarakan dengan sistem e-learning.
MateriUntuk memahami materi mengenai evaluasi e-learning, silahkan baca buku ini. Kemudian temukanlah minimal 3 artikel di jurnal internasional untuk masing-masing mahasiswa terkait dengan topik yang dibahas pada pertemuan ke VIII ini. Dari bacaan tersebut saudara dapat membedakan pengukuran, penilaian, dan evaluasi dalam e-learning serta berhasil mengembangkan evaluasi sesuai dengan langkah kerja yang telah dilakukan.
Selanjutnya diskusikan topik ini pada forum diskusi evaluasi e-learning sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.Pesan pada video berikut dapat menjadi bahan yang penting untuk didiskusikan. Perhatikan video berikut.
Sebagai bukti saudara telah memahami materi ini, saudara membuat penilaian dari e-learning yang telah dirancang. Intrumen penilaian tersebut dikirimkan pada submit tugas evaluasi e-learning.Pertemuan X
Selamat Datang pada topik Flowchart dan Storyboard dalam Pengembangan E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________Deskripsi Topik: Flowchart dan StoryboardCapaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu merancang flowchart dan storyboard untuk pengembangan materi e-learning.MateriSetelah UTS ini aktivitas perkuliahan difokuskan pada mempersiapkan sistem pendukung dalam pelaksanaan elearning atau online learning. Salah satunya adalah mempersiapkan Learning Management System (LMS) untuk mahasiswa mengakses konten dan aktivitas belajar yang kita rancang. Namun, sebelum mengembangkan LMS dan aplikasi pendukung e-learning, terlebih dahulu dirancang flowchart (alur belajar) storyboard (papan cerita) sesuai dengan perencanaan, konten, dan penilaian yang telah ada.Manfaat flowchart dan storyboard sebagai panduan atau manual books. Untuk lebih jelasnya dan meningkatkan pemahaman tentang flowchart dan storyboard, silahkan baca BAB 6 Creating Storyboards.Format flowchart dan format storyboard yang kita buat ini dapat dikembangkan dari skenario atau rancangan pembelajaran sebelumnya. Flowchart dan storyboard ini adalah desain bagaimana cara kerja di LMS.Untuk mengukur pemahaman saudara mengenai flowchart dan storyboard, kirimkan rencana dan rancangan flowchart dan storyboard di submit tugas sebelum pertemuan berikutnya. Dan silahkan mengikuti diskusi tentang flowchart dan stortyboard dari sekarang sampai pertemuan berikutnya diselenggarakan. Jika membutuhkan pertemuan synchronous mohon diinformasikan di WAG.stortyboard dari sekarang sampai pertemuan berikutnya diselenggarakan. Kehadiran direkam berdasarkan tugas yang dikirimkan dan diskusi yang diikuti.Pertemuan XI - XII
Selamat Datang pada topik Pengenalan Aplikasi dalam Pengembangan E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________Deskripsi Topik: Pengenalan AplikasiCapaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan LMS untuk penyelenggaraan e-learning pada mata pelajaran yang dipilih.MateriLink ini adalah beberapa contoh site online learning yang top. Silahkan dicek dan diamati, barangkali akan mengadobsi atau mengadaptasi site yang mana.Aplikasi pendukung pengembangan dan pemanfaatan e-learning dapat berupa:1. aplikasi offline atau online2. aplikasi premium atau freeSaudara dapat mengeksplor lebih banyak mengenai aplikasi-aplikasi tersebut selain yang dibahas pada diskusi topik ini.Ada tiga aplikasi online yang direkomendasikan saat ini.1. EdmodoDalam merancang pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi edmodo, instructional desaigner perlu membuat akun sebagai guru dan akun sebagai siswa.Untuk panduan penggunaan aplikasi edmodo silahkan amati video berikut:2. SchoologyAmati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi SchoologyAmati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi Google ClassroomAmati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi Blackboard CourseSite5. Dream WeaverAmati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi Dream Weaver
Jika dicari lebih banyak, ada ratusan LMS yang sudah tersedia dapat dimanfaatkan dalam pengembangan e-learning. Berikut tips untuk memilih aplikasi yang dapat saya bagikan.
Pertemuan XIII - XV
Selamat Datang pada topik Produksi E-Learning dalam Pengembangan E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat.
________________________________________________________________________________Deskripsi Topik: Produksi e-learningCapaian Pembelajaran: Mahasiswa memproduksi e-learning dilengkapi perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, RPP, materi/media/strategi (LMS dan media pendukung lainnya), dan evaluasi.Materi: Mahasiswa bekerja mandiriPertemuan XVI
Penilaian tugas akhir dapat dilakukan dengan dua cara:
- Simulasi produk diselenggarakan di kelas sesuai jadwal perkuliahan
- Video rekaman jika menerapkan di lingkungan/ sekolah sekitar