Weekly outline

  • Capaian Pembelajaran Satu Semester

    Setelah menyelesaikan mata kuliah Pengembangan E-Learning, mahasiswa memahami dan mampu merancang serta mengembangkan e-learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu baik pada pendidikan formal, informal, dan nonformal dengan memperhatikan prinsip pembelajaran dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

    Sesuai dengan jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan langsung maya (synchronous) yaitu Rabu, 23 September 2020 jam 13.30 WIB. Pertemuan berlangsung selama 30 hingga 60 menit. Diharapkan untuk masuk dan keluar tepat waktu. Informasi selanjutnya akan dinformasikan pada WAG MK Rabu jam 13.15 WIB.  

    Tata tertip dan aturan

    1. Berpakaian rapi dan masuk tetap waktu ketika zoom meeting diselenggarakan
    2. Kehadiran direkam berdasarkan aktivitas yang diikuti selama elearning berlangsung
    3. Kirimkan tugas dan ikuti diskusi sesuai waktu yang ditentukan. 
    4. Tugas yang ditemukan terdapat kemiripan/kesamaan karena plagiat baik dengan mahasiswa lain maupun dari bahan internet akan gagal pada mata kuliah ini.

    Dr. Ulfia Rahmi, M.Pd. (081363392202) only text

    • Pertemuan I


      1. Silabus perkuliahan
      2. Pengenalan LMS e-learning dan personal blog serta sistem tugas
      3. Kontrak perkuliahan
      4. Pengenalan konsep e-learning
    • Pertemuan II


      Selamat datang pada pembahasan Konsep Dasar E-Learning. Sebelum kita memulai aktivitas, yuk kita sama-sama berdoa semoga kegiatan kita bermanfaat dan diberkahi.
      ________________________________________________________________________
       
      Deskripsi Topik
      Pertemuan kedua ini kita akan membahas Konsep Dasar E-Learning. Pembahasannya meliputi: a) pengertian, manfaat, dan fungsi e-learning; b) Teori Belajar pendukung e-learning; c) Komponen e-learning; dan d) Fasilitas dan Lingkungan E-Learning.
       
      Capaian Pembelajaran Pertemuan II
      Mahasiswa memahami konsep dasar pengembangan e-learning
       
      Materi
      A. Pengertian, Manfaat, dan Fungsi E-Learning
      E-Learning merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang melibatkan jaringan (Smaldino, Lowther, dan Russel, 2012), meliputi jaringan intranet, internet, dan extranet. Sebelum kita merancang dan mengembangkan e-learning untuk setiap tingkatan pendidikan baik pada pendidikan formal, informal dan non formal.  
      Konsep dasar e-learning akan dipresentasikan di bawah ini (Presentasi Konsep Dasar E-Learning), silahkan baca dan pahami. Selanjutnya tulis esai tentang elearning secara konsep dan pengalaman empiris dengan 750 kata yang diungkapkan dengan bahasa sendiri dan submit ke tugas esai konsep dasar e-learning.
      Selanjutnya perhatikan video berikut.


      Dan diskusikanlah mengapa e-learning itu sangat diperlukan pada forum diskusi pertemuan II.
      Silahkan baca artikel berikut ini (klik) dan lengkapi bacaan lainnya terkait teori Belajar yang mendukung penerapan e-learnig. Untuk mengetahui dan meningkatkan pemahaman teori belajar pendukung e-learning/ online learning diskusikan juga dengan peserta kuliah lainnya bentuk kontribusi teori belajar dalam perencangan, pelaksanaan, dan penilaian elearning.
      C. Komponen E-Learning
      D. Fasilitas dan Lingkungan E-Learning.
       
    • Pertemuan III


      Selamat datang pada pembahasan Model-model E-Learning. Sebelum kita memulai aktivitas, yuk kita sama-sama berdoa semoga kegiatan kita bermanfaat dan diberkahi.
      ________________________________________________________________________
       
      Deskripsi TopikMateri ini mengenalkan model-model E-Learning
      Capaian Pembelajaran
      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa memahami model-model e-learning, membedakan masing-masing model dan mampu memilih model yang tepat untuk situasi tertentu.
       
      Materi
      E-Learning terdiri dari tiga model, yaitu
      Hasil gambar untuk model of e-learning adjunct, blended and fully online
      Untuk memahami materi ini silahkan baca buku Terry Garison ini dan  baca link berikut.

      Pengembangan online learning dapat menggunakan model desain pembelajaran yang tersedia. Beberapa model desain pembelajaran dijelaskan pada berikut ini

      Model desain sistem pembelajaran tersebut memandu untuk mengembangkan online learning. Berbagai bentuk model telah dikembangkan untuk menerapkan e-learning. Salah satunya model blended learning tipe flipped classroom. Silahkan tonton video berikut untuk melihat bagaimana penerapannya.
      Berdasarkan kebutuhan siswa dan sekolah, kita dapat mengembangkan model e-learning se-kreatif dan se-inovatif mungkin.
      Setelah menemukan ragam model e-learnig, buatlah analisa perbandingan antar satu model dengan model yang lain. Tugas tersebut disubmit pada e-learning ini sebelum pertemuan IV.
      Kemudian, diskusikanlah masing-masing langkah dari model pengembangan elearning tersebut.
    • Pertemuan IV


      Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan IV ini kita akan membahas langkah pertama, yaitu Analisis Kebutuhan. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 

      ________________________________________________________________________________
       
      Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning; a) Analisis Kebutuhan.
      Capaian Pembelajaran: Setelah mempelajari topik ini mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan kelasnya terhadap pengembangan e-learning yang akan dilakukan.
      Materi
      Tahapan pengembangan e-learning akan menggunakan model ADDIE. Setiap tahapannya akan kita selesaikan dalam satu kali pertemuan. Berikut tahapan pengembangan e-learning berdasarkan model ADDIE.
      Hasil gambar untuk addie
      Tahapan dalam Mendesain dan Mengembangkan E-Learning

      Berdasarkan video tersebut, dapat kita pahami bahwa langkah pertama yang dilakukan dalam pengembangan e-learning dengan melakukan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan meliputi analisis kurikulum dan tujuan pembelajaran, analisis peserta didik, dan analisis lingkungan belajar. 
      Untuk pemahaman mendalam mengenai analisis kebutuhan, silahkan baca dari link ini dan buku  ini.
      Diskusikanlah hal yang perlu dilakukan dalam analisis kebutuhan, target, dan tugas dalam tahapan pengembangan elearning. Konteks diskusi berbasis tempat tinggal agar elearning yang kita kembangkan dapat menjadi solusi bagi penerapan elearning di sekolah tersebut.
      Kemudian lakukan analisis kebutuhan terhadap Mata Pelajaran yang akan didaringkan (e-learning) sesuai dengan pemahaman saudara dari video, buku, dan diskusi yang telah dilakukan. Hasil analisis kebutuhan tersebut dikirimkan ke submit tugas analisis kebutuhan sebelum pertemuan berikutnya diselenggarakan.

    • Pertemuan V


      Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan V ini kita akan membahas langkah kedua, yaitu Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 
      ________________________________________________________________________________
       

      Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning, b) Perencanaan dan Strategi E-Learning
      Capaian Pembelajaran: Setelah memahami tahapan Pengembangan E-Learning kedua (Perencanaan dan Strategi E-Learning), mahasiswa mampu menghasilkan perencanaan dan strategi e-learning sesuai dengan mata pelajaran yang telah dipilih dan dilaporkan kepada dosen pembina mata kuliah.
       
      Materi
      Perencanaan dan Strategi E-Learning

      Perencanaan e-learning tidak berbeda dengan perencanaan pembelajaran lainnya. Beberapa teman-teman telah menuntaskan pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, namun jika belum coba dilajari bagaimana membuat perencanaan pembelajaran. Perbedaan mendasar yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana menciptakan aktivitas yang relevan dengan tujuan pembelajaran bagi siswa melalui sistem elearning.
      Bacalah referensi berikut untuk meningkatkan pemahaman mengenai perencanaan e-learning.
      1. Contoh perencanaan e-learning di pendidikan tinggi
      2. Contoh perencanaan e-learning di pendidikan menengah
      3. Contoh perencanaan e-learning di pendidikan dasar
      4. a strategic framework for e-learning and pedagogical innovation in higher education institutions

      5. Strategi Pengembangan Multimedia Instructional Design


      Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan sebelumnya pada pertemuan IV, diskusikanlah tentang bagaimana membuat rancangan e-learning yang akan saudara kembangkan, baik pada pendidikan formal, informal, dan non formal. Diskusi tersebut dapat dilakukan pada forum diskusi perencanaan e-learning.
      Kemudian, berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut, buatlah juga rancangan e-learning untuk pembelajaran yang akan saudara lakukan. Rancangan tersebut disubmit pada tugas rancangan e-learning. Terkait format, belum ada format yang beku untuk Silabus/ Program Mapping dan RPP/ SAE, namun link berikut dapat digunakan untuk hal yang dimaksud.

      Contoh Program Mapping Contoh SAE

    • Pertemuan VI


      Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan VI ini kita akan membahas langkah ketiga, yaitu Pengembangan Konten E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 
      ________________________________________________________________________________

       
      Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning; c) Pengembangan Konten E-Learning
      Capaian PembelajaranSetelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu mengembangkan konten e-learning berdasarkan analisis kebutuhan dan menyusun perencanaan pembelajaran.
       
      Materi
      Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, kita semua telah mencoba merancang skenario pembelajaran yang dituangkan ke dalam RPP. Setelah mempelajari tugas-tugas yang telah diupload, teman-teman memiliki ide-ide kreatif bagaimana mengatasi masalah dalam pembelajaran daring dengan memperhatikan karakteristik siswa dan materi.
      Berikut beberapa komentar terhadap tugas yang diupload
      1. RPP masih menyerupai silabus. Target kita di mata kuliah Pengembangan E-Learning kita akan merancang dan mengembangkan elearning untuk satu kali pertemuan. Jadi, bagi bahan yang telah diupload, tapi masih berupa silabus atau program semester, silahkan direvisi ke dalam bentuk RPP. Tugas revisiannya akan menjadi portofolio dan diserahkan di akhir semester.
      2. RPP sebagian besar sudah menunjukkan adanya skenario pembelajaran, alur kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir pertemuan. Tetapi masih ada yang belum memenuhi komponen RPP. Revisilah dengan melengkapi komponen yang harus ada dalam sebuah RPP dan buatkan secara jelas pembagian skenario itu menjadi Kegiatan Pendahuluan, kegiatan Inti dan kegiatan Penutup.
      3. Skenario yang dirancang perlu divariasikan. Ini juga sudah ibu sampaikan dalam forum diskusi sebelumnya. Syncrhonous tidak lebih baik dari asynchronous, begitu juga sebaliknya. Kedua mode ini memiliki kelebihan dan kelemahan, jadi jalan terbaiknya adalah dengan mengkombinasikannya.

      Berdasarkan rancangan yang telah dibuat, langkah selanjutnya adalah mengembangkan apa yang telah kita rancang. Dari rancangan tersebut, dapat diidentifikasi beberapa kebutuhan:
      1. LMS atau aplikasi yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan. (ada yang memilih edmodo, google classroom dan WA)
      2. format konten berupa teks, audio, video, dan ada juga yang multimedia (silahkan identifikasi berdasarkan kebutuhan)
      3. bentuk penilaian yang akan dilakukan (berupa kuis)

      Untuk dapat melengkapi ketiga poin tersebut, silahkan kumpulkan bahan dan siapkan konten-konten yang diperlukan.


      Konten e-learning merupakan komponen penting dalam pembelajaran jarak jauh. Konten pada e-learning bukan sekadar mengirimkan bahan ajar yang di-pdf-kan atau mengupload media presentasi ke LMS. Tetapi konten e-learning yang memenuhi standar adalah konten atau sajian materi yang mendorong peserta didik melakukan kegiatan tertentu yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Bacalah artikel berikut ini untuk memahami konsep dan artikel ini untuk memahami prosedur bagaimana mengembangkan konten e-learning. Ikuti prosedur pengembangan konten tersebut (model desain pesan).
      Tugas saudara adalah mengembangkan konten e-learning untuk mata pelajaran yang telah dianalisis tujuannya dan telah dibuat rancangan e-learningnya. Tugas tersebut saudara submit pada tugas pengembangan konten e-learning. Jika saurada mengalami kesulitas, atau ingin mendiskusikan beberapa hal terkait dengan pengembangan konten silahkan ajukan pertanyaan ke forum diskusi pengembangan konten. Sedangkan mahasiswa lainnya merespon dan memberikan ide atau solusi kepada teman-teman yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
      Secara visual, berikut contoh penyajian materi pada e-learning.
      Contoh Sajian 1

      Contoh Sajian 2 klik di sini.

    • Pertemuan VII


      Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan VII ini kita akan membahas langkah keempat, yaitu Penerapan E-Learning pada pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 
      ________________________________________________________________________________

       
      Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning, d) Penerapan E-Learning
      Capaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa memahami bagaimana menerapkan rancangan dan konten e-learning yang telah dikembangkan.
       
      Materi
      Perencanaan dan konten yang telah dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan mestinya dapat diterapkan kepada sasaran belajar. Untuk dapat memahami bagaimana penerapan e-learning silahkan baca referensi dan contoh-contoh penerapan elearning baik di pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Dan diskusikan penerapan e-learning per pendidikan tersebut di forumnya masing-masing.
      Berikut ada beberapa contoh penerapan elearning:
      • penerapan e-learning di pendidikan menengah

        • penerapan e-learning di pendidikan tinggi

      Kemudian, saudara ditugaskan untuk mencari artikel di jurnal nasional maupun internasional masing-masing 2 artikel. Atau dengan membaca Benchmarking e-learning di perguruan tinggi, searching di Google atau Youtube (video). Silahkan pahami artikel/video tersebut dan identifikasilah dan jelaskanlah langkah penerapan e-learning yang dilakukan oleh penelitinya.

      Dari contoh yang kita temukan, kita dapat mendeteksi:
      1. Tingkat satuan yang menggunakan e-learning
      2. Mata pelajaran dan kelas
      3. Aplikasi yang mereka gunakan
      4. Komentar siswa
      5. Pendapat guru
      6. Langkah Penerapan
      7. Kendala dalam Penerapan
      8. Dukungan/ Fasilitas yang tersedia
      9. Adakah sesuatu yang dapat kita adobsi/adaptasi untuk e-learning yang sedang kita kembangkan?
       
      Pada akhir kegiatan belajar ini, saudara mahasiswa mendapatkan gambaran penerapan elearning yang akan diterapkan. Tugas Saudara adalah merevisi rancangan dan konten berdasarkan hal baru yang saudara dapatkan dengan mempelajari bagaimana orang lain menerapkan elearning. Pada tugas buatlah matrik perbandingan apa saja perbaikan yang saudara lakukan dengan belajar dari pengalaman orang lain. Kirimkan tugas saudara pada submit tugas penerapan e-learning.
    • Pertemuan VIII


      Selamat Datang pada topik Tahapan Pengembangan E-Learning. Pada pertemuan VIII ini kita akan membahas langkah kelima, yaitu evaluasi e-learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 
      ________________________________________________________________________________

      Deskripsi Topik: Tahapan Pengembangan E-Learning; e) Evaluasi E-Learning
       
      Capaian Pembelajaran: Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu mengembangkan penilaian pembelajaran yang diselenggarakan dengan sistem e-learning.
       
      Materi
      Untuk memahami materi mengenai evaluasi e-learning, silahkan baca buku ini. Kemudian temukanlah minimal 3 artikel di jurnal internasional untuk masing-masing mahasiswa terkait dengan topik yang dibahas pada pertemuan ke VIII ini. Dari bacaan tersebut saudara dapat membedakan pengukuran, penilaian, dan evaluasi dalam e-learning serta berhasil mengembangkan evaluasi sesuai dengan langkah kerja yang telah dilakukan.
      Selanjutnya diskusikan topik ini pada forum diskusi evaluasi e-learning sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
      Pesan pada video berikut dapat menjadi bahan yang penting untuk didiskusikan. Perhatikan video berikut.

      Sebagai bukti saudara telah memahami materi ini, saudara membuat penilaian dari e-learning yang telah dirancang. Intrumen penilaian tersebut dikirimkan pada submit tugas evaluasi e-learning.
       
    • Pertemuan X


      Selamat Datang pada topik Flowchart dan Storyboard dalam Pengembangan E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 
      ________________________________________________________________________________

       
      Deskripsi Topik: Flowchart dan Storyboard
      Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu merancang flowchart dan storyboard untuk pengembangan materi e-learning.
      Materi
      Setelah UTS ini aktivitas perkuliahan difokuskan pada mempersiapkan sistem pendukung dalam pelaksanaan elearning atau online learning. Salah satunya adalah mempersiapkan Learning Management System (LMS) untuk mahasiswa mengakses konten dan aktivitas belajar yang kita rancang. Namun, sebelum mengembangkan LMS dan aplikasi pendukung e-learning, terlebih dahulu dirancang flowchart (alur belajar) storyboard (papan cerita) sesuai dengan perencanaan, konten, dan penilaian yang telah ada. 
      Manfaat flowchart dan storyboard sebagai panduan atau manual books. Untuk lebih jelasnya dan meningkatkan pemahaman tentang flowchart dan storyboard, silahkan  baca BAB 6 Creating Storyboards.

      Format flowchart dan format storyboard yang kita buat ini dapat dikembangkan dari skenario atau rancangan pembelajaran sebelumnya. Flowchart dan storyboard ini adalah desain bagaimana cara kerja di LMS.
      Untuk mengukur pemahaman saudara mengenai flowchart dan storyboard, kirimkan rencana dan rancangan flowchart dan storyboard di submit tugas sebelum pertemuan berikutnya. Dan silahkan mengikuti diskusi tentang flowchart dan stortyboard dari sekarang sampai pertemuan berikutnya diselenggarakan. Jika membutuhkan pertemuan synchronous mohon diinformasikan di WAG.
      stortyboard dari sekarang sampai pertemuan berikutnya diselenggarakan. Kehadiran direkam berdasarkan tugas yang dikirimkan dan diskusi yang diikuti.
    • Pertemuan XI - XII


      Selamat Datang pada topik Pengenalan Aplikasi dalam Pengembangan E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 
      ________________________________________________________________________________
       
      Deskripsi Topik: Pengenalan Aplikasi
      Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan LMS untuk penyelenggaraan e-learning pada mata pelajaran yang dipilih.
       
      Materi

      Link ini adalah beberapa contoh site online learning yang top. Silahkan dicek dan diamati, barangkali akan mengadobsi atau mengadaptasi site yang mana.
      Aplikasi pendukung pengembangan dan pemanfaatan e-learning dapat berupa:
      1. aplikasi offline atau online
      2. aplikasi premium atau free
      Saudara dapat mengeksplor lebih banyak mengenai aplikasi-aplikasi tersebut selain yang dibahas pada diskusi topik ini.
       
      Ada tiga aplikasi online yang direkomendasikan saat ini.
      1. Edmodo
          Dalam merancang pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi edmodo, instructional desaigner perlu membuat akun sebagai    guru dan akun sebagai siswa.
          Untuk panduan penggunaan aplikasi edmodo silahkan amati video berikut:
         
         
          Amati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi Schoology 
          Amati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi Google Classroom 
          Amati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi Blackboard CourseSite 
      5.  Dream Weaver

           Amati video berikut ini untuk memahami penggunaan aplikasi Dream Weaver 

      Jika dicari lebih banyak, ada ratusan LMS yang sudah tersedia dapat dimanfaatkan dalam pengembangan e-learning. Berikut tips untuk memilih aplikasi yang dapat saya bagikan.

    • Pertemuan XIII - XV


      Selamat Datang pada topik Produksi E-Learning dalam Pengembangan E-Learning. Sebelum memulai aktivitas, yuk kita mulai dengan berdoa semoga kegiatan kita diberkahi dan bermanfaat. 
      ________________________________________________________________________________
       
      Deskripsi Topik: Produksi e-learning
      Capaian Pembelajaran: Mahasiswa memproduksi e-learning dilengkapi perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, RPP, materi/media/strategi (LMS dan media pendukung lainnya), dan evaluasi.
      Materi: Mahasiswa bekerja mandiri
    • Pertemuan XVI

      Penilaian tugas akhir dapat dilakukan dengan dua cara:

      1. Simulasi produk diselenggarakan di kelas sesuai jadwal perkuliahan
      2. Video rekaman jika menerapkan di lingkungan/ sekolah sekitar