Topic outline

  • General Course Description

    eSCM

    Selamat datang pada materi terbuka E - Supply Chain Management.


    Dosen Pengampu

    Fauzi Khair

    Fauzi Khair, S.T., M.Sc.

    fauzikhair22@gmail.com 


    Deskripsi Mata Kuliah 
    Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem ERP dan aktivitas sistem rantai pasok elektronik atau E-SCM. Aktivitas sistem rantai pasok elekronik yang terdiri dari tahap perencanaan, source, make, pengiriman (delivery) dan proses return. Integrasi IT dan E-SCM memiliki peran penting untuk mengubah aktivitas rantai pasokan yang awalnya terpisah menjadi sistem terpadu dan terkoordinasi secara cepat, responsif, fleksibel, efektif dan efisien. Mata kuliah ini membahas prosedur pemodelan dan peningkatan proses e-SCM, transshipment dinamis, e-commerce dan UKM, pengelolaan e-services, jaringan nilai layanan jasa, alat kolaborasi dalam rantai pasokan, e-Procurement dan Aplikasi e-SCM, pemodelan koalisi untuk rantai pasokan, sistem rantai pasokan e-Valvex dan integrasinya dengan sistem ERP, pendekatan umpan balik informasi dan manajemen kinerja. Selain itu, mata kuliah ini memberikan pembahasan beberapa isu yang berkaitan dengan teknologi, standar, manajemen permintaan, manajemen biaya dan sistem rantai pasokan elektronik pada organisasi atau perusahaan.

    Topik

    1. Procedure for Modeling and Improving E-SCM Processes 

    2. Dynamic Transshipment  in the Digital Age

    3. E-Com Supply Chain and SMEs

    4. Building and Managing modern E-Services

    5. Service Value Network

    6. Collaboration tools in Supply Chain

    7. E-Procurement and E-SCM application Part 1

    8. E-Procurement and E-SCM application Part 2

    9. Trading E-Coalition Modeling  for Supply Chain

    10. Information Feedback Aproach


    Buku

    Qingyu Zhang. (2007). E-supply Chain technologies and management. 00. Information Science Publishing. Suite 200 Hershey PA 17033. USA. ISBN : 9781599042558



  • Topik 1 - Prosedur Pemodelan dan Perbaikan Proses E-SCM

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu mengenali dan memahami isu-isu kunci dalam menciptakan nilai dalam rantai pasok menggunakan ICT tools.

    • Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perubahan lingkungan bisnis akibat perkembangan dan kemajuan teknologi informasi.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • E-SCM
    • Process Mapping
    • SCOR Reference Model
    • IDE FO
    • E-SCM Improvement Procedure

  • Topik 2 – Transshipment Dinamis di Era Digital

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu mengenali dan memahami isu-isu kunci dalam menciptakan nilai dalam rantai pasok menggunakan ICT tools.

    • Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perubahan lingkungan bisnis yang akibat perkembangan dan kemajuan teknologi informasi.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • Dynamic Transshipment Model 
    • Optimal Transshipment Rule
    • Heuristic Transshipment Rule

  • Topik 3 - E-Com Supply Chain dan Small Medium Enterprise (UMKM)

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu mengenali dan memahami isu-isu kunci dalam menciptakan nilai dalam rantai pasok menggunakan ICT tools.

    • Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perubahan lingkungan bisnis akibat perkembangan dan kemajuan teknologi informasi.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • UMKM Nasional dan Perekonomian Dunia 
    • ICT, E-business, dan Rantai Pasok
    • ICT dan SCM untuk UMKM
    • Government Involvement
    • Tantangan UMKM

  • Topik 4 - Membangun dan Mengelola E-Services Modern

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model bisnis dan strategi e-business terhadap konsep value chain.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • Definisi Service dan Service Model
    • Service Model Analysis
    • Demand dan Value Chain Management
    • Service Value Chain untuk Service Value Networks

  • Topik 5 - Service Value Networks

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model bisnis dan strategi e-business terhadap konsep value chain.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • Service Value Networks Framework
    • Service Value Network Dimensions
    • Future Trends In Service Value Networks


  • Topik 6 - Alat Kolaborasi dalam Rantai Pasok

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model bisnis dan strategi e-business terhadap konsep value chain.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • Peran Teknologi E-Business dalam Kolaborasi antara SCM dan Unit Bisnisnya
    • Studi kasus


  • Topik 7 - E-Procurement dan Aplikasi E-SCM – Bagian 1

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu melakukan perbaikan terhadap desain dan implementasi strategi e-SCM untuk perusahaan atau organisasi.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • Features and Development of E-Collaboration
    • Peranan peramalan bullwhip effect untuk aplikasi E-SCM

  • Topik 8 - E-Procurement dan Aplikasi E-SCM - Bagian 2

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu melakukan perbaikan terhadap desain dan implementasi strategi e-SCM untuk perusahaan atau organisasi.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • E-SCM di Industri E-Tailing
    • Kerangka kerja sistem multi-agen E-SCM di industri fesyen


  • Topik 9 - Trading E-Coalition Modeling untuk Supply Chain

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu melakukan perbaikan terhadap desain dan implementasi strategi e-SCM untuk perusahaan atau organisasi.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • Basic of Supply Chain
    • Electronic Commerce Background
    • EDI Systems
    • Software Infrastructure For E-coalitions And Processes
    • E-suply Chain System At Valvex
    • Implementation And Integration Of E-SCM System At Valvex
    • Issues And Challenges

  • Topik 10 - Information Feedback Approach

    Tujuan pembelajaran:

    • Mahasiswa diharapkan mampu melakukan perbaikan terhadap desain dan implementasi strategi e-SCM untuk perusahaan atau organisasi.

     

    Terdiri dari sub-topik sebagai berikut:

    • Information Feedback untuk Supply Chain Issues and Solutions
    • Critical Variables of Performance Management
    • Performance Management Framework