Pemasaran
Secara umum, pemasaran adalah suatu proses menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.
Manajemen Perancangan dan Organisasi Industri
Matakuliah Perancangan dan Manajemen Organisasi Perusahaan Industri merupakan salah satu bagian matakuliah dalam kelompok keilmuan manajemen industri. Matakuliah ini berupaya memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep organisasi manajemen perusahaan industri dan keterkaitannya dengan bidang keahlian lainnya dalam keilmuan Teknik Industri. Fokus utama dari matakuliah ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang strategic management dan pengelolaan sumber daya manusia di dalam Perusahaan industri.
Rekayasa Kualitas dan Produktivitas
E - Supply Chain Management
Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem ERP dan aktivitas sistem rantai pasok elektronik atau E-SCM. Aktivitas sistem rantai pasok elekronik yang terdiri dari tahap perencanaan, source, make, pengiriman (delivery) dan proses return. Integrasi IT dan E-SCM memiliki peran penting untuk mengubah aktivitas rantai pasokan yang awalnya terpisah menjadi sistem terpadu dan terkoordinasi secara cepat, responsif, fleksibel, efektif dan efisien. Mata kuliah ini membahas prosedur pemodelan dan peningkatan proses e-SCM, transshipment dinamis, e-commerce dan UKM, pengelolaan e-services, jaringan nilai layanan jasa, alat kolaborasi dalam rantai pasokan, e-Procurement dan Aplikasi e-SCM, pemodelan koalisi untuk rantai pasokan, sistem rantai pasokan e-Valvex dan integrasinya dengan sistem ERP, pendekatan umpan balik informasi dan manajemen kinerja. Selain itu, mata kuliah ini memberikan pembahasan beberapa isu yang berkaitan dengan teknologi, standar, manajemen permintaan, manajemen biaya dan sistem rantai pasokan elektronik pada organisasi atau perusahaan.