DESKRIPSI
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat Datang di kelas online pada mata kuliah Pembelajaran Berbasis Daring, semoga segala proses pembelajaran kita dirahmati oleh Allah SWT, sehingga menjadi bekal pengetahuan masa depan kita semua...Aamiiin YRA. Sebelum lanjut Anda belajar mari bersama-sama bermunajat sambil melafalkan doa
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
Rodhitu billahi-robba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa
Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"
Deksripsi Singkat
Perkembangan dan pemanfaatan teknologi dikalangan pendidik dan siswa terus berkembang pesat, hal mengindikasikan bahwa calon pendidik (mahasiswa) masa depan perlu memiliki pemahaman dan pengetahuan bagaimana memanfaatkan teknologi ke dalam pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Mata kuliah Pembelajaran Berbasis Daring adalah salah satu jawaban yang tepat tentang kondisi yang disebutkan, oleh karena itu setelah mahasiswa(i) menyelesaikan perkuliahan ini maka diharapkan mereka memiliki kemampuan merancang, mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis daring di masa yang akan datang.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
- Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar (KKBK2)
- Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan
aplikasi piranti lunak pada bidang fisika (PPBK4)
- Memahami konsep teoritis, prinsip, metode, dan teknik pembelajaran fisika, pengembangan media pembelajaran, dan pengembangan alat laboratorium fisika untuk sekolah (PPK4)
- Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat (KKBK4)
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni (KU3)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL1)
- Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika dengan konsep TPACK secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, dan memanfaatkan teknoloogi untuk pembelajaran (CPL2)
- Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang pembelajaran fisika (CPL3)
- Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda, serta teknik Pembelajaran Fisika, dan pengembangan media pembelajaran Fisika (CPL4)
- Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan pembelajaran yang terkait dengan pengembangan sumber belajar fisika (CPL5)
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sehingga memberikan solusi dan gagasan dalam pembelajaran (CPL6)
Bahan Kajian Pembelajaran Berbasis Daring
Untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah ini maka disajikan bahan-bahan kajian, sebagai berikut:
- Pembelajaran masa depan
- Konsep pembelajaran daring
- Framework Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK)
- Multimedia dalam pembelajaran daring
- Merancang pembelajaran daring
- Pengembangan modul daring
- Pengembangan pembelajaran daring
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Silahkan Anda download RPS di sini
Sistem Perkuliahan
Proses perkuliahan pada mata kuliah Pembelajaran Berbasis Daring dilakukan dengan konsep blended learning dengan menggabungkan aktivitas pembelajaran dalam kelas tatap muka dengan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi SPADA Unismuh Makassar. Pembelajaran daring ditempuh sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa(i) sebelum proses pembelajaran tatap muka. Dengan kata lain mahasiswa(i) perlu melakukan aktivitas belajar mandiri melalui halaman mata kuliah ini sebelum pertemuan tatap muka di kelas.
Sistem Penilaian
Berdasarkan sistem perkuliahan yang dijelaskan di atas, maka sistem penilaian mengacu pada proses dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui halaman mata kuliah ini dan aktivitas pada tatap muka. Berikut ini beberapa instrumen penilaian yang dapat ditemukan pada proses pembelajaran online di SPADA dan tatap muka di kelas, sebagai berikut:
- Kuis (online)
- Forum diskusi (online)
- Tugas (online) dan pemaparan tugas proyek (tatap muka)
- Aktivitas kehadiran (online dan tatap muka)
- Tes formatif
- Tes sumatif
Penyusun dan Penanggungjawab Modul
- Ishaq Madeamin | 0903077701| 085243063377 | ishaqmadeamin@unismuh.ac.id | www.ishaqmadeamin,com
- Syamsidar Saleng, S.Pd., M.Pd. | 082395744587 | syamsidarsaleng0764@gmail.com
--- | Selamat Belajar dan Semoga Anda Sukses | ---