Topic outline

  • DESKRIPSI


    Assalamualaikum wr.wb.

    Selamat Datang di kelas online pada mata kuliah Pembelajaran Berbasis Daring, semoga segala proses pembelajaran kita dirahmati oleh Allah SWT, sehingga menjadi bekal pengetahuan masa depan kita semua...Aamiiin YRA. Sebelum lanjut Anda belajar mari bersama-sama bermunajat sambil melafalkan doa 

    رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Rodhitu billahi-robba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa

    Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

    Deksripsi Singkat

    Perkembangan dan pemanfaatan teknologi dikalangan pendidik dan siswa terus berkembang pesat, hal mengindikasikan bahwa calon pendidik (mahasiswa) masa depan perlu memiliki pemahaman dan pengetahuan bagaimana memanfaatkan teknologi ke dalam pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Mata kuliah Pembelajaran  Berbasis Daring adalah salah satu jawaban yang tepat tentang kondisi yang disebutkan, oleh karena itu  setelah mahasiswa(i) menyelesaikan perkuliahan  ini maka diharapkan mereka memiliki kemampuan merancang, mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis daring di masa yang akan datang.

    Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

    1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
    2. Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar (KKBK2)
    3. Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika (PPBK4)
    4. Memahami konsep teoritis, prinsip, metode, dan teknik pembelajaran fisika, pengembangan media pembelajaran, dan pengembangan alat laboratorium fisika untuk sekolah (PPK4)
    5. Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat (KKBK4)
    6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni (KU3)

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL1)
    2. Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika dengan konsep TPACK secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, dan memanfaatkan teknoloogi untuk pembelajaran (CPL2)
    3. Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang pembelajaran fisika (CPL3)
    4. Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda, serta teknik Pembelajaran Fisika, dan pengembangan media pembelajaran Fisika (CPL4)
    5. Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan pembelajaran yang terkait dengan pengembangan sumber belajar fisika (CPL5)
    6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sehingga memberikan solusi dan gagasan dalam pembelajaran (CPL6)

    Bahan Kajian Pembelajaran Berbasis Daring

    Untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah ini maka disajikan bahan-bahan kajian, sebagai berikut:

    1. Pembelajaran masa depan
    2. Konsep pembelajaran daring
    3. Framework Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK)
    4. Multimedia dalam pembelajaran daring
    5. Merancang pembelajaran daring
    6. Pengembangan modul daring
    7. Pengembangan pembelajaran daring

    Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

    Silahkan Anda download RPS di sini

    Sistem Perkuliahan

    Proses perkuliahan pada mata kuliah Pembelajaran Berbasis Daring dilakukan dengan konsep blended learning dengan menggabungkan aktivitas pembelajaran dalam kelas tatap muka dengan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi SPADA Unismuh Makassar. Pembelajaran daring ditempuh sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa(i) sebelum proses pembelajaran tatap muka. Dengan kata lain mahasiswa(i) perlu melakukan aktivitas belajar mandiri melalui halaman mata kuliah ini sebelum pertemuan tatap muka di kelas.

    Sistem Penilaian

    Berdasarkan sistem perkuliahan yang dijelaskan di atas, maka sistem penilaian mengacu pada proses dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui halaman mata kuliah ini dan aktivitas pada tatap muka. Berikut ini beberapa instrumen penilaian yang dapat ditemukan pada proses pembelajaran online di SPADA dan tatap muka di kelas, sebagai berikut:

    1. Kuis (online)
    2. Forum diskusi (online)
    3. Tugas (online) dan pemaparan tugas proyek (tatap muka)
    4. Aktivitas kehadiran (online dan tatap muka)
    5. Tes formatif
    6. Tes sumatif

    Penyusun dan Penanggungjawab Modul


    1. Ishaq Madeamin | 0903077701| 085243063377 | ishaqmadeamin@unismuh.ac.id | www.ishaqmadeamin,com
    2. Syamsidar Saleng, S.Pd., M.Pd. | 082395744587 | syamsidarsaleng0764@gmail.com


    --- | Selamat Belajar dan Semoga Anda Sukses | ---

  • TOPIK I: PEMBELAJARAN MASA DEPAN


    Assalamualaikum wr.wb.

    Apa kabar adik-asik mahasiswa(i), semoga kita semua tetap sehat walafiat, sehingga rencana pembelajaran kalian dapat dilaksanakan sesuai apa yang telah kalian susun. Sebelum Anda melanjutkan aktivitas pembelajaran online ini, mari sejenak memanjatkan doa belajar semoga ilmu yang Anda pelajari menjadi berkah dan memberi manfaat...Aamiin YRA.

    رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

    Deskripsi Topik

    Topik I: Pembelajaran Masa Depan akan dibahas tentang konsep pembelajaran yang tepat pada masa kini dan masa depan sebagai dampak dari pergeseran paradigma pembelajaran.

    Sub-CPMK

    Capaian pembelajaran pada topik I adalah Anda diharapkan memiliki pemahaman tentang konsep, teoritis, prinsip, serta teknik  pembelajaran abad 21.

    Sub-Topik Materi

    Sub-topik materi ajar dari topik pembelajaran masa depan, yaitu:

    1. Konsep pembelajaran
    2. paradigma pembelajaran

    Berdasarkan sub-topik materi ajar di atas didukung berbagai objek materi ajar yang Anda akan temukan pada bagian topik materi ajar ini. 

    Rencana Perkuliahan 

    Khusus pada topik I ini, aktivitas pembelajaran kita ini ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali pertemuan.

    Pengalaman Belajar

    Pada pembelajaran daring perlu Anda pahami bahwa terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain.

    ---- | Selamat Belajar | ----

    • B. Konsep Belajar Lesson
      Restricted Not available unless: The activity Diskusi 1 is marked complete
    • C. Teori Belajar Lesson
      Restricted Not available unless: The activity B. Konsep Belajar is marked complete
    • D. Konsep Pembelajaran Lesson
      Restricted Not available unless: The activity (Missing activity) is marked complete
    • Sumber Bahan Ajar Tambahan PB I Page
      Restricted Not available unless: The activity D. Konsep Pembelajaran is marked complete
    • B. Empat Pilar Pembelajaran UNESCO Lesson
      Restricted Not available unless: The activity A. Pendahuluan II is marked complete
    • C. Konsep Pembelajaran Abad 21 Lesson
      Restricted Not available unless: The activity B. Empat Pilar Pembelajaran UNESCO is marked complete
    • D. Pergeseran Paradigma Pembelajaran Abad 21 Lesson
      Restricted Not available unless: The activity C. Konsep Pembelajaran Abad 21 is marked complete
    • Diskusi 2 Forum
      Restricted Not available unless: The activity D. Pergeseran Paradigma Pembelajaran Abad 21 is marked complete
    • E. Generasi Abad 21 Lesson
      Restricted Not available unless: The activity Diskusi 2 is marked complete
    • Diskusi 3 Forum
      Restricted Not available unless: The activity E. Generasi Abad 21 is marked complete
    • Sumber Bahan Ajar Tambahan PB II Page
      Restricted Not available unless: The activity Diskusi 3 is marked complete
  • TOPIK II: KONSEP PEMBELAJARAN DARING


    Assalamualaikum wr.wb.

    Apa kabar adik-asik mahasiswa(i), semoga kita semua tetap sehat walafiat, sehingga belajar mandiri maupun kolaborasi dapat dilaksanakan sesuai apa yang telah Anda susun. Sebelum Anda melanjutkan aktivitas pembelajaran online ini, mari sejenak memanjatkan doa belajar semoga ilmu yang Anda pelajari menjadi berkah dan memberi manfaat...Aamiin YRA.

    رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

    Deskripsi Topik

    Topik II: Konsep Pembelajaran Daring akan membahas tentang konsep, fakta, teori-teori pendukung pembelajaran daring dan bentuk pelaksanaan seperti LMS, MOOCs, OER, dan lain-lain.

    Sub-CPMK

    Capaian pembelajaran pada topik II adalah memahami konsep, teoritis, prinsip, serta Teknik, dan metode pembelajaran secara daring.

    Sub-Topik Materi

    Sub-topik materi ajar dari topik pembelajaran masa depan, yaitu:

    1. Pembelajaran berbantuan TIK
    2. Learning Management System (LMS)
    3. Open Education Resource (OER)
    4. Massive Open Online Courses (MOOCs)
    5. Infrastruktur pembelajaran daring

    Rencana Perkuliahan 

    Khusus pada topik II ini, aktivitas pembelajaran kita ini ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 1 kali pertemuan (Pertemuan 3).

    Pengalaman Belajar

    Pada pembelajaran daring ini perlu Anda pahami bahwa terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui berbagai bentuk instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain.

    ---- | Selamat Belajar | ----

    • Diskusi 4 Forum
      Restricted Not available unless: The activity A. Pendahuluan III is marked complete
    • B. Definisi TIK Lesson
      Restricted Not available unless: The activity Diskusi 4 is marked complete
    • C. Konsep Pembelajaran Berbasis TIK Lesson
      Restricted Not available unless: The activity B. Definisi TIK is marked complete
    • D. Bentuk Penerapan Pembelajaran Berbasis TIK Lesson
      Restricted Not available unless: The activity C. Konsep Pembelajaran Berbasis TIK is marked complete
    • Diskusi 5 Forum
      Restricted Not available unless: The activity D. Bentuk Penerapan Pembelajaran Berbasis TIK is marked complete
    • Quiz Online PB III Page
      Restricted Not available unless: The activity Diskusi 5 is marked complete
    • Sumber Bahan Ajar Tambahan PB III Page
      Restricted Not available unless: The activity Diskusi 5 is marked complete
  • TOPIK III: FRAMEWORK TPACK


    Assalamualaikum wr.wb.

    Apa kabar adik-asik mahasiswa(i)? Sebelum Anda melanjutkan aktivitas pembelajaran online ini, mari sejenak memanjatkan doa belajar semoga ilmu yang Anda pelajari menjadi berkah dan memberi manfaat...Aamiin YRA.

    رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

    Deskripsi Topik

    Topik III: Framework TPACK akan membahas tentang kerangka kerja mengintegrasikan konsep pedagogik, teknologi, dan konten pengetahuan

    Sub-CPMK

    Capaian pembelajaran pada topik III adalah mengkaji dan menganalisis framework TPACK untuk pengembangan modul pembelajaran daring.

    Sub-Topik Materi

    Sub-topik materi ajar dari topik pembelajaran masa depan, yaitu:

    1. Konsep Framework TPACK
    2. Framework TPACK

    Rencana Perkuliahan 

    Khusus pada topik II ini, aktivitas pembelajaran kita ini ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 1 kali pertemuan (Pertemuan 4).

    Pengalaman Belajar

    Pada pembelajaran daring ini perlu Anda pahami bahwa terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui berbagai bentuk instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain.

    ---- | Selamat Belajar | ----

  • TOPIK V. MERANCANG PEMBELAJARAN DARING


  • TOPIK V: PENGEMBANGAN MODUL DARING

    Pertemuan 7 - 8

    • B. Konsep Media Presentasi Lesson
      Restricted Not available unless: The activity A. Pendahuluan V is marked complete
    • C. Model Penerapan Media Presentasi Lesson
      Restricted Not available unless: The activity B. Konsep Media Presentasi is marked complete
    • D. Pengembangan Media Presentasi Lesson
      Restricted Not available unless: The activity C. Model Penerapan Media Presentasi is marked complete
    • E. Alat Bantu Multimedia Presentasi Lesson
      Restricted Not available unless: The activity D. Pengembangan Media Presentasi is marked complete