Pertemuan #2: Merancang Mobile Interface
Sesi ini akan membahas tentang bagaimana merancang mobile interface. Kompetensi yang diharapkan dapat dipelajari adalah bagaimana menentukan tools, memilih informasi dan membuat aksi-aksi atau design yang estetis. Beberapa materi pokok yang akan dibahas diantaranya adalah diagram data base, struktur komponen arsitektur, diagram interaksi, dan beberapa materi pendukung perancangan mobile interface yang lebih detai akan dipaparkan pada materi ajar.
A. Relevansi dan Manfaat
Melalui pembelajaran ini, mahasiswa dapat mendalamai ilmu terkait kompetensi perancangan mobile interface yang mana kompetensi ini sangat dibutuhan di era saat ini. Penggunaan teknologi mobile seudah sangat masif sehingga dibutuhkan para ahli desain dan perancang mobile interface yang memiliki kemampuan secara seksama dan terstruktur. Aktivitas dalam tahap ini akan membentuk karakter mahasiswa yang lebih teliti dan cermat dalam merancang mobile interface. Mahasiswa akan diarahkan untk dapat berfikir sistematik dan terstruktur dalam melakukan persiapan perancangan yang ditujukan untuk menyelesaikan persoalan sehari hari dalam kehidupan nyata.
B. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
2.1 Jika diberikan waktu dan bahan untuk diskusi, mahasiswa mampu menentukan tools yang akan digunakan dalam perancangan antar muka aplikasi berbasis mobile dalam bentuk tabel rincinan tools.
2.2 Melalui kegiatan identifikasi program, mahasiswa akan mampu memilih informasi yang akan ditampilkan dalam suatu layar sesuai dengan kebutuhan perancangn program.
2.3 Jika diberikan kesempatan bereksplorasi, Mahasiswa mampu membuat aksi-aksi atau design yang estetis yang ada dalam suatu layar sesuai dengan kebutuhan perancangan program.
C. Uraian Materi
MERANCANG MOBILE INTERFACE
Mengembangkan aplikasi smartphone jelas berbeda dibanding dengan mengembangkan aplikasi desktop. Salah satu perbedaan tersebut terlihat dari cara membuat user interface dari suatu aplikasi. Merancang user interface aplikasi yang dipasang di layar kecil tidak sama dengan merancang user interface yang akan dipasang di layar besar.
Menurut Stark (2012) terdapat 10 prinsip dalam membuat desain interface mobile, antara lain:
Untuk memahami materi lebih lanjut, silahkan baca materi berikut
Silahkan mengajukan pertanyaan dan menanggapi pertanyaan dari teman lain dengan topik khusus pada pertemuan ini. Setiap peserta memiliki kesempatan bertanya maupun menaggapi. terimakasih
D. Tugas 2
Untuk dapat memahami materi lebih mendalam, silahkan melakukan aktivitas kerja berikut :
- Amatilah Microsoft Visio dan buatlah rangkuman aksi atau kemampuan Microsoft Visio untuk menggambar sebuah fowchart.
- Melalui kegiatan diskusi dengan teman kelompok, buatlah rangkuman singkat dalam bentuk PPT yang menarik tentang Fitur-fiture yang ada dalam program microsoft visio.
- Buatlah rancangan form dengan menggunakan aplikasi microsoft visio.
Selamat mengerjakan.
E. Refrensi Video
F. Evaluasi
Untuk mengukur ketercapaian pembelajaran yang telah anda lakukan, silahkan mengikuti kuis pengetahuan berikut:
Buatlah rancangan User interface untuk mobile