Pertemuan #3 : Merancang user Experience
Pada pertemuan ini, akan dibahas tentang merancang user experience. Kompetensi unit dari pertemuan ini meliputi, Analisa dan perancangan kebutuhan skenario penggunaan program yang dikembangkan. Pertemuan ini akan dikaitkan dengan pertemuan sebelumya yaitu merancang user experience dari sistem program yang telah di pilih untuk dikembangkan pada mata kuliah ini. Berdasarkan hal tersebut maka dapat digambarkan proses pembelajaran yang digunakan dalam tahap ini adalah metode praktek langsung menggunakan proyek yang telah ditetapkan. Keatifkan mahasiswa menjadi mutlak diperlukan pada pertemuan ini, karena teknik belajar menggunakan kegiatan berbasis objek, artinya setiap mahasiswa akan memiliki tugas individu dengan objek yang berbeda.
A. Relevansi dan Manfaat
Melalui pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mendapat pengalaman melakukan analisa hingga melakukan perancangan user eksperience terhadap program- program yang hendak dikembangkan. Aktivitas dalam tahap ini akan membentuk karakter mahasiswa yang lebih teliti dan cermat dalam menyususn perencanaan sebuah program aplikasi. Mahasiswa akan diarahkan untuk dapat berfikir sistematik dan terstruktur dalam melakukan persiapan perancangan suatu program aplikasi yang ditujukan untuk menyelesaikan persoalan sehari hari dalam kehidupan nyata.
B. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
3.1.Jika diberikan contoh skenario program yang telah ada, mahasiswa dapat menganalisa kebutuhan dan skenario penggunaan program yang dikembangkan.
3.2.Jika diberikan contoh skenario program yang telah ada, mahasiswa mampu merancang layout tampilan dan scenario penggunaan program yang dirancang sesuai dengan kebutuhan perancangan.
C. Uraian Materi
Menentukan tools yang akan digunakan dalam perancangan antar muka aplikasi berbasis mobile
Untuk merancang antar muka applikasi (user interface) pasti membutuhkan sebuah alat bantu applikasi bagan atau alur yang biasanya disebut sebagai flowchart. Flowchart atau Bagan alir adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:
Silahkan mengajukan pertanyaan dan menanggapi pertanyaan dari teman lain dengan topik khusus pada pertemuan ini. Setiap peserta memiliki kesempatan bertanya maupun menaggapi. terimakasih
D. Tugas 3
Untuk lebih memahami materi, kerjakan tugas aktivitas berikut:
- Identifikasi kebutuhan interaksi sesuai skenario proses aplikasi yang akan danda kembangkan
- Identifikasi jumlah maksimal aksi untuk setiap skenario interaksi.
- Identifikasi jumlah aksi maksimal sebagai batas atas
- Identifikasi layout tampilan yang batas atas
- Identifikasi skenario lain dengan jumlah aksi yang dibatasi agar kurang dari batas atas
E. REFERENSI VIDEO
F. Evaluasi
Untuk mengetahui capaian hasil belajar ada, silahkan mengikuti kuis berikut:
Buatlah sebuah rancangan user experience untuk aplikasi yang dapat menampilkan semua informasi kegiatan-kegitan yang ada dikampus anda