Topic outline

  • General

  • PENGANTAR PERKULIAHAN

    Salam, halo teman-teman apa kabar? Di pertemuan pertama ini, kita akan membahas tentang ruang lingkup perkuliahan. SIlakan SImak video di bawah ini.

  • TOPIK 1. HUBUNGAN MANUSIA DAN TEKNOLOGI

    Apa kabar teman-teman? Sekarang kita masuk pada topik pertama di perkuliahan MKU Literasi Digital dan Kemanusiaa. Pertemuan pertama ini  topik yang dibicarakan adalah tentang Hubungan Manusia dan Teknologi. Seperti kita ketahui, manusia tidak pernah lepas dari teknologi. Bahkan sejak masa prasejarah, teknologi lekat dengan kehidupan keseharian. Sebagai bagian dari kebudayaan, teknologi saling berinteraksi dan memiliki resiprositas dengan manusia. Lalu, bagaimanakah dinamika antara manusia dan kebudayaan hingga memunculkan istilah Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0? Bagaimana hal yang perlu kita lakukan untuk beradaptasi di tengah perubahan cepat teknologi? Simak pada materi di bawah ini.


  • TOPIK 2.1. DAMPAK POSITIF TEKNOLOGI DIGITAL

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 1

    Halo teman-teman, di tengah sebaran informasi di media digital, maka kemampuan literasi digital menjadi sesuatu yang strategis untuk mengurangi gagap teknologi (gaptek) dan menjadikan masyarakat melek teknologi (meltek), menjadi dasar perkembangan IPTEK yang terus berkjembang, dan mendorong pemyampaian informasi yang lebih luas tanpa batas ruang dan waktu. Dengan dunia internet atau disebut juga cyberspace, hampir segalanya dapat dilakukan. Segi positif dari dunia maya ini tentu saja membentuk trend perkembangan teknologi dunia dengan segala bentuk kreativitas manusia. Bagaimanakah dampak positif dari teknologi Digital? Simak materi di bawah ini.

  • TOPIK 2.2. DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI DIGITAL

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 1

    Teknologi tidak selalu memberikan dampak positif, tetapi juga dampak negatif bagi kehidupan manusia. Apa sajakah dampak negatif teknologi bagi manusia? SImak materi di bawah ini.

  • TOPIK 3.1. KONSEP INTERNET OF THING & BIG DATA

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 2

    Halo teman-teman. Sudah tidak asing lagi di sekitar kita, kehidupan telah dipengaruhi oleh teknologi digital. Sebagian besar dari kita tidak bisa terlepas internet dan teknologi digital. Di gengnggam tangan kita terdapat smart phone yang terkoneksi dengan internet, membuat kita saling terhubung, lebih cepat bertukar informasi dan lebih sosial secara digital. Perkembangan teknologi yang membawa kita ke Revolusi Industri 4.0 perlu kita respon dengan bijak. Hal inilah yang menjadikan Mata Kuliah Literasi Digital sangat diperlukan. Pemahaman diri terhadap pergerakan teknologi digital menuntut kita untuk belajar lebih dalam mengenai materi terkait literasi digital. Untuk itu kali ini kita akan membahas IoT (Internet of Thing) dan Big Data. Pernahkah kalian mendengar istilah tersebut? mari kita simak materi di bawah ini.


  • TOPIK 3.2. PEMANFAATAN INTERNET OF THING & BIG DATA

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 2

    Internet of Thing & Big data dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana contoh pemanfaatannya? Simak materi di bawah ini.


  • TOPIK 4.1. KONSEP ARTIFICIAL INTELLIGENCE

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 3

    Apa kabar mahasiswa, kali ini kita akan bahas tentang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (A.I). Apakah artificial intelligence atau kecerdasan buatan itu? bagaimana penerapannya di dunia pada saat ini? Mari simak materi di bawah.

  • TOPIK 4.2. PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 3

    Saat ini kehidupan kita sudah sangat dipermudah dengan adanya artificial intelligence. Bagaimanakah pemanfaatan AI dalam kehidupan keseharian? Simak materi di bawah ini.

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 4
  • TOPIK 5.1. KONSEP E COMMERCE

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 4

    Apa kabar teman-teman? Kali ini kita akan mempelajari fenomena baru dalam dunia ekonomi yang berhubungan dengan teknolog: E Commerce. Mari kita mulai mempelajari materi tentang E-Commerce pada halaman di bawah ini. Selamat belajar.

  • TOPIK 5.2. PEMANFAATAN E COMMERCE

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 4
    Di era ini, perkembangan e commerce sudah sangat pesat. Bahkan kita sudah terbiasa dan menjadi bagian dari proses tersebut. Lalu, bagaimanakah pemanfaatan e commerce dalam kehidupan sehari-hari? Simak beberapa contohnya di bawah ini.
  • TOPIK 6.1. ETIKA DUNIA SIBER

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 5

    Halo teman-teman, apa kabar? Dunia digital telah mengubah pola dan metode masyarakat dalam berkomunikasi. Melalui media sosial, masyarakat leluasa menungkapkan gagasan untuk dapat dibaca oleh orang lain. Bahkan, dari ruangan kamar sekalipun, koneksi dengan dunia luar semakin terbuka. Namun demikian, pola yang berubah ini kerap dihadang dengan masalah etika. Lalu bagaimanakah etika dalam dunia siber? simak materi dan penjelasan di bawah. Selamat Belajar!

  • TOPIK 6.2. PEMANFAATAN INTERNET SECARA BIJAK

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 5

    "Jarimu, harimaumu!" adalah ungkapan yang sangat sesuai untuk kondisi saat ini. Kondisi di mana kehidupan kita tidak hanya di dunia nyata, tetapi di dunia maya. Maknanya, kita tidak boleh gegabah dan tetap menjunjung tinggi etika di dunia maya. Bagaimana contohnya? Simak materi di bawah ini.

  • TOPIK 7.1. ATURAN HUKUM TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 6

    Sebelum memulai topik terakhir ini, saya mengucapkan selamat kepada para peserta kuliah yang telah menyelesaikan topik sebelumnya dalam mata kuliah Literasi Digital dan Kemanusiaan. Pada topik ini, kalian akan mempelajari mengenai ruang lingkup berlakunya UU No. 11 Tahun 2008, asas-asas dan tujuan penggunaan teknologi informatika, perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam UU No. 11 Tahun 2008 dan ancaman pidananya. Simak materi di bawah ini. Selamat Belajar!

  • TOPIK 7.2. STUDI KASUS UU ITE

    Restricted Not available unless: You achieve a required score in Kuis Topik 6

    UU ITE kerap disebut sebagai pasal karet. Bagaimana tidak UU ini kerap dianggap memberikan hukuman pada pihak yang sepantasnya tidak dihukum. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa kasus di bawah ini.

  • UJIAN AKHIR SEMESTER

    Ujian Akhir Semester akan dilakukan secara sinkronus melalui platform http://ujian.unnes.ac.id. Informasi tentang jadwal akan diberitahukan kemudian oleh pihak LP3.