Topic outline

  • IDENTITAS MATA KULIAH





    Assalamualaikum wr wb

    Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita semua dalam lindungan-Nya. Aamin


              Cipta sastra atau karya sastra tercipta dari daya imajinasi seseorang sebagai bentuk respon atas gelaja-gelaja sosial disekitar lingkungan sang pengarang. Suatu karya sastra tidak hanya bisa dinikmati oleh sang pengarang, tapi orang lain juga dapat menikmatinya. Karya sastra khususnya di Indonesia sangat banyak jenisnya. Namun, terdapat dua jenis secara garis besar yaitu karya sastra fiksi dan non fiksi. Karya sastra fiksi terdiri atas prosa, puisi dan drama. Karya sastra nonfiksi adalah biogradi, otobiografi, esai dan kritk sastra. keberagaman ini masih bisa dipilah lagi baik dalam bentuk baru dan lama khusus atau dari sisi seninya apakah dalam bantuk epik lirik, didaktik atau dramatik untuk karya fiksi. Inilah yang membuktikan bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang berharga disamping, kebudayaan tari, jenis makalah, lagu, rumah adat, senjata dll. 

              Berdasarkan keadaan seperti ini, sudah sepatutnya setiap warga negara Indonesia untuk melestaraikan kekayaan semua kesusastraan di Indonesia. Jika tidak, besar kemungkinan tidak akan terjadi proses pewarisan terhadap warisan berupa sastra ini kepada generasi selajutnya. Prosa merupakan jenis karya tulis bebas yang tidak terikat diksi, irama dan rima. Oleh karena itulah, prosa berkembang pesat di Indonesia. Prosa sendiri bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu prosa lama dan prosa baru. Pernahkan mendengar istilah hikayat, dongeng, mitos, fabel dll, itu semua merupakan sebagian kecil dari jenis prosa. Belum lagi disaat penikmat sastra yang sedang jalan-jalan ke toko buku, akan ditemuan beragam novel, cerpen, komik, kumpulan dongeng dll, itu semua juga bagian dari kekayaan jenis prosa yang berkembang di Indonesia. pernahkah juga di antara kita menonton bioskop yang filmnya teradaptasi dari novel best seller. Hal ini membuktikan prosa dan segala perkembangannya telah hidup di antara kesibukan manusia dan terus berkembang seiring perkembangan jaman. 

              Adanya mata kuliah prosa Indonesia diharapkan mahasiswa mampu menguasai dan mengapresiasi konsep teoretis karya sastra prosa dan ruang lingkup kajiannya sebagai dasar dalam pembelajaran sastra secara kritis. Dengan luasnya kajian dan materi tentang prosa Indonesia tidak akan cukup jika mengandalkan pembelajaran konvesional. Artinya pembelajaran atau perkuliahan pada mata kuliah akan lebih  optimal dengan sistem blended (kolaborasi tatap muka di kelas dan daring).


  • PENGANTAR (PENDAHULUAN) P. Pertama



    http://wirausahasmk.blogspot.com



    Asslamualaikum wr wb, Salam Sejahtera Untuk Kita Semua

                Dalam pertemuan pengantar ini, akan dipaparkan gambaran umum konten apa saja yang harus dikuasai oleh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Prosa Indonesia. Dalam hal ini, tentunya sebagai besar masih meraba-raba apa sih prosa Indonesia. Apa sih definisi prosa? Ada berapa jenis prosa itu? Dan seterusnya. Oleh karena itu, pada pertemuan awal ini, ada beberapa lampiran yang harus kalian unduh atau buka dan pelajari sehingga akan memudahkan kalian untuk mengikuti pelajaran atau pertemuan berikutnya. 


  • P Kedua


    icon by: https://static.pikiran-rakyat.com/public/medium/public/image/2018/05/pahlawan%20tanpa%20bintang-1.jpg


    Assalamualikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

    Pertemuan ini membahas kehadiran, gejala dan pendorong kehadiran apresiasi sastra. Pertemuan ini memang diperlukan sebagai bekal sebelum melanjutkan pertemuan selanjutnya. Kalian atau kita semua harus memahami akan perpsektif apresiasi sastra. Silakan pelajari dokumen yang sudah disediakan.

    Selamat Belajar dan Semoga Sukses



  • P Tiga


    icon by: https://i.ytimg.com/vi/NqXRyzHoq7A/maxresdefault.jpg


    Assalamualikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

    Pertemuan ini membahas HAKIKAT APRESIASI SASTRA. Secara lebih rinci berikut ini materi yang dibahas.

    1. Pengertian apresiasi sastra
    2. Pokok persoalan apresiasi sastra
    3. Wilayah garap apresiasi sastra
    4. Status kehadiran apresiasi sastra
    5. Tujuan dan Fungsi Apresiasi Sastra
    Adanya pertemuan ini diharapkan untuk Kalian semua mampu memahami beberapa di atas sebagai tahap awal untuk menambah pengetahuan Kalian tentang Hakikat Apreasiasi Sastra sebelum melakukan apresiasi sastra. Oleh karena itu, silahkan pelajari dokumen yang telah dilampirkan di bawah. 

    Selamat Belajar dan Semoga Sukses



  • P Empat dan lima


    icon by: http://basabasi.co/wp-content/uploads/2018/05/martin-de-pasquale15.jpg


    Assalamulaikum wr wb

    Dalam pertemuan ini di bahas mengenai

    1. Jati diri pengapresiasi sastra
    2. Keragaman pengapresiasi sastra
    3. Bekal pengapresiasi sastra
    4. Sikap dan prilaku pengapresiasi sastra
    5. Penumbuhan dan pemupukan sikap dan prilaku positif.
    Dalam mengapresiasi sastra dibutuhkan sikap ketekunan dalam menggauli dan menggumuli karya sastra. Selain itu, sebagai pengapresiasi sastra juga membutuhkan kepekaan batin dalm mengapresiasi sastra, pengapresiasi sastra juga harus bisa membiasakan diri untuk terjun kedalam dunia sastra. Banyak keragaman sikap dan dan perilaku pengapresiasi sastra baik yang posotif maupun negatif sehingga bisa disebut dengan pengapresiasi sastra. Sebelum mengapresiasi sastra, pengapresiasi sastra juga dituntut untuk menumbuhkan sikap dan perilaku positif terhadap karya sastra yang sedang di apresiasi. Untuk memahami siapak sosok apreasiasi sastra perlajarilah makalah berikut!
  • P Enam


    icon by: http://radarsemarang.com/wp-content/uploads/2015/05/Kemah-SastraWEB.jpg


    Assalamualikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

    Pertemuan ini membahas PRASYARAT KEBERLANGSUNGAN APRESIASI SASTRA. Secara lebih rinci berikut ini materi yang dibahas.

    1. Keanekaragaman proses keberlangsungan
    2. Faktor yang mempengaruhi keberlangsungan
    3. Keindivudualan, keidiosinkretisan, dan kemomentanan

    Adanya pertemuan ini diharapkan untuk Kalian semua mampu menjadi apresiator sastra. Oleh karena itu, silahkan pelajari dokumen yang telah dilampirkan di bawah. 

    Selamat Belajar dan Semoga Sukses


  • P Tujuh


    Membuat Pendahuluan dalam Artikel

    http://www.pendidikanfisika.com/



    Assalamualaikum wr wb, salam sejatera untuk kita semua. 


              Tentunya kalian tidak sabar untuk mengikuti mata kuliah ini! Dalam pertemuan ini membahas Hakikat Prosa. Pertemuan kedua ini amatlah penting untuk kalian ukuti karena merupakan pondasi untuk pertemuan sebelumnya. Secara lebih rinci pada pertemuan ini akan membahasa:

    1. Definisi prosa 
    2. Jenis-jenis prosa lama dan baru
    3. Jenis-jenis prosa fiksi dan non fiski


             Untuk membantu kalian silahkan pelajari lampiran yang ada di bawah!



  • This topic

    PERTEMUAN 9


    Hasil gambar untuk drama

                                                                                                                                                               sumber:https://www.caterhamschool.co.uk


    Assalamualikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

    Pertemuan ini membahas fakta cerita prosa. Fakta cerita dibagi menjadi bebebera jenis yaitu alur, tokoh dan perwatakan, dan latar. Dikatakan sebagai fakta karena empat unsur pembangun tersebut merupakan hal yang bisa diamati oleh penikmat sastra untuk. Selain itu, juga empat unsur ini merupakan pembangun karyas sastra sehingga menjadi karya sastra yang utuh. Kehilangan satu saja akan kehilangan juga bagian penting dari sebuah karya sastra. Oleh karena itu, pelajarilah beberapa lampiran yang telah disediakan untuk membantu Kalian memahami fakta cerita prosa. Selama belajar.



  • P Sembilan tahap II


    Hasil gambar untuk prosa

    icon by: https://casciscus.bakbuk.id/wp-content/uploads/2018/12/Mengenal-Prosa-1-1080x680.jpg


    Assalamualikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

    Pertemuan ini membahas fasilitas cerita prosa. Sarana cerita dibagi menjadi bebebera jenis yaitu judul, sudut pandang, gaya bahasa, tema dan amanat. Dikatakan sarana cerita karena ketiadaan 5 bagian karya sastra atau cerita rekaan akan terasa hambar atau kurang lengkap. Dalam pertemuan ini akan membahas 5 hal tersebut sebagai lanjutan untuk pertemuan sebelumnya (fakta cerita prosa). Silakan pelajari dokumen yang sudah disediakan.

    Selamat Belajar dan Semoga Sukses

  • P Sepuluh



    Asslamualaikum wr wb

    Pertemuan ini berisi materi sebagai berikut

    1. Definisi Pendekatan Analitik
    2. Tujuan Pendekatan Analitik
    3. Langkah-Langkah Pendekatan Analitik
    4. Contoh Pendekatan Analitik
    Pertemuan ini mengharapkan kepada setiap mahasiswa mampu memahami konsep pendekatan analitik dan menerapkannya dalam menganalisis suatu prosa. Oleh karena itu, pelajarilah lampiran yang telah disediakan. Selamat belajar dan semoga sukses. 



  • P Sebelas



    Asslamualaikum wr wb

    Pertemuan ini berisi materi sebagai berikut

    1. Definisi Pendekatan Emotif
    2. Tujuan Pendekatan Emotif
    3. Langkah-Langkah Pendekatan Emotif
    4. Contoh Pendekatan Emotif
    Pertemuan ini mengharapkan kepada setiap mahasiswa mampu memahami konsep pendekatan emotif dan menerapkannya dalam menganalisis suatu prosa. Oleh karena itu, pelajarilah lampiran yang telah disediakan. Selamat belajar dan semoga sukses. 



  • P 12


    icon by:https://cdn2.tstatic.net/belitung/foto/bank/images/anak-belajar_20171019_010046.jpg


    Asslamualaikum wr wb

    Pertemuan ini berisi materi sebagai berikut

    1. Definisi Pendekatan Didaktis
    2. Tujuan Pendekatan Didaktis
    3. Langkah-Langkah Pendekatan Didaktis
    4. Contoh Pendekatan Didaktis
    Pertemuan ini mengharapkan kepada setiap mahasiswa mampu memahami konsep pendekatan didaktis dan menerapkannya dalam menganalisis suatu prosa. Oleh karena itu, pelajarilah lampiran yang telah disediakan. Selamat belajar dan semoga sukses.