Profil MK Difusi Inovasi
SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.Selamat datang di Mata kuliah Difusi inovasi Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara. Melalui mata kuliah Inovasi Pendidikan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang inovasi pendidikan yang meliputi: hakikat inovasi pendidikan, difusi inovasi pendidikan, proses keputusan inovasi, fungsi dan tugas agen pembaharu, hambatan difusi inovasi, inovasi dalam organisasi, dan model-model inovasi pendidikan. Mahasiswa dapat pula mengidentifikasi pelaksanaan inovasi pendidikan di Sekolah. Mata kuliah Difusi Inovasi ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, dengan kode Matakuliah : 123456
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Hamda Kharisma PutraVideo pengantar mata kuliah
Deskripsi Mata Kuliah
Melalui mata kuliah difusi Inovasi Pendidikan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang inovasi pendidikan yang meliputi: hakikat inovasi pendidikan, difusi inovasi pendidikan, proses keputusan inovasi, fungsi dan tugas agen pembaharu, hambatan difusi inovasi, inovasi dalam organisasi, dan model-model inovasi pendidikan. Mahasiswa dapat pula mengidentifikasi pelaksanaan inovasi pendidikan di Sekolah
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman, keterampilan serta wawasan yang luas tentang konsep, prinsip dan teori inovasi pendidikan sebagai suatu sudut pandang yang dapat digunakan dalam melakukan analisis, penerapan pendidikan terhadap berbagai temuan baik secara konsep maupun kegiatan praktis di lapangan, sehingga secara komprehensif memiliki cara berpikir kreatif dalam mengamati berbagai fenomena yang ditemuinya dalam bidang pendidikan yang diwujudkan dalam bentuk:
1. Sikap dan Tata Nilai : Perilaku sikap dan mematuhi tata tertip perkuliahan, jujur dan disiplin mematuhi tugas perkuliahan.
2. Pengetahuan :Memahami konsep dan pemahaman yang luas tentang Inovasi pendidikan di era 4.0
3. Keterampilan : Mampu mampu membuat karya berupa makalah tentang materi-materi yang telah diajarkan , mampu menggunakan inovasi bidang pendidikan di era 4.0
- Materi Pokok Pembelajaran
1. Pengantar Inovasi Pendidikan
2. Hakikat perubahan sosial
3. Konsep Dasar Inovasi (Discovery, Investasi, Inovasi)
4. Konsep Dasar Inovasi Pendidikan
5. Proses Inovasi Pendidikan
6. Keputusan Inovasi
7. Strategi Pengembangan Inovasi Pendidikan
8. Indikator Penerima Inovasi
9. Hakikat Agen Pembaharu
10. Model Inovasi Pendidikan
11. Pemanfaatan TIK untuk Inovasi Pendidikan
12. Implementasi Divusi Inovasi dalam pendidikan di indonesia
13. pengembangan inovasi system pendidikan disekolah
14. Peran guru dalam menghadapi tantangan pendidikan 4.0
Bobot Penilaian
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
• Diskusi Intensif bersama Dosen/Mahasiswa (15%)
• Tugas berbasis Kasus Studi (15%)
• Latihan Soal per Pokok Bahasan (10%)
• Kuis per Pokok Bahasan (15%)
• Ujian Tengah Semester (20%)
• Ujian Akhir Semester (25%)
Referensi
- Cece Wijaya, Djaja Jajuri, A. Tabrani Rusyam (1991) Upaya Pembaharuan dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Ibrahim (1988) Inovasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, Dikti, P2LPTK
- Idris HM. Noor. (2001) Sebuah Tinjauan Teoritis Tentang Inovasi Pendidikan di Indonesia.
- Everett M. Rogers. (1983) Diffusion of Innovation. New York: The Free Press A Division of Macmillan Publishing Co. Inc.
- Francis Abraham (1980). Perspective on Modernization toward General Theory of Third World Development. Washington: University Press of America.
- Kennedy, C. (1987) Innovation for Change: teacher development and innovation. ELT Journal 41/3
Panduan Sinkronus Zoom
Mata kuliah ini menggunakan metode pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Metode pembelajaran asinkronus menggunakan materi yang sudah diunggah pada modul LMS ini. Mahasiswa wajib membuka laman ini sesering mungkin seperti halnya menggunakan sosial media (FB, twitter, dll). Referensi utama sudah disiapkan pada laman ini, akan tetapi mahasiswa dapat menggunakan berbagai macam sumber lain (buku, jurnal, sumber online) untuk menambah wawasan. Sedangkan metode pembelajaran sinkronus akan menggunakan aplikasi zoom pada laptop maupun smartphone . Panduan menggunakan zoom sudah kami sertakan pada laman ini. Aplikasi zoom dapat digunakan oleh mahasiswa untuk langsung melakukan conference dengan dosen dan atau asisten. mahasiswa akan menerima kode dan pasword dari dosen untuk bergabung dalam pembelajaran video conference zoom.
http://Jurnal & Video
silahkan join
Petunjuk Umum:
- Berdoalah sebelum mengerjakan
- Soal terdiri dari 10 nomor dan 4 pilihan jawaban
- Mintalah pasword pada dosen untuk mulai mengerjakan
- soal akan muncul secara acak silahkan kerjakan yang anda kuasai dulu
- setiap halaman terdiri 1 soal untuk kehalaman berikutnya silahkan pilih next
- Apabila soal telah selesai dikerjakan seluruhnya silahkan tekan tombol submit
- Selamat mengerjakan
Game
- silahkan Join dengan cara membuka web browser laptop/smartphone
- menuju alamat joinmyquiz.com
- masukkan kode 403000
- isi nama
- Mulai sebelum tanggal 20 april 2020 jam 01.00
- selamat bermain