Topic outline

  • Selamat Datang


    Bagaimana kabar rekan-rekan mahasiswa? Semoga kalian senantiasa dalam sehat dan bahagia. Senang rasanya bisa berjumpa dengan kalian pada mata kuliah Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 1 ini.  Inti dari kegiatan PLP I adalah aktivitas observasi, analisis dan penghayatan langsung terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan nantinya Anda dapat membangun jati diri sebagai pendidik. Silakan ikuti prosedur perkuliahan yang ada di LMS ini, jika ada kendala, silakan kontak masing-masing dosen pengampu.

    Selamat belajar


    DOSEN PENGAMPU

    • 0002097508 - HAMZAH PAGARRA, S.KOM, M.PD (M93,M94)
    • 0005088005 - MUHAMMAD IRFAN, S.PD, M.PD (M91, M92)
    • 0007117307 - DR. WIDYA KARMILA SARI ACHMAD, S.PD, M.PD (BC91, BC92, BC93)
    • 0011118703 - HARTOTO, S.Pd, M.Pd (M95,M96)
    • 0031125740 - DRA. NURJANNAH, M.PD
    • 0031125890 - DRA. RASMI DJABBA, S.PD, M.PD
    • 0031126452 - DRS. MULIADI, M.KES
  • Pengantar PLP 1

    Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) adalah tahapan pertama dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan, yang dilaksanakan pada semester ketiga atau keempat. PLP I dimaksudkan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui beberapa bentuk kegiatan di sekolah. Untuk lebih jelasnya, silakan baca penjelasan berikut ini 

  • Pengamatan 1: Kultur Sekolah

    Kultur sekolah sebagai keyakinan dan nilai-nilai milik bersama yang menjadi pengikat kuat kebersamaan mereka sebagai warga suatu masyarakat (Depdiknas, 2003). Dengan kita mengetahui kultur sekolah, maka diharapkan lebih mudah beradaptasi dengan lingkunagn persekolahan, kelak akan mengadaptasi upaya-upaya baik sekolah perbaikan mutu dan kinerja sekolah.

  • Pengamatan 2: Struktur Organisasi dan Tata Kelola Sekolah

    Pengembangan sekolah haruslah dilakukan secara berencana, terarah dan sistematik. Hal ini memerlukan pengorganisasian dan tata kelola sekolah yang baik. Tantangan utama kepala sekolah sebagai pemimpin organisasi adalah bagaimana dia dapat memadukan antara kepentingan organisasi sekolah dan berbagai potensi, minat dan bakat para anggotanya sebagai asset demi kemajuan sekolah. Anda sebagai seorang guru dan tidak menutup kemungkinan menjadi kepala sekolah perlu mempelajari peran pengorganisasian sekolah.

  • FGD 1 (Tatap Maya)

    Kegiatan FGD 1 dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan pada saat anda melakukan PLP 1. FGD dilaksanakan secara tatap maya. Untuk jadwal dan tautan FGD 1, silakan menghubungi dosen masing-masing.

    Kelas

    Dosen

    Jadwal Meeting

    Link Meeting



  • Pengamatan 3: Peraturan dan Tata Tertib Sekolah

    Peraturan dan tata tertib sekolah adalah semua ketentuan atau peraturan dan program yang dibuat oleh sekolah yang mengimplementasikannya harus mengandung nilai-nilai budi pekerti dan tidak boleh bertentangan dengan nlai-nilai budi pekerti, sehingga membuat suasana sekolah yang kondusif. Sebagai calon warga sekolah, kita perlu mempelajari praktik-praktik baik mengenai penegakan peraturan dan tata tertib di sekolah.

  • Pengamatan 4: Kegiatan Ceremonial-Formal Sekolah

    Apa saja kegiatan ceremonial yang biasa dilakukan di sekolah? Bagaimana pelaksanaannya di masa pandemi seperti saat ini? Silakan amati dan laporkan temuan Anda di sekolah tempat PLP 1.

  • FGD 2 (Tatap Maya)

    Kegiatan FGD 2 dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan pada saat anda melakukan PLP 1. FGD dilaksanakan secara tatap maya. Untuk jadwal dan tautan FGD 2, silakan menghubungi dosen masing-masing.

    Kelas

    Dosen

    Jadwal Meeting

    Link Meeting




    • Pengamatan 5: Kokurikuler dan Ekstrakurikuler

      Menekuni kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang penting disamping aktivitas akademis, namun demikian ketika pandemi Covid-19 seperti saat ini, apakah kegiatan-kegiatan tersebut tetap dilaksanakan seperti biasa, berubah bentuk pelaksanaan, atau malah tidak dilaksanakan sama sekali. SIlakan lakukan pengamatan sesuai panduan yang diberikan

    • Pengamatan 6: Praktik Baik dan Kegiatan Positif di Sekolah

      Setiap sekolah tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Ada berbagai upaya yang dilakukan sekolah untuk membentuk kultur yang sehat dan produktif. Tantangan Anda saat ini adalah memotret semua praktik baik dan kegiatan positif di sekolah yang nantinya dapat memberikan Anda inspirasi ketika suatu saat menjadi guru.

    • FGD 3 (Tatap Maya)

      Kegiatan FGD 3 dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan pada saat anda melakukan PLP 1. FGD dilaksanakan secara tatap maya. Untuk jadwal dan tautan FGD 3, silakan menghubungi dosen masing-masing.

      Kelas

      Dosen

      Jadwal Meeting

      Link Meeting




      • Laporan Akhir

        Alhamdulillah, tidak terasa kita telah memasuki masa akhir perkuliahan PLP 1. Tentunya banyak tantangan dan pengalaman baru yang Anda dapatkan selama di sekolah. Semoga ini dapat memberikan Anda inspirasi. Kini saatnya Anda melaporkan kegiatan PLP 1 berdasarkan temuan-temuan di sekolah. Buatlah laporan dengan detil dan objektif, sertakan bukti-bukti yang menguatkan kegiatan Anda tersebut.

      • Presentasi Akhir (Tatap Maya)

        Pada sesi ini, Anda diminta mempresentasikan hasil kegiatan Anda selama PLP 1. Bahan tayang berupa video berdurasi maksimal 5 menit. Video diunggah di youtube / google drive. Kemudian tautannya dikirimkan disini